Sukses

Seberapa Sering Kita Harus Mencuci Jeans Agar Tetap Awet?

Berikut penjelasan seberapa sering Anda harus mencuci celana jeans Anda, agar tetap awet dan tak mudah pudar.

Liputan6.com, Jakarta - Celana jeans yang kuat dapat bertahan selama puluhan tahun jika Anda merawatnya, tetapi banyak orang tidak tahu cara mencuci denim mereka. Orang-orang menyadari bahwa mereka mencuci jeans mereka dengan tidak benar, dan itu menyebabkan kerusakan serius pada bahannya.

Mengutip dari laman The Sun, Jumat (14/10/2022) meskipun mungkin Anda tergoda untuk mencuci jeans Anda setelah dipakai demi kebersihan, para ahli yang diwawancarai oleh Reader's Digest merekomendasikan untuk tidak melakukannya.

Faktanya, frekuensi Anda mencuci jeans Anda dapat bervariasi tergantung di mana dan bagaimana Anda memakainya. Para ahli merekomendasikan cara untuk menentukan kapan saatnya mencuci jeans Anda, yang bisa kapan saja antara tiga hingga 10 kali pemakaian.

Pertama, periksa noda pada jeans Anda. Jika ada noda minyak yang berat atau lumpur yang menempel, inilah saatnya untuk mencucinya. Selanjutnya, lakukan pemeriksaan bau. Jika Anda tidak berkeringat dengan jeans Anda, dan jeans Anda tidak berbau, maka belum waktunya untuk mencucinya.

Begitu jeans Anda mulai berbau, inilah saatnya untuk membersihkannya, karena bau menandakan adanya bakteri dan itu adalah salah satu hal yang dapat menggerogoti serat katun denim.

"Denim adalah serat yang tahan lama, dan karena itu, denim tidak memerlukan banyak pencucian," kata Adam Taubenfligel salah satu pendiri perusahaan denim, Triarchy. Namun, ketika Anda mencuci jeans Anda, jenis yang Anda kenakan harus menentukan bagaimana Anda membersihkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Mencuci Jeans

Salah satu aspek lain yang harus diperhatikan adalah periksa labelnya untuk melihat apakah jeans Anda 100 persen katun, yang juga dikenal sebagai "denim kaku", atau memiliki bahan yang lentur.

"Denim kaku akan terbuka dan sedikit melonggar seiring dengan pemakaian," kata Sarah Ahmed, salah satu pendiri perusaan denim terkemuka, DL 1961t.

"Beberapa orang suka mencuci denim kaku mereka setelah beberapa kali pemakaian untuk mengencangkan tenunannya," tambahnya.

Tetapi denim stretch dibuat untuk mempertahankan bentuknya, jadi Anda tidak perlu sering-sering mencucinya. Selalu lakukan perawatan di tempat terlebih dahulu, dan tunda pencucian selama Anda bisa untuk mempertahankan warna dan strukturnya. Anda bahkan dapat menggunakan semprotan denim untuk membunuh bakteri dan lebih lama di antara pencucian.

Salah satu tips lainnya adalah Ketika akhirnya tiba waktunya untuk memasukkan jeans Anda ke dalam mesin cuci, balikkan bagian dalam ke luar untuk menjaga agar warna tidak luntur.

Kemudian, cuci dengan siklus lembut dengan deterjen lembut dan air dingin. Gunakan cara mencuci bilas kedua juga untuk memastikan tidak ada deterjen yang tertinggal di serat.

Setelah itu selesai, jeans Anda akan dikeringkan dengan udara adalah pilihan terbaik. Gantung di gantungan klip, atau gunakan rak untuk mengeringkan yang juga akan mencegah jeans menyusut.

Jika Anda perlu menggunakan pengering, gunakan panas serendah mungkin dan jangan pernah menambahkan lembaran pengering bahan kimia. Karena pengering dapat merusak struktur bahan dari celana jeans yang Anda miliki.

3 dari 4 halaman

Dampak Tidak Mencuci Celana Jeans

Di samping preferensi pribadi apakah ingin mencuci celana jeans atau tidak, ahli mikrobiologi mengatakan bahwa tidak mencuci denim Anda tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Faktanya, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Alberta menunjukkan bahwa bahkan setelah mengenakan jeans selama 15 bulan berturut-turut tanpa dicuci mempunyai jumlah bakterinya sangat rendah.

Saran dari beberapa produsen jeans besar adalah untuk mencoba memasukkan celana jeans Anda ke dalam freezer semalaman untuk membantu menyingkirkan bakteri.

Atau, berikan udara segar dengan membiarkannya di luar di bawah sinar matahari, atau dengan semprotan penetral. Anda bisa menggunakan cara tengah-tengah yaitu tetap mencuci celana jeans Anda namun dalam waktu yang jarang seperti sebulan sekali atau tiga minggu sekali. Hal ini dapat dilakukan untuk menjaga agar celana jeans Anda tetap bersih dan warna yang ada juga tidak memudar.

 

4 dari 4 halaman

Mengapa Jeans Mudah Memudar? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Pernahkah Anda melihat celana jeans dan menyadari bahwa warnanya memudar sejak Anda membelinya? Memudarnya warna jeans ternyata disebabkan oleh hubungan antara kapas dan indigo.  

Dikutip dari laman Heddels, Senin (3/10/2022), indigo adalah salah satu zat warna tertua yang dikenal manusia. Zat ini digunakan untuk memberi warna biru yang sudah digunakan selama 5.000 tahun.

Zat itu berasal dari tanaman indigofera tinctora alias "tanaman nila". Sebagian besar indigo yang ditemukan pada denim saat ini adalah hasil sintetis di laboratorium dan k,arenanya dikenal sebagai "nila murni".

Seperti minyak dan air, nila dan kapas pun tidak mau menempel satu sama lain. Anda tidak bisa begitu saja memasukkan nila ke dalam air dan berharap nila akan mewarnai apa pun yang Anda celupkan ke dalamnya.

Komposisi molekul nila cukup kaku dan stabil, sehingga tidak secara alami melekat pada serat kapas. Nila harus dipecah dalam level molekul dengan bahan aditif lainnya untuk membentuk rendaman pewarna, yang kemudian teroksidasi kembali menjadi nila yang kaku ketika terpapar cahaya dan oksigen.

Dibutuhkan sejumlah intensitas panas dan air yang tinggi, untuk membuat mereka terikat bersama dalam skala komersial. Namun, begitu nila melekat, nila akan kembali ke keadaan kaku dan menciptakan lapisan rapuh di bagian luar serat.

Kapas paling sering diwarnai ketika masih dalam bentuk benang dan sebelum ditenun menjadi kain. Umumnya, benang-benang yang membentang ke atas dan ke bawah (para ahli tekstil menyebutnya sebagai lungsin) diwarnai biru dalam nila dan benang yang membentang dari sisi ke sisi (alias benang pakan) dibiarkan alami. Oleh karena itu, jeans berwarna biru di bagian luar dan putih di bagian dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.