Sukses

9 Fakta Menarik Gunung Rinjani yang Sangat Indah

Gunung Rinjani merupakan salah satu situs taman nasional yang terdapat di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Rinjani merupakan salah satu situs taman nasional yang terdapat di Indonesia. Di sini, bukan hanya tersaji panorama keindahan khas pegunungan, namun seluruh satwa dan spot-spot wisata lainnya yang terdapat di Taman Nasional Gunung Rinjani. Ketika kamu mendaki Gunung Rinjani secara langsung kamu telah memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sarat akan semak belukar dan hutan yang luasnya mencapai 76.000 hektar.

Keindahan Gunung Rinjani berhasil menarik orang untuk datang berkunjung. Tidak cuma pendaki gunung saja yang terhipnotis keindahan Rinjani, mereka yang awam dalam pendakian pun ikut terpesona mengagumi keindahannya. Lebih membanggakan lagi, magnet Gunung Rinjani sanggup menarik banyak turis asing. Mengapa? Dilansir rinjanidawnadventures.com simak beberapa faktanya berikut ini:

1. Gunung Berapi Tertinggi Di Indonesia

Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 m diatas permukaan laut, puncak Rinjani dinobatkan sebagai puncak gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah puncak gunung Kerinci di pulau Sumatera. Karena itulah puncak Rinjani sangat mendominasi background view pulau Lombok dari sebelah utara. Dan hingga saat ini salah satu gunung berapi ini masih tercatat sebagai gunung berapi aktif dan letusan terakhor terjadi di tahun 2015 yang lalu.

2. Dianggap Sakral

Masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjani sebagai gunung yang sakral dan memiliki nilai spiritual. Warga setempat percaya bahwa gunung ini adalah pelindung Pulau Lombok. Tak diragukan lagi masyarakat Lombok kerap mengadakan upacara adat dan ritual keagamaan di Gunung Rinjani. Bahkan suku Sasak yang merupakan warga asli Lombok membangun rumah dengan menghadapkannya ke arah Gunung Rinjani berada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memiliki Danau yang Sangat Indah

3. Indahnya danau dalam Gunung Rinjani

Apakah kalian mengetahui Ranu Kumbolo di Semeru? Danau yang keindahannya mendunia itu menjadi rebutan jutaan mata dan lensa kamera para wisatawan yang melewatinya. Tak jarang juga banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk singgah dan bermalam di tengah kesunyiannya. Nah, kalau kamu sudah pada ngiler dengan Ranu Kumbolo Gunung Semeru, kalian harus nyobain singgah di Segara Anak.

Menurut warga setempat, Segara Anak bermakna anak laut. Hal itu karena air danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut. Warna airnya yang jernih ditambah dengan pemandangan sekeliling danau yang asyik membuat siapapun tak jemu memandangnya.

kamu bisa mencoba untuk singgah ke Segara Anak. Segara Anak ini merupakan wisata danau anti mainstream yang instagramable di kawasan Gunung Rinjani.

Segara Anak menjadi salah satu spot wisata yang mampu menenangkan hati dan pikiran, layaknya hidup di dunia dongeng yang dihiasi oleh pesona yang memukau. Segara Anak dapat menghipnotis siapapun yang mengunjunginya, termasuk kamu. Jadi sudah siapkah kamu untuk menikmati keindahan Segara Anak ini?

3 dari 4 halaman

Kaya Akan Flora dan Fauna

4. Terletak di Garis Wallace

Lokasi persis Gunung Rinjani terletak pada area perbatasan garis Wallace, yang merupakan garis pertemuan flora fauna asiatis dan australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung ini kaya akan beragam flora dan fauna.

Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan unik yang berkembang disini, di antaranya adalah bunga edelweiss yang unik. Sementara untuk fauna nya terdapat lutung budeng, kijang, burung kolibri, hingga trenggiling.

 5. Dikenal Dunia Sebagai Wisata Berbasis Ekologi

Pengelolaan wisata pendakian puncak Rinjani yang terbilang sangat memadai jika dibanding dengan gunung lain di wilayah Indonesia membuat Gunung Rinjani dikenal sebagai wisata berbasis ekologi.

Hal ini tak lepas dari tata cara pengelolaan dan managemen balai Taman Nasional dalam mengatur rute dan jalur pendakian yang bahu – membahu dengan masyarakat.

Sehingga terciptalah Rinjani Trek center dan Rinjani Information Center, yang menjadi pusat segala macam informasi tentang pendakian baik rute maupun hal lainna.

6. Namanya Justru Berasal dari Bahasa Jawa

Meskipun berada di Pulau Lombok, nama Gunung Rinjani justru berasal dari Bahasa Jawa Kuno di mana Rinjani berarti ‘Tuhan’. Masyarakat setempat memilih penamaan tersebut dari seorang putri raja yang sedang bersemedi di Lombok. Sang putri itu bernama Anjani.

4 dari 4 halaman

Diakui Dunia

 

7. Diakui Dunia

Sebagai sebuah gunung yang menawarkan eksotisme keindahan wisata pegunungan yang juga tersohor ke seluruh dunia hingga telah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Beberapa diantaranya di tahun 2004 mendapatkan World Legacy Award yang diberikan oleh Conservation International and National Geographic Traveler dalam kategori Destination Stewardship.

Di tahun selanjutnya masuk sebagai 3 besar dalam nominasi Tourism for Tommorow Award untuk kategori Destination Award yang diberikan oleh World Travel & Tourism Council.

Dan di tahun 2007 masuk sebagai nominasi dalam Tourism for Tommorow Award. Hal tersebut juga selain karena keindahan puncak Rinjani namun juga memang dikelola secara terpadu oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

8. Memiliki Anak Gunung yang Sering Meletus

Sebagai gunung besar, Rinjani memiliki anak gunung yang bernama Gunung Barujari. Adapun aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani justru banyak berasal dari sang anak gunung.

9. Sempat Jadi Gambar Mata Uang

Eksotisme keindahan Gunung Rinjani beserta dengan Danau Segara Anak pun ternyata pernah lho diabadikan dalam sebuah mata uang pecahan Rp10 ribu yang dikeluarkan pada 1998.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.