Sukses

Berkaitan dengan Tujuan Hidup, Berikut Deretan Manfaat Bekerja Sesuai Passion

Simak deretan manfaat yang kamu dapatkan, jika kamu bekerja sesuai dengan passion.

Liputan6.com, Jakarta Dalam bekerja ada baiknya kita mengikuti passion yang dimiliki. Passion disini merujuk pada kegemaran, minat dan hobi. Jadi passion yang dimaksud adalah pekerjaaan yang sesuai dengan kesukaan kamu. 

Namun hal ini menjadi perdebatan dan dilema banyak orang, orang-orang memiliki pendapat berbeda ketika ditanya memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion atau bekerja karena gajihnya tinggi.

Banyak yang memilih untuk hidup realistis dan terjebak dengan kebutuhan yang mendesak sehingga memilih bekerja karena uang dan menganggap bahwa yang terpenting mendapatkan gaji tinggi serta mengesampingkan passionnya.

Sebagian juga, lebih memilih bekerja berdasarkan passion, apapun itu posisinya dan berapapun gajinya mereka tidak peduli karena menyalurkan hobi adalah yang terpenting menurut sebagian orang.

Lantas apakah bekerja asalkan mendapat uang merupakan hal ini baik jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, apakah kinerja kita akan produktif? Kanal Youtube TED beberapa waktu lalu, sempat menyinggung soal bekerja sesuai passion merupakan rahasia kesuksesan. Hal ini tentu menambah kebingungan kamu soal memilih pekerjaan.

Melansir laman University of Potomac, Selasa (18/10/2022), terdapat beberapa manfaat jika kamu memilih berkarier berdasarkan passion. Simak sampai tuntas, berikut ini manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu bekerja berdasarkan passion kamu.

Manfaat memilih karier yang kamu cintai

Keuntungan berkarier berdasarkan passion kamu bisa membuat kamu bahagia, karena kamu bekerja sesuai dengan minat kamu, walaupun kamu tidak akan bisa menghindari kesulitan yang pasti akan kamu hadapi.

Lebih lanjut, kamu tidak akan merasa terlalu tertekan. Kamu juga tidak akan terlalu banyak mengeluh, dan berusaha bertanggung jawab, karena pekerjaan yang kamu jalani merupakan pilihan kamu dan sesuai dengan hobi kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Karier

Jika pekerjaan yang kamu jalani sesuai dengan hobi kamu, pertumbuhan karier sangat memungkinkan terjadi. Kamu akan menjadi totalitas dan tidak hanya bekerja berdasarkan jam kerja, seperti bekerja hanya dari pukul 9 sampai pukul 5 sore, setelah itu kamu berhenti bekerja dan tidak memikirkan rencana pekerjaanmu kedepannya. 

Kelihatannya seperti hal kecil, tetapi hal ini memiliki peran penting dalam seberapa jauh kamu melangkah dalam karier. Oleh karena itu, kamu akan mencari cara yang lebih kreatif untuk melakukan pekerjaan dan melihat detail pekerjaan yang kamu tekuni. Hal ini tidak akan kamu miliki jika kamu tidak mencintai pekerjaanmu. 

Semangat Dalam Bekerja

Passion berhubungan langsung dengan produktivitas kerja. Jika kamu benar-benar bekerja sesuai passion kamu, kamu akan merasa puas dengan apa yang sudah kamu capai.

Hasil dari pekerjaanmu akan menjadi sesuatu yang kamu banggakan, dan itu otomatis akan menjadikan kamu semangat bekerja dan memiliki alasan untuk melakukannya secara terus menerus.  

3 dari 4 halaman

Motivasi

Mencintai apa yang Anda lakukan membawa motivasi karena didorong oleh keinginan kamu sendiri daripada keuntungan materi. Tidak jarang, dalam hidup kita menemukan diri kita kekurangan motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama kehilangan motivasi untuk bekerja. Akan tetapi, jika seseorang memberikan kita sesuatu yang kita sukai, itu akan membuat kita memiliki dorongan atau motivasi yang kuat untuk bekerja. 

Dalam laman University of Potomac, menyebutkan salah satu contoh seseorang yang memiliki motivasi besar saat bekerja sesuai passionnya. HuffPost menceritakan kisah Richard Weinberg, seorang pria yang menemukan bahwa menari salsa adalah passionnya, pada usia 49 tahun. Penemuan ini membuatnya berpartisipasi dalam berbagai kategori tari dan itu memberinya rasa memiliki tujuan dalam hidupnya.

Lebih Sehat

Seberapa banyak kamu menikmati pekerjaan kamu, ternyata memengaruhi kesehatan mental kamu, karena melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai setiap hari, pada akhirnya akan membuat kamu tidak sehat, kamu akan merasa terbebani dan merasa susah. Hal ini akan membuat kamu stress dan stress ini mempengaruhi kesehatan kamu. 

4 dari 4 halaman

Kesenangan di Lingkungan Kerja

Menurut sebuah penelitian, waktu yang dihabiskan untuk terlibat dalam passion, sangat berkontribusi untuk menurunkan stres dan memberikan kebahagiaan kepada kita. Pekerjaan kamu bahkan bisa menjadi semacam pelarian. Jika kamu benar benar mencintai pekerjaanmu, produktivitas kamu akan meningkat, karena fokus masalah kamu, akan teralihkan pada pekerjaan kamu.

Kesenangan di Lingkungan Kerja

Bukan rahasia lagi bahwa karier yang kamu sukai akan memberi kamu lingkungan kerja yang lebih menyenangkan. Kemungkinan rekan kerja kamu akan berpikiran sama, dan selain senang dalam urusan pekerjaan, kamu akan juga akan bersenang-senang selama berjam-jam berinteraksi dengan rekan kerja kamu. Bahkan, ada kenyamanan dalam menghabiskan waktu di tempat kerja yang sesuai dengan minat dan keinginan kamu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.