Sukses

Daftar Idol KPop yang Masuk Geng '97 Line, Ada Anak Baru

'97 Liner Squad merupakan grup pertemanan yang berisi para idol K-Pop yang lahir di tahun 1997.

Liputan6.com, Jakarta - Geng '97 Line atau '97 Liner Squad merupakan grup pertemanan yang berisi para idol KPop yang lahir di tahun 1997. Geng yang satu ini cukup terkenal di dunia KPop, sebab anggotanya berasal dari grup ternama, yaitu BTS, Seventeen, GOT7 sampai NCT.

Melalui sebuah wawancara di radio, BamBam dan Yugyeom GOT7 sempat membagikan cerita singkat terbentuknya komunitas tersebut. Yugyeom menyebutkan dirinya berteman baik dengan Jungkook BTS.

Pertemanannya inilah yang mengawali terbentuknya komunitas ini, sebab keduanya mulai mencari idol KPop lain yang termasuk sebagai '97 Liner. Lingkaran pertemanan ini pun melebar.

Beberapa anggota grup Seventeen yang lahir di tahun 1997 pun turut bergabung. Hubungan ini diawali dari Jungkook yang telah berteman lebih dulu bersama Mingyu, The8, dan DK sehingga membawa ketiganya ke dalam grup pertemanan.

Melihat ini, Yugyeom yang juga memiliki teman di dalam GOT7 yang merupakan idol barisan 1997, yaitu BamBam, ikut mengajaknya masuk ke dalam lingkar grup.

Tali pertemanan ini pun terus memanjang. DK yang sudah berteman dengan Jaehyun NCT sejak masa sekolah SMA terus menggandengnya masuk ke dalam komunitas.

Sebuah pernyataan DK ungkapkan bahwa walau sudah berteman lama, keduanya masih merasa segan untuk berbicara dengan satu sama lain. Alasan yang disampaikan hanya main-main, karena ia merasa kalau Jaehyun yang terlalu tampan.

Cha Eunwoo dari ASTRO kemudian bergabung ke dalam grup pertemanan, karena berteman dekat dengan Mingyu Seventeen.

Namun, sambungan tali pertemanan ini pun tidak berhenti sampai di situ. Karena pada Agustus lalu diketahui Bang Chan Stray Kids baru memasuki grup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jungkook BTS

Pertemanan Jungkook BTS dan Yugyeom GOT7 diketahui sebagai awal terbentuknya geng '97 Line. Idol kelahiran 1 September ini sering terlihat berinteraksi dengan Yugyeom setiap mereka dipertemukan di tiap variety show.

Grup pertemanan ini pun melebar dengan datangnya BamBam dan tiga member SEVENTEEN lainnya. Keberadaan geng ini pun sempat viral, karena berisikan idol-idol terkenal. Jungkook sempat mengungkapkan bahwa mereka juga mempunyai sebuah group chat.

Mereka tidak mengungkapkan apa yang dibicarakan di dalam group chat, karena merupakan privasi. Meskipun begitu, banyak penggemar mengakui geng ini sering hangout bersama. Hal ini terbukti dari foto-foto yang mereka unggah di media sosial.

Yugyeom GOT7

 

Sempat ramai di kalangan penggemar setelah memerhatikan tato pada Jungkook dan Yugyeom memiliki desain yang sama.

Meskipun tidak langsung dikonfirmasi oleh kedua sosok yang memulai geng 97 Line ini, para penggemar memercayai Jungkook dan Yugyeom membuat tato yang sama.

Tato tersebut diketahui merupakan tato yang melambangkan tahun kelahiran mereka. Melalui desain tato yang bermakna tempat kelahiran mereka di Korea pada tahun kerbau atau "Year of the Ox". Ditambah dengan tulisan angka "97" dalam romawi sebagai simbol tahun kelahiran.

3 dari 6 halaman

BamBam GOT7

Keberadaan geng ini pertama kali diungkapkan oleh BamBam di 2016 lalu. Melalui unggahan Instagramnya, BamBam menuliskan deskripsi berupa ungkapan rasa sayangnya kepada teman-temannya.

Foto yang berisikan wajah BamBam, Yugyeom, Jungkook, Mingyu, DK, dan The8 tersebut, diambil ketika mereka dipertemukan dalam acara KBS Song Festival 2016.

Selain itu, idol yang lahir di Bangkok, Thailand ini juga diketahui memiliki tato yang sama dengan Yugyeom dan Jungkook, yaitu tulisan "97" yang ditulis dalam angka romawi, tanpa lambang "Year of the Ox".

Mingyu SEVENTEEN

 

Berdasarkan wawancara yang dilakukan BamBam dan Yugyeom di sebuah stasiun radio, mereka mengungkapkan anggota-anggota grup dari yang paling aktif sampai kurang aktif dalam menjawab percakapan mereka di grup.

Menurut pernyataan keduanya, Mingyu menjadi salah satu anggota grup yang paling aktif membalas pesan di grup mereka.

Lahir pada 6 April 1997, Mingyu hadir di dalam group chat 97 Line dibawa dari pertemanannya bersama Jungkook BTS.

4 dari 6 halaman

The8 dan DK SEVENTEEN

The8 SEVENTEEN yang memiliki nama lengkap Xu Minghao ini, masuk ke dalam grup bersamaan dengan Mingyu dan DK. Trio dari SEVENTEEN ini lahir pada tahun yang sama, yaitu 1997, membuat mereka menjadi bagian dari '97 Line idol.

 

Sementara itu, DK yang memiliki nama lengkap Lee Seok-min sempat mengungkapkan dirinya sudah berteman dengan Jaehyun NCT cukup lama sejak masa sekolah. Hal inilah yang mengawali masuknya Jaehyun ke dalam lingkaran.

Jaehyun NCT

 

Setelah menjadi idol selanjutnya yang memasuki group chat, Jaehyun dikenal sebagai member grup yang tidak terlalu aktif dalam membalas pesan di grup 97 Line.

Hal ini disampaikan oleh BamBam dan Yugyeom, yang sempat membongkar idol mana yang aktif dan kurang aktif dalam berinteraksi di dalam grup.

Berdasarkan pernyataan mereka, Jaehyun bukan melakukan hal tersebut dengan sengaja, tetapi karena dirinya memiliki jadwal yang padat dan tidak sempat membuka group chat.

5 dari 6 halaman

Cha Eunwoo ASTRO

Cha Eunwoo menjadi salah satu idol yang menjadi bagian dari pertemanan idol barisan 97 ini. Hal ini dibawa dari tali pertemanannya dengan Mingyu SEVENTEEN.

Eunwoo diketahui mulai bergabung ke dalam grup di 2018. Idol yang turut merambah karier sebagai aktor drama ini, mulai mengikuti kegiatan grup yang sering melakukan pertemuan untuk makan bersama.

6 dari 6 halaman

Bang Chan Stray Kids

Sambungan tali pertemanan mereka pun tidak berhenti sampai di situ. Hal ini karena pada Agustus lalu, geng ini kembali kedapatan sedang melakukan pertemuan di sebuah restoran hanwoo di Cheongdam-dong.

Ini dibuktikan melalui media sosial restoran yang mengunggah foto tanda tangan dari Jungkook BTS, Jaehyun NCT, dan Cha Eunwoo ASTRO serta Bang Chan Stray Kids, nama baru yang mulai saat itu diketahui mulai masuk ke dalam lingkar pertemanan idol yang lahir di tahun 1997.

Belum ada tanggapan mengenai bergabungnya leader dari Stray Kids dapat di group chat 97 Line. Namun, masuknya Bang Chan ke dalam lingkar pertemanan kemungkinn terjadi karena hubungan pertemanannya dengan BamBam, sejak masa training dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.