Sukses

10 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang bilang rambut adalah mahkota perempuan. Tentunya mempunyai rambut yang bersih dan mengkilau adalah impian semua wanita. Berkat rambut rapi dan mengkilau, beberapa orang lebih percaya diri dan karena  dapat menunjang penampilan mereka.

Salah satu jenis rambut yang begitu digemari adalah rambut lurus, namun tidak semua orang terlahir dengan rambut lurus. Beberapa orang menginginkan rambut lurus. Salah satunya karena, rambut lurus membantu memudahkan proses pembersihan rambut atau keramas.

Untuk itu bagi beberapa orang yang rambutnya ikal, bergelombang serta keriting, dapat melakukan perawatan meluruskan rambut di rumah sendiri.

Kunci dari meluruskan rambut sendiri memperhatikan perawatan rambut seperti vitamin, dan memakai produk terbaik untuk rambut.

Selain itu langkah apa yang bisa kita lakukan dalam merawat serta meluruskan rambut secara alami?

Berikut cara meluruskan rambut secara alami yang dapat dilakukan di rumah berdasarkan website sunsilk dan tresemme.

1. Mengerikan Rambut Tanpa Alat Pengering

Dilansir Sunsilk, salah satu tipsnya mengeringkan rambut dengan menekan-nekan rambut yang basah dan menggunakan bantuan kipas angin sambil mengaplikasikan pelembap rambut agar rambut menjadi lemas dan mudah diatur.

Kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair-dryer dapat menyebabkan rambut kering, rusak, sampai mengalami kerontokan. Hindarkan juga menggosok rambut secara cepat dan keras hal tersebut bisa merusak batang rambut.

2. Menggunakan Sisir yang Bergigi Jarang

Menggunakan sisir jarang atau renggang membuat rambut yang ditarik tidak terlalu kuat, alhasil rambut jadi mudah dibentuk. Dalam hal meluruskan rambut, penggunaan sisir jarang saat rambut basah adalah salah satu yang sangat mudah dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hair Roller Rambut dan DIY Masker Rambut di Rumah

3. Hair Roller Rambut

Menggunakan hair roller di bagian ujung rambut untuk meluruskan rambut bisa dilakukan agar rambut terlihat rapi . Penggunaanya saat rambut sudah 1/3 kering.

Perlu diketahui, penggunaan hair roller sesuai dengan jenis rambut. Ukuran besar untuk rambut yang cukup tebal. Diamkan beberapa saat ketika tergulung sempurna, dan dilanjutkan dengan menyisir rambut yang berada di dekat kulit kepala.

4. DIY Masker Rambut di Rumah.

Beberapa bahan yang kamu perlukan untuk membuat masker rambut ini sangat mudah ditemui di supermarket/pasar terdekat.

Di antaranya adalah penggunaan susu dan madu. Dalam hal ini, susu berguna untuk menjaga kekuatan rambut serta kandungan lemaknya dapat melembapkan rambut. Sementara, madu bermanfaat agar rambut menjadi berkilau.

Selain itu ada pisang, salah satu jenis buah ini ternyata bermanfaat untuk rambut terutama  dalam menutrisi rambut, melembutkan, dan membantu meluruskan rambut keriting secara alami.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Esensial sampai Pemilihan Shampo Alami

5. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak kelapa, minyak argan, minyak almond, atau minyak macadamia dapat menembus folikel rambut dan memperbaiki sel-sel yang rusak di dalamnya.

Minyak esensial merupakan cara alami merawat rambut yang telah digunakan sejak zaman dahulu.

6. Menggunakan Susu Sapi Murni

Kandungan protein yang terdapat dalam susu sapi murni akan membua rambut menjadi lurus dan bebas kusut. Cara pengaplikasiannya mudah, yakni dengan menyemprot saja rambut memakai botol semprot dan diamkan selama 30 menit.

7. Menggunakan Sampo Alami

Cara efektif lain yang bisa digunakan adalah menggunakan sampo yang berbahan alami tanpa campuran kimia. Hal ini membuat rambut lebih terawat baik. Sampo yang dimaksud bisa berasal dari nutrisi alami seperti minyak esensial, susu, dan madu.

4 dari 4 halaman

Bahan Dapur yang Bisa Membuat Rambut Lurus.

8. Santan

Kandungan santan dapat meluruskan rambut secara alami, dengan cara campurkan santan dengan dua sendok makan air jeruk nipis.

Campuran tersebut masukan ke freezer, sampai teksturnya mengental. Jika ramuan tersebut sudah mengental cukup diaplikasikan di rambut  tunggulah selama 30 menit, lalu bersihkan. 

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak khasiat terutama vitamin E dan omega 3.  Kamu bisa buat masker rambut dari minyak zaitun, pisang, madu dan susu. Masker rambut ini dipercaya akan membantu rambut menjadi lurus secara alami.

10. Seledri

Daun seledri selain bisa dijadikan sop, dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pelurus rambut, caranya beberapa daun seledri di remas. Apabila sudah hancur, oleskan daun ke rambut secara merata.

Diamkan selama 30 menit lalu bilas rambut dengan sampo sampai bersih. Lakukan hal ini setiap pagi secara rutin agar rambut kalian tetap terjaga kelurusannya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.