Sukses

5 Ragam Jajanan Manis Hingga Asin untuk Temani Harimu

Jajanan menjadi opsi makanan ringan sebagai penunda lapar, berikut 5 ragam jajanan manis hingga asin untuk menemani hari kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Jajanan merupakan makanan ringan yang bisa kamu temui di pinggir jalan. Berbagai macam pilihan camilan bisa kamu dapatkan.

Kebanyakan dari masyarakat Indonesia kerap kali mengisi kekosongan waktu dengan ngemil. Makanan ringan dapat menunda lapar, bahkan untuk sejumlah orang, makanan ringan bisa menghilangkan rasa lapar.

Makan menjadi kebutuhan bagi semua makhluk hidup, karena kegiatan ini dapat menambah energi.

Meskipun hanya mengkonsumsi makanan ringan, itu tidak akan menjadi masalah, asalkan kamu tetap makan, agar perut tidak kosong.

Jika perut kosong dan tidak diisi sama sekali, kemungkinan akan timbul penyakit seperti maag.

Kemudahan membeli makanan ringan di pinggir jalan, dikarenakan kebanyakn pedagang akan menetap di satu area. Dengan begitu, kamu akan mudah mendapat kudapan sebagai penunda lapar.

Di Indonesia, banyak loh jenis makanan unik dengan rasa yang menggiurkan. Namun, tetap saja selera akan balik ke lidah tiap individu.

Tahukah kamu permen gulali yang bisa dibentuk berbagai macam karakter? Selain itu, ada pula makanan rambut nenek yang bikin kamu jadi nostalgia ke zaman kanak-kanak.

Semua jajanan tersebut bisa kamu nikmati selagi kamu masih berada di Indonesia. Keanekaragaman jenis makanan seharusnya tak lagi jadi penghambat.

Biasanya beberapa orang selalu bingung untuk memilih makanan apa yang bisa disantap sebagai camilan. Agar tidak bingung, berikut Citizen6 Liputan6.com rekomendasikan 5 ragam pilihan jajanan dari manis hingga asin yang bisa kamu coba. Cek halaman berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Martabak Manis

Martabak manis merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak dalam loyang dan diberi berbagai isian.

Beberapa waktu lalu sempat jadi perdebatan terkait martabak manis dengan terang bulan. Hal ini sempat ramai di salah satu base di Twitter, lantas apa perbedaan dari keduanya?

Sebenarnya, terang bulan dan martabak manis sama saja. Letak perbedaannya hanya pada nama sebutan saja.

Nama terang bulan sering dikaitkan dengan makanan satu ini karena bentuk bulat yang menyerupai bulan purnama, sehingga disebut sebagai terang bulan.

Akan tetapi, dalam KBBI, terang bulan memiliki arti yang jauh berbeda dan tidak mengacu pada salah satu jenis makanan.

Sedangkan, jika kamu mencari kata martabak manis, akan muncul definisi dari makanan itu sendiri. Martabak manis adalah makanan yang ditaburi gula pasir dan diberi bubuk kacang tanah, cokelat, susu, keju dan sebagainya.

Seiring berkembangnya zaman, saat ini martabak manis mulai berinovasi, seperti martabak manis blackforest, ovomaltine, martabak tipis kering, dan lain-lain.

3 dari 6 halaman

2. Martabak Telur

Martabak telur adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung terigu dan telur dengan isian daging giling dan rempah yang kemudian digoreng.

Martabak telur kerap kali dijadikan sebagai alternatif untuk santapan di malam hari. Ada sebagian yang memakan martabak menggunakan nasi. Ada pula yang langsung memakannya menggunakan kuah yang disediakan.

Berbeda dengan martabak manis, jenis martabak satu ini berisi telur yang bisa kamu pilih, yakni telur ayam atau bebek. Selain itu, jumlah telur juga bisa dipilih sesuai selera.

Martabak telur sempat jadi menu makanan yang viral di media sosial, loh. Bagaimana tidak, martabak selalu dikaitkan dengan hubungan asmara.

Katanya, makanan satu ini wajib dibawa saat kamu ingin ngapel ke rumah sang pacar.

4 dari 6 halaman

3. Crepes

Camilan satu ini kerap kali dijumpai di pusat perbelanjaan dengan nama brand tertentu. Namun, kamu tak perlu khawatir, crepes tetap bisa dijumpai di pinggir jalan, khususnya di area dekat sekolahan.

Makanan satu ini dimasak di atas wajan datar dengan cara menuangkan adonan tepung terigu. Kemudian, diratakan menggunakan alat kecil dari kayu yang cukup unik.

Jajanan satu ini memiliki varian yang berbeda, mulai dari asin hingga manis. Biasanya, untuk isian asin tersedia dengan topping sosis dengan sayuran.

Sedangkan, varian manis bisa lebih banyak pilihan, seperti isi mesis, coklat, vanila, keju, pisang dan lain-lain. Bahkan, kamu bisa loh mencampurkan berbagai topping. Tentu saja, harga akan berbeda pula dan tergantung pada ketersediaan yang ada.

5 dari 6 halaman

4. Leker

Leker dan crepes jika diperhatikan sekilas sangatlah mirip, namun perbedaannya terdapat pada proses pembuatan dan bentuknya.

Jika crepes disajikan dengan tekstur lembek dan garing, leker hanya bertekstur garing saja.

Proses pembuatannya adalah adonan leker dituang dan dimasak di atas wajan kecil menggunakan api, sambil diputar-putar. Cara inilah yang membuat bagian pinggir leker menjadi kering dan garing.

Leker juga memiliki variasi asin dan manis, sama seperti crepes, di antaranya berkat topping sosis, mozzarella, coklat, keju, pisang, kacang dan lain sebagainya. Setelah diisi dengan topping, bentuk dari leker akan berbeda dengan crepes.

Biasanya saat dilipat crepes akan disajikan seperti bentuk segitiga, berbeda dengan leker yang hanya dilipat satu kali dan berbentuk setengah lingkaran.

6 dari 6 halaman

5. Seblak

Seblak merupakan salah satu jajanan favorit bagi kaum perempuan. Jajanan ini merupakan masakan khas sunda yang terbuat dari berbagai macam kerupuk yang disiram dengan kuah pedas yang dicampur telur.

Saking pedasnya, aroma dari masakan satu ini bisa bikin kamu bersin-bersin. Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati saat memakan jajanan satu ini, karena kuah dari seblak sendiri yang bersifat panas.

Namun, bagi kamu yang tidak terlalu menyukai pedas, tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mencoba jajanan satu ini dengan meminta level pedas paling rendah ke penjual.

Tak hanya kerupuk, biasanya seblak juga mempunyai topping tambahan, seperti ceker, makaroni, batagor kering, bakso, dan lain sebagainya.

Jajanan satu ini cocok disantap saat musim dingin loh, karena dapat menghangatkan tubuh.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering konsumsi seblak ya, karena tingkat pedas yang terlalu ekstrem dapat menimbulkan penyakit di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.