Sukses

Ini 5 Cara Memanfaatkan Kopi Untuk Kulit Indah dan Berseri

Mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa kopi juga dapat menyimpan manfaat lain yang dapat digunakan untuk kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang, secangkir kopi dipagi hari tidak dapat dihindari karena membantu mereka menghilangkan rasa kantuk dan tetap terbangun untuk mejalani aktifitas.

Minum secangkir kopi dapat memberikan dorongan instan untuk meningkatkan energi Anda, yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa kopi juga dapat menyimpan manfaat lain yang dapat digunakan untuk kesehatan kulit.

Menerapkannya ke wajah dapat memberi banyak keuntungan pada kulit wajah Anda. Dr Rinky Kapoor, Konsultan Dermatologis, Dermatologis Kosmetik dan Ahli Bedah Kulit, The Esthetic Clinics, menjelaskan manfaat kopi untuk kulit dan cara penggunaan untuk wajah.

“Kopi perlahan-lahan naik ke tangga bahan perawatan kulit yang disukai. Alasannya adalah karena kopi adalah sumber antioksidan yang kaya yang bermanfaat bagi kulit dalam banyak cara, ”kata Dr Kapoor melansir Healh Shots Minggu (23/10/2022),

Jika Anda tertarik untuk mencobanya namun tidak yakin bagaimana cara menggunakan kopi untuk kulit, berikut adalah 5 manfaat kopi untuk kulit dan cara penggunaannya pada wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kopi Untuk Kulit

1. Eksfoliator yang sangat baik

Kopi adalah scrub wajah yang luar biasa karena dapat mengelupas kulit. "kopi dengan lembut mengelupas sel-sel kulit dan menghilangkan kotoran, membuat kulit halus dan segar," jelas Dr Kapoor.

Selain itu, kopi dapat membantu mengurangi selulit dan mengencangkan kulit Anda.

2. Membuat kulit bercahaya

Masker kopi mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah, yang mengencangkan pembuluh darah dan membuat kulit lebih bercahaya. kopi juga meminimalkan tanda-tanda kelelahan.

3. Mencegah penuaan kulit

Kopi kaya akan antioksidan seperti fenol, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan. Alhasil, garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendor dapat hilang.

Antioksidan dalam kopi juga dapat membantu melawan jerawat, meningkatkan pembentukan kolagen, dan meminimalkan hiperpigmentasi.

4. Mengurangi lingkaran hitam

Kopi juga dikenal karena kemampuannya untuk melembabkan, menyembuhkan, dan memperkuat warna kulit. Faktanya, kopi juga merupakan obat instan untuk mata bengkak dan sangat bagus untuk mengobati lingkaran hitam.

5. Mengurangi peradangan kulit

Scrub kopi mengurangi stretch mark dan selulit sementara dan membuat kulit tampak lebih halus.

3 dari 4 halaman

5 Cara Menggunakan Kopi

Sebelum menggunakan kopi pada kulit Anda, jangan lupa untuk melakukan uji tempel. Selain itu, selalu ingat untuk menggunakan pelembab yang baik setelah menggunakan kopi untuk kulit. Berikut 5 cara menggunakan kopi untuk kulit:

1. Masker wajah

Dalam mangkuk, tambahkan dua sendok makan kopi bubuk dan dua sendok makan gel lidah buaya. Campur bahan dengan baik hingga tercampur. Setelah selesai, oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 20 hingga 30 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Scrub wajah 

Campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan kopi bubuk untuk mendapatkan konsistensi yang merata. Kemudian, oleskan scrub tersebut pada wajah dan seluruh leher Anda. Berikan pijatan dengan gerakan memutar selama 5 menit. Biarkan masker selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker mata 

Untuk mengurangi munculnya kantung mata, campur 1/2 sendok teh kopi dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun dan buat pasta kental. Tepuk perlahan pasta ini di bawah mata Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit. Bilas dengan lembut, dan Anda akan segera melihat perbedaannya.

4 dari 4 halaman

4. Lulur tubuh

Untuk lulur ekspoliasi atau pengelupasan kulit, campurkan 1/4 cangkir bubuk kopi segar, 1/4 cangkir gula merah dan beberapa air lemon untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

Anda dapat menambahkan beberapa tetes air untuk membuat tekstur seperti pasta. Gunakan scrub ini ke seluruh tubuh Anda. Ingatlah untuk menggunakan gerakan melingkar yang lembut saat menggosok. Biarkan selama 5-10 menit lalu bilas, bersihkan dan gunakan lotion pelembab yang baik.

5. Kopi dan air dingin

Untuk mengurangi kemerahan karena sinar matahari, encerkan satu cangkir kopi yang baru diseduh dengan air dingin. Celupkan kain lembut ke dalam air dan peras kelebihan airnya. kemudian dengan lembut tepuk kulit Anda dengan kain tersebut. Gunakan beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.