Sukses

Viral di Medsos, Istilah Piskat dan Pilat Gantikan Piscok untuk Sebut Pisang Coklat

Warganet burung biru tengah ramai dengan penamaan pisang coklat.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter tengah ramai dengan perdebatan makanan yakni es berbahan dasar pisang dan cokelat. Di tengah perdebatan tersebut ada yang menyebut piscok, pilat, sanglat dan berbagai sebutan yang asing di kuping. 

Dikutip dari akun Twitter @tanyakanrl yang mulanya menanyakan nama es krim. "Di tempat kalian, ini namanya es apa???" tulisnya.

Cuitan itu langsung ramai dibalas oleh warganet Twitter. Ada yang merespon dengan jawaban es yang ditanyakan @tanyakanrl sebagai es pisang cokelat.

Ada juga yang secara aneh menyebut es pisang cokelat sebagai pilat dan piskat. Pilat dan piskat merujuk pada singkatan untuk pisang cokelat yang umumnya disebut piscok.

"NAH ENIHH THE REAL PISCOKKKKKKKK," tulis akun @cutestjwonie

Ada yang menamai sanglat seperti dikatakan @papzpy

"stop saying SANGLAT & start saying PISCOK," kata warganet lainnya. Tidak berhenti di situ, akun komunitas @undipmenfess menyebut, ada yang menjual menu makanan yang ditanyakan di atas sebagai piskat, sebutan untuk pisang cokelat. 

"dips! buat yang suka piskat lumer kalian harus banget coba piskat ini, bener bener enak dan harganya cuma 2k/biji. Lokasinya di tirto agung deket takoyaki seribuan," tulis akun tersebut. 

Netizen Tak Terima

Netizen yang tidak terima dengan penamaan pisang cokelat membalas dengan kritikan. "Piscokkkkkk, masih aja ada yang nyingkat aneh-aneh," tulis pemilik akun Twitter @Hasiannmu_.

Sejumlah akun Twitter lain juga kesal karena singkatan yang tidak umum untuk menyebut pisang cokelat. "Mulai dah lu nyingkat yg aneh2. Piscok aja nape sii, kesel deh :(" tulis pemilik akun @hhhazeltine.

Sementara, akun @tanyakanrl mengunggah foto yang berisikan gorekan pisang coklat. "💚 guys kalian suka pilat ga?" tulis akun @tanyakanrl.

Jelas yang satu ini membuat kontroversi dari warganet bahkan salah satu warganet bilang kalo itu pilat merupakan kasar di kampungnya.

"pilat tu ko***l klo di sumsel nder😰," balas akun @whoopsowy.

Sekadar informasi, hingga berita ini dimuat pada Senin (24/10/2022) siang, perbincangan pisang coklat, pilat, piskat, dan sanglat ini menjadi trending topic pertama Indonesia saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selain Pisang Coklat, 7 Makanan Ini Terbuat dari Pisang.

Terlepas dari kehebohan di atas, makanan berbahan dasar pisang memanglah sangat beragam, pisang juga dikatakan pohon seribu khasiat. Pasalnya, semua yang ada di pohon pisang bisa diambil manfaatnya.

Dari segi buahnya, apabila kamu menyukai pisang, kamu bisa mencoba semua olahan pisang di bawah ini, selain pisang coklat yang tengah ramai dibincangkan. Berikut makanan olahan berbahan dasar pisang dikutip dari Sirclo Store, Senin (24/10/2022):

1. Pisang Goreng

Tentu makanan ini sangat mudah dimasak sendiri dan dijumpai di abang-abang gorengan. Pisang goreng biasanya memiliki tekstur krispi dan lembut di dalam.

Pisang goreng biasanya dibalur dengan tepung pisang goreng, rasa pisang goreng sangat lah manis dan cocok sebagai camilan sore ketika minum kopi atau teh. 

2. Keripik Pisang

Camilan satu ini masih jarang ditemui, namun camilan ini dijadikan salah satu oleh-oleh khas terutama di Indonesia yaitu lampung. 

Camilan keripik pisang ini bagus untuk dijadikan peluang bisnis, dikarenakan mudah dan keripik pisang juga awet. Kripik pisang memiliki tekstur crunchy seperti keripik pada umumnya. 

Keripik pisang sekarang sudah memiliki varian yang lebih banyak seperti rasa susu dan coklat. 

3 dari 4 halaman

Makanan Viral Pisang Pada Zamannya

3. Banana Nugget 

Makanan yang sempat viral di tahun 2017 ini masih dapat kamu temui di toko ataupun bisa dimasak dari rumah.

Membuat pisang nugget tidaklah susah, yang perlu dilakukan hanya menghaluskan buah pisang yang matang, lalu cetak di wadah persegi. Kemudian, kamu bisa mendinginkan sebentar, lalu potong sesuai keinginan kamu.

Setelah itu, kamu bisa mencampurkan adonan dengan telur serta tepung roti, selanjutnya digoreng lalu sajikan.

Banana nugget ini diklaim sangatlah enak terutama disajikan dengan berbagai topping, seperti cokelat, nutella, dan sebagainya.

4. Pisang Molen 

Salah satu menu abang-abang  gorengan ini wajib kamu coba, karena pisang yang dibalut dengan bahan pastry ini dijual murah namun rasanya tidak murahan. 

Biasanya, pisang molen menggunakan pisang tanduk sebagai bahan utamanya. Sementara, adonan kulit molen terbuat dari tepung terigu, maizena, margarin, dan telur. Adonan ini dicampur hingga adonan kalis. 

Sekadar informasi, kini, pisang molen memiliki beragam varian. Ada pula yang diberi topping coklat dan keju.

4 dari 4 halaman

Es Pisang Ijo, Pisang Aroma, dan Sale Pisang

5. Es Pisang Ijo

Olahan pisang ini berasal dari jajanan tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan. 

Es pisang ijo terbuat dari pisang yang telah dikukus dan kemudian dibalut dengan adonan kulit berwarna hijau. Makanan ini sangat nikmat karena di sajikan dengan kuah kental santan serta sirup merah rasa kelapa.

Selain rasanya manis dan lembut, rasanya juga gurih. Sangat cocok disantap ketika cuaca panas sebagai pelepas dahaga.

6. Pisang Aroma

Aneka olahan pisang yang perlu dicoba yaitu pisang aroma, pisang goreng yang dikasih topping di dalamnya. Menggunakan rasa seperti stroberi,coklat, dan sebagainya.

Lalu, pisang ini dibungkus dengan kulit lumpia kemudian digoreng sampai kering dan krispi. Jajanan ini sering ditemui di Bogor, Bandung, serta Jawa Barat.

7. Sale Pisang

Salah satu makanan khas Jawa Tengah ini harus kamu cobain ketika kamu ke wilayah tersebut. 

Sale pisang terbuat dari pisang yang dipotong tipis dan dibalur adonan tepung, diolah hingga kering sehingga kadar airnya berkurang.

Rasa sale pisang sangat manis dan renyah, sale pisang tahan lama dikarenakan kadar airnya yang sedikit jadi tidak mudah basi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.