Sukses

3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pekerjaan, Passion vs Uang

Diketahui, hanya sedikit orang yang beruntung menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan dibayar dengan uang sesuai kinerjanya.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja suatu kegiatan yang dilakukan untuk mecapai sutau tujuan, baik untuk mencari uang, atau menjadi berkembang dan untuk tujuan lainnya. 

Namun, sampai saat ini hampir semua orang, terutama milenial, masih sesekali merasa dilema dengan memilih pekerjaan yang cocok dan berhubungan dengan minat atau passion-nya. 

Banyak yang masih bingung, bagaimana memutuskan antara bekerja untuk uang atau sesuai passion. Hal ini tidak bisa disepelekan karena pekerjaan berhubungan dengan sesuatu yang memerlukan rasa tanggung jawab.

Diketahui, hanya sedikit orang yang beruntung menemukan pekerjaan sesuai dengan passion dan dibayar dengan uang sesuai kinerjanya.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang tedapat dalam laman University Of The Potomac, menurut sebuah survei oleh Harris Interactive, hanya 20 persen orang di seluruh Amerika Serikat yang merasa passionate atau sesuai dengan passion ketika melakukan pekerjaan mereka.

Di sisi lain, Pew Research Center menemukan bahwa sekitar setengahnya, 49 persen karyawan Amerika Serikat (AS) sangat puas dengan pekerjaan mereka.

Jadi, haruskah kamu mencoba dan merasa puas dengan karier yang menjanjikan tanpa merasakan bahwa itu passion kamu? Atau haruskah kamu mengambil risiko dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu, tetapi tidak memberikan kepuasan?

Melansir laman University Of The Potomac, ada banyak faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan antara bekerja untuk uang atau bekerja sesuai dengan passion.

Untuk itu diperlukan pertimbangan dengan cermat dan memutuskan berdasarkan fakta dan perasaan secara seimbang atau setara, berdasarkan pemikiran yang logis dan realistis. Simak hal-hal yang harus kamu perhatikan saat memutuskan memilih pekerjaan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Potensi Penghasilan

 

Sebelum terjun ke bidang pekerjaan yang diminati, kamu harus mempertimbangkan potensi penghasilan yang ditawarkannya.

Ada kemungkinan bahwa passion kamu juga memiliki bayaran yang besar di dalam prospek kerja yang diminati.

Namun, saat kamu memilih untuk mengesampingkan passionmu karena pekerjaan, kamu bukan sedang melupakan passionmu melaikan kamu bisa memilihnya untuk hobi, bukan untuk menghasilkan uang, dan bekerja adalah tempat kamu untuk menghasilkan uang. 

 

3 dari 4 halaman

2. Keinginan

Selanjutnya, faktor yang menjadi pertimbangan kamu untuk memilih pekerjaan adalah tergantung pada apa yang kamu inginkan dari hidup yang sudah direncanakan. 

Sebenarnya, hal ini adalah elemen paling penting dalam proses pengambilan keputusan, terlebih saat kamu memilih pekerjaan. 

Mungkin kamu ingin mengubah passion kamu menjadi pekerjaan yang kamu sukai, tetapi ada kemungkinan lain juga, kalau kamu ingin menjauhkan diri dari tanggung jawab dan hanya menikmati passion kamu di waktu senggang.

Kendati demikian, tidak seorang pun dari kita yang benar-benar yakin dengan apa yang kita inginkan dari hidup kita di  setiap aspek kehidupan, tetapi, dengan memiliki sedikit pertimbangan dan pemikiran mungkin membantu kamu untuk dapat menarik kesimpulan dari dilema ini.

4 dari 4 halaman

3. Lakukan Keduanya

Terkadang kamu bisa melakukan keduanya. Bisa jadi pekerjaan impian kamu kebetulan adalah karier yang menghasilkan uang lebih dari cukup. 

Mungkin kamu beruntung, karena menghasilkan uang dari passion yang kamu pikir tidak akan membawa kamu ke mana-mana, atau kamu kebetulan jatuh cinta dengan pekerjaan yang awalnya tidak kamu sukai, pekerjaan kamu menjadi passion kamu seiring berjalannya waktu. 

Memilih antara bidang yang dicintai atau bidang yang akan membayar tagihan kamu, kadang-kadang membuat kamu masuk kedalam lingkaran yang tentu tidak berujung. 

Namun, itu adalah keputusan penting, karena pekerjaan adalah kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu yang cukup lama. 

Saat membuat penilaian ini, kamu harus melihat semua keuntungan dan kerugian yang datang dengan salah satu kemungkinan.

Dari segi uang, stabilitas, hingga kebahagiaan dan kepuasan, semua ini memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.