Sukses

5 Daftar Lagu BTS yang Terinspirasi dari Sebuah Buku

Berikut 5 lagu BTS yang terinspirasi dari sebuah buku dan pandangan tentangnya

Liputan6.com, Jakarta - BTS dan inspirasi terus berjalan secara beriringan. 'Anak asuh' Big Hit Music ini telah menginspirasi begitu banyak penggemar untuk menjadi yang terbaik dan pantang menyerah melalui musik mereka.

Sederet lagu BTS bukan hanya bagus dari segi kualitas musik tapi juga dari makna yang tersirat dalam setiap liriknya.

Selain memiliki musik yang menakjubkan, lirik mereka juga luar biasa. Saat menulis lirik, BTS telah mengambil banyak inspirasi dari literatur, filosofi, dan psikologi.

Seperti yang diungkapkan oleh ARMY --- sebutan bagi penggemar Bangtan Boys --- bahwa lirik BTS telah memberi mereka wawasan tentang filsafat lebih dari buku yang pernah mereka baca.

Melansir dari laman Otakukart, Senin (24/10) ARMY sendiri telah melakukan analisis dan menemukan ada lagu-lagu BTS yang terinspirasi dari buku.

Dari nama-nama terkenal baik buku yang ramai diperbincangkan dan menjadi favorit banyak orang, terdapat juga buku tentang akademis hingga penulis klasik, BTS telah membaca buku-buku klasik selama bertahun-tahun hingga sekarang.

Mereka bahkan telah memberikan beberapa rekomendasi buku yang harus dibaca oleh para penggemar, dan para penggemar menyukai buku-buku tersebut.

Seiring dengan memperluas pengetahuan mereka, BTS mengungkapkan bahwa mereka telah mengambil referensi dari buku-buku favorit mereka dan banyak buku klasik saat menulis lirik.

Mengetahui bahwa album-album tersebut mengikuti konsep dan membentuk sebuah cerita jika diperhatikan dan ini menjadi teori bagi para penggemar.

Berikut adalah beberapa buku yang telah menginspirasi BTS untuk menulis beberapa lagu-lagu keren!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Spring Day

Lagu Spring Day BTS termotivasi dari buku 'The Ones Who Walk Away From Omelas'

Ditulis oleh Ursula K. Le Guin, cerita pendek 'The Ones Who Walk Away From Omelas' adalah tentang sebuah kota utopis dengan rahasia gelap.

Dirilis pada 1973, cerita ini mengisahkan seorang anak yang harus hidup dalam kesengsaraan agar kota bisa bahagia.

Namun, tak lama kemudian, kebenaran terungkap, dan orang-orang kota memiliki reaksi yang berbeda terhadap kebenaran tersebut.

Sementara banyak yang menerima nasib mereka dan tinggal di kota, membuat anak laki-laki itu lebih sengsara dari sebelumnya, beberapa berjalan pergi ingin mengubah keadaan.

Tapi tidak ada yang tahu ke mana mereka pergi setelah pergi dari Omelas.

Berasal dari album BTS 'You Never Walk Alone', Spring Day mengisyaratkan buku tersebut.

Dalam video musiknya, sebuah tanda neon bertuliskan 'Omelas' dapat dilihat di sebuah halte yang ditinggalkan.

Menurut teori konspirasi, Jungkook seharusnya menjadi anak dari cerita tersebut saat anggota lain berjalan menjauh darinya.

Karena Jungkook sering terlihat sendirian di beberapa tempat seperti kereta api dan taman hiburan yang ditinggalkan di sepanjang video musik,dan pada akhirnya, para anggota lain datang untuk membawanya pergi dari nasib yang menyedihkan.

 

3 dari 6 halaman

2. Serendipity

"The Little Prince’ & ‘Flower" adalah buku yang memotivasi setiap lirik dalam lagu Serendipity.

Ditulis oleh Antoine de Saint-Exupéry, 'The Little Prince' adalah Novella Prancis yang diterbitkan pada tahun 1943.

Kisah ini mengisahkan tentang seorang pangeran yang jatuh cinta pada bunga mawar, tetapi tidak dapat menunjukkan dan mengekspresikan cintanya.

Bagian intro untuk 'Her', Serendipity dikatakan didasarkan pada 'The Little Prince' klasik.

Hal ini juga dikatakan didasarkan pada 'Flower' yang ditulis oleh Kim Chun Su. Cerita ini mengikuti 'keinginan' bahwa seseorang harus menjadi bunga orang lain untuk memvalidasi keberadaan mereka.

Sementara sinematografi video musik dan adegan berbintang menunjukkan tema lembut dari novel klasik, lirik lagu ini berfokus pada percikan "cinta" yang tiba-tiba.

Liriknya juga mengikuti percakapan sang pangeran dengan rubah yang memintanya untuk menjadi satu-satunya karena mereka akan menjadi unik dan berguna satu sama lain.

Memerankan pangeran kecil, Jimin menggunakan metafora untuk mengekspresikan cintanya dan menceritakan keseluruhan cerita

4 dari 6 halaman

3. Magic Shop

Magic Shop adalah salah satu lagu BTS favorit ARMY yang mendapatkan inspirasi dari buku "Into The Magic Shop: A Neurosurgeon’s Quest to Discover the Mysteries of the Brain and the Secrets of the Heart"

Ditulis oleh ahli bedah saraf terkenal James R. Doty, 'Into The Magic Shop' adalah sebuah memoar non-fiksi. Buku ini menampilkan pelajaran yang James dapatkan dari wanita bernama Ruth yang ditemuinya di 'toko ajaib'.

Dalam memoar tersebut, James mengungkapkan bahwa Ruth-lah yang mengajarinya bagaimana membuka hati dan bahkan menginspirasinya untuk menjadi seorang ahli bedah saraf.

Diproduksi oleh Jungkook untuk lagu 'Magic Shop' adalah salah satu lagu dalam album 'Love Yourself: Tear'.

Lagu ini meminta para penggemar untuk tidak kehilangan harapan dan percaya pada diri mereka sendiri dengan tempat yang nyaman di hati mereka yaitu toko ajaib.

Toko Ajaib berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi yang patah hati, tempat penyembuhan bagi yang terganggu, dan tempat cinta bagi mereka yang kesepian.

Menjadi salah satu lagu favorit penggemar dalam diskografi BTS, 'Magic Shop' telah menjadi lagu penghibur bagi banyak penggemar kpop.

5 dari 6 halaman

4. Butterfly

Lagu ini terinspirasi oleh sebuah buku dengan judul "‘Kafta On The Shore".

Ditulis oleh penulis terkenal Haruki Murakami, "Kafka on the Shore" adalah salah satu buku klasik di luar sana.

Ini adalah salah satu buku favoritnya, yang sangat dekat dengan hati RM.

Kisah ini mengisahkan seorang remaja laki-laki yang melarikan diri bernama Kafka dan seorang pria tua bernama Mr. Tanaka yang bisa berbicara dengan kucing, yang terombang-ambing antara kenyataan dan mimpi.

RM memberikan referensi langsung ke 'Kafka on The Shore' dalam liriknya. Mendengar lirik tersebut, banyak penggemar yang terkejut, terutama yang mengetahui konteks buku tersebut.

Dalam salah satu interaksinya, RM mengungkapkan bahwa ia mengambil banyak inspirasi dari Murakami saat menulis lirik lagu.

Sementara 'Butterfly' mengekspresikan rasa takut kehilangan orang yang dicintai, lagu ini juga berfokus pada mengatasi beberapa masalah kompleks dan menjadi makhluk baru.

Banyak teori penggemar yang menjelaskan perbandingan yang mendalam antara 'Kafka on the Shore' dan mengambil potongan-potongan dari lagu BTS yang berbeda dengan menjadikan anak laki-laki sebagai karakter utama.

Dan bagaimana mereka saling membantu dalam penemuan tersebut.

 

6 dari 6 halaman

5. Album

Mengambil sudut pandang psikologis dan filosofis, Intro: Persona didasarkan pada konsep-konsep terkenal dari psikologi analitis yang diciptakan oleh Carl Jung.

Ditulis oleh Murrey Stein, Jung's Map of the Soul mengikuti pendekatan kreatif dan intuitif Jung untuk memahami misteri jiwa manusia individual dan kolektif.

Album "Map Of The Soul: Persona" menempati posisi pertama di UK's Official Album Chart Top 100 segera setelah dirilis. Lagu-lagu dalam album ini mengikuti seluruh konsep teori.

Mulai dari Intro: Persona hingga lagu terakhir, "Dionysus", mereka keluar dari perangkap persona dan mencapai kebangkitan.

Dalam video musik Intro: Persona, RM terlihat menghadapi berbagai versi dirinya yang berbeda. Sebagai referensi langsung ke teori Jun, kata-kata seperti "persona", "shadow", dan "ego" terlihat tertulis di papan tulis kelas di belakang RM.

Dia juga berbicara tentang bagaimana dia membiarkan persona di atas panggung mengambil alih dirinya mencegahnya untuk mengakui kekurangannya dan menjadi sulit baginya untuk mengenal dirinya yang sebenarnya.

Pada akhirnya, ia berteori bahwa setiap orang memiliki tipe yang berbeda yang membantu dalam pembentukan kepribadian secara keseluruhan.

Dan kepribadian kita hanyalah salah satunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.