Sukses

Bantu Kurangi Stres, Ini 5 Manfaat Pelihara Ikan dalam Akuarium

Berikut deretan manfaat memelihara ikan dalam akuarium yang dapat tingkatan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi sehat membutuhkan lebih dari sekadar makan dengan benar dan berolahraga. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari kesehatan fisik, mental hingga emosional.

Jika Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan bahagia, memeliha ikan dalam akuarium menawarkan manfaat kesehatan tersebut.

Tak hanya sekadar hobi memelihara ikan dalam akuarium dapat memberikan manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental. Segala sesuatu mulai dari suasana hati hingga tingkat stres dapat diatasi dengan hobi ini. Mengutip Living Art Aquatics, Rabu (19/10/2022), ada lima manfaat memelihara ikan dalam akuarium di rumah:

1. Mengurangi Stres

Ilustrasi stress (unsplash)

Para peneliti menerbitkan sebuah studi yang merinci bagaimana memelihara ikan dalam akuarium dapat mengurangi stres. Bahkan hanya lima menit yang dihabiskan untuk mengamati akuarium tersebut dapat mengurangi kecenderungan gelisah. Warna-warna cerah dan suasana yang menghipnotis memberikan sensasi yang menenangkan bagi yang melihatnya.

"Terapi Akuarium" adalah perawatan untuk mengurangi stres melalui stimulan visual akuarium dan ikan yang disediakan. Pasien dan anggota keluarga menemukan suasana yang menenangkan ketika ada akuarium ikan eksotis yang ditempatkan di ruang tunggu.

2. Mengurangi Kecemasan

<p>Ilustrasi Menyendiri dan Kecemasan Credit: freepik.com</p>

Dalam studi yang sama, peneliti menemukan bahwa pasien yang akan menjalani operasi gigi memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah setelah merenungkan akuarium. Akuarium menawarkan jalan keluar bagi orang-orang yang memungkinkan mereka untuk "hilang" di lingkungan sekitar.

Kehilangan diri Anda saat mengamati akuarium membantu mengalihkan pikiran dari hal-hal yang mungkin mengganggu. Lebih jauh lagi, keadaan meditatif ini memberi Anda kesempatan untuk mengevaluasi kembali pikiran cemas. Ini juga merupakan bagian dari "Terapi Akuarium" dan membantu orang yang ingin menurunkan tingkat kecemasan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Pola Tidur

Karena keuntungan memelihara ikan dalam akuarium adalah menurunkan stres dan kecemasan, Anda juga akan mulai mengalami pola tidur yang lebih baik. Sifat menenangkan dari akuarium membantu membuat Anda rileks. Hal ini kemudian membuat Anda lebih mudah tertidur di malam hari. Suara sistem filter juga dapat bertindak sebagai "white noise". Ini adalah efek yang sama seperti suara hujan, yang dapat membantu orang tidur.

4. Menurunkan Tekanan Darah dan Detak Jantung

Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay

Dalam sebuah studi, menghabiskan waktu mengamati habitat alami makhluk bawah air dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Memiliki jumlah ikan yang lebih banyak, bersamaan dengan waktu mengamati yang lebih lama, telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung Anda.

Studi ini menemukan bahwa melihat ikan dalam akuarium dapat mengurangi detak jantung Anda rata-rata hingga 7%. Jika Anda hanya melihat akuarium kosong dengan tanaman atau bebatuan saja, maka akan berkurang hingga 3% dari waktu ke waktu. Rata-rata meningkat menjadi 7% ketika ikan ditambahkan lebih banyak ke akuarium.

3 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Produktivitas

Mengamati akuarium juga membantu meningkatkan tingkat produktivitas. Stres, kecemasan, detak jantung, dan tekanan darah yang lebih rendah memicu hari-hari yang lebih produktif.

Ketika Anda tidak merasa stres, Anda cenderung melakukan lebih banyak aktivitas. Hal yang sama berlaku untuk tekanan darah dan detak jantung yang lebih rendah. Ini dapat membantu Anda menjadi lebih aktif.

Memiliki akuarium juga memberi Anda tugas harian untuk diselesaikan. Ini bisa berupa merawat dan memberi makan ikan atau membersihkan tangki. Apa pun itu, tugas harian ini membuat Anda berada di jalan yang benar untuk menyelesaikan lebih banyak hal sepanjang hari. Dengan cara ini, merawat akuarium dan ikan Anda dapat menjadi kegiatan yang lebih produktif. 

4 dari 4 halaman

16 Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Awet dan Mudah Dipelihara

Memiliki keinginan untuk mulai memelihara ikan hias adalah pilihan yang tepat. Selain dapat mempercantik interior ruangan, hewan peliharaan satu ini dapat menenangkan pikiran, loh. Butuh rekomendasi jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet?

Jenis ikan hias air tawar akuarium yang tergolong kawanan yang mudah dipelihara adalah ikan zebra, molly, koki, koi, guppi, angelfish, dan masih banyak lagi. Selain tidak mudah mati atau awet, ikan-ikan ini dikenal “cinta damai”. Itu artinya bisa dicampur dengan jenis ikan hias air tawar akuarium lainnya.

Perkara menemukan jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet ini tidaklah sulit. Di pasar ikan pasti tersedia stok jenis ikan hias air tawar ini. Bagaimana karakteristiknya? Berikut Liputan6.com ulas jenis ikan hias air tawar akuarium yang awet, Kamis (11/11/2021).

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.