Sukses

5 Kesalahan Waxing yang Harus Kamu Hentikan Saat Melakukannya di Rumah

Umumnya waxing dilakukan di klinik kecantikan, Tetapi jika kamu adalah seseorang yang suka melakukannya sendiri untuk menghemat uang dan waktu, kamu mungkin lebih memilih untuk mencoba dan melakukanya di rumah!

Liputan6.com, Jakarta Waxing adalah salah satu cara yang paling umum digunakan untuk menghilangkan rambut pada tubuh. Biasanya wanita yang lebih banyak melakukan perawatan ini agar kulit terlihat lebih bersih dan mulus.

Umumnya waxing dilakukan di klinik kecantikan, tetapi jika kamu adalah seseorang yang suka melakukannya sendiri untuk menghemat uang dan waktu, kamu mungkin lebih memilih untuk mencoba dan melakukanya di rumah!

Waxing yang dilakukan oleh seorang profesional mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tetapi jika kamu  ingin melakukanya di rumah kamu harus berhati-hati.

Beberapa orang pernah melakukan kesalahan saat waxing di rumah. Tidak hanya menyebabkan rasa frustasi, kesalahan saat waxing juga membuat kamu kehilangan banyak waktu.

Tak hanya itu, kesalahan waxing juga dapat memberikan beberapa dampak buruk pada kulit seperti rasa sakit, kemerahan, bahkan rambut yang tumbuh ke dalam lalu menyebabkan infeksi. 

Jadi bagaimana cara waxing sendiri di rumah dengan cara yang aman? kita perlu mempelajari tentang kesalahan umum waxing yang dilakukan di rumah dan bagaimana cara mencegah maupun menghindarinya.

Waxing harus dilakukan dengan cara yang benar untuk mendapatkan hasil terbaik. Melansir dari Health Shots, Rabu (19/10/2020), berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan waxing di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Sebeleum Waxing

Waxing adalah metode cepat dan terjangkau untuk menghilangkan rambut tubuh, tetapi juga sedikit menyakitkan. Jadi, jika kamu berencana untuk wax sendiri di rumah untuk menghilangkan semua rambut yang tidak diinginkan pada tubuh, sangat penting untuk mengikuti instruksi dengan tepat untuk hasil terbaik.

Sayangnya, banyak orang melakukan kesalahan waxing sederhana yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah kulit.

Sebelum kamu membaca apa yang harus dan tidak boleh dilakukan, mari ketahui hal apa yang harus dipersiapkan untuk waxing di rumah.

Lakukan 2 hal ini untuk mempersiapkan kulit kamu untuk waxing:

1. Expoliation/Pengelupasan Kulit

Expoliation penting untuk mempersiapkan kulit sebelum waxing. Dr Haror mengatakan, “Cara terbaik untuk mengelupas kulit Anda adalah dengan menggunakan scrub gula.”

Kamu bisa membuat scrub gula sendiri dengan mencampurkan gula dan minyak zaitun. Oleskan scrub ke kulit dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat.

2. Pangkas rambut

Pastikan kamu juga memangkas atau mencukur area yang akan di-wax. Ini akan membantu wax menempel pada rambut lebih baik dan membuat prosesnya lebih halus.

3 dari 4 halaman

5 Kesalahan saat Waxing

Dr Navnit Haror, Pendiri dan Direktur Derma Miracle Clinic, mencantumkan 5 hal yang perlu diingat saat melakukan waxing di rumah untuk menghindari masalah kulit.

Berikut 5 kesalahan yang harus dihindari saat waxing di rumah, menurut Dr Haror:

1. Jangan lewatkan exfoliation atau pembersihan kulit karena itu sangat penting untuk kulit kamu siap sebelum waxing

2. Jangan mengoleskan terlalu banyak wax, wax harus cukup tipis  

3. Jangan mengupas wax sebelum benar-benar kering karena dapat menyebabkan iritasi kulit

4. Jangan wax area yang sama lebih dari sebulan sekali

5. Jangan buat wax terlalu panas. Sebelum mengaplikasikannya simpan di suhu ruangan

Waktu yang tidak diperbolehkan melakukan wax:

1. Hindari waxing jika kamu mengalami sunburn atau iritasi kulit lainnya

2. Hindari waxing jika kamu sedang hamil atau menyusui

3. Hindari waxing jika kamu memiliki luka terbuka

4. Hindari waxing jika kamu sedang menstruasi

Sekarang, sangat penting bagi kamu untuk memahami cara waxing di rumah. Berikut adalah caranya:

 

4 dari 4 halaman

Langkah-langkah Melakukan Waxing di Rumah

Dr Haror mengatakan, “Waxing di rumah bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat uang dan menjaga kulit Kamu tetap terlihat baik. Tetapi jika kamu tidak hati-hati, kamu dapat dengan mudah membuat kesalahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit, rambut tumbuh ke dalam, bekas luka bakar, lecet dan lebih buruk lagi."

Untuk menghindari efek samping tersebut dan membuat pengalaman waxing kamu di rumah jauh lebih efisien dan tidak terlalu menyakitkan, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pastikan kulit Kamu bersih dan kering sebelum kamu mulai.

Langkah 2: Oleskan wax dalam jumlah yang cukup ke kulit kamu ke arah pertumbuhan rambut setelah mengeluarkannya dari pemanas wax setelah wax panas. Gunakan aplikator wax untuk mengaplikasikannya.

Catatan: Oleskan lapisan tipis wax ke area yang akan kamu waxing.

Langkah 3: Setelah kamu mengoleskan wax, ambil strip wax dan gosokkan pada area tersebut sehingga wax akan menempel padanya.

Langkah 4: Kemudian, lepaskan dengan cepat dari kulit kamu ke arah pertumbuhan rambut, sekaligus. Jangan terlalu menekan saat melepas strip wax.

Langkah 5: Untuk menghilangkan rasa sakit, segera tekan telapak tangan kamu ke kulit yang di-wax.

Catatan: Kamu juga bisa mengoleskan krim atau losion yang menenangkan ke area tersebut setelah waxing.

Di bagian tubuh lain yang ingin kamu waxing, ikuti langkah yang sama. Setelah selesai, gunakan kain hangat untuk menyeka tubuh kamu (kemudian dengan kain dingin). Berikan waktu pada tubuh kamu untuk mengering. Ulangi proses ini setiap dua hingga empat minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.