Sukses

6 Ide Sarapan untuk Bantu Hidup Lebih Lama dan Lebih Sehat

Berikut 6 ide sarapan sehat yang untuk hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini dunia mungkin lebih maju di berbagai bidang. Namun, lebih banyak tantangan dalam hal masalah kesehatan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menikmati umur panjang, fokus utama Anda adalah kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Tapi bagaimana Anda bisa mempertahankannya? Nah, ketika kakek-nenek kita masih muda, mereka percaya pada hal-hal sederhana. Mereka mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lokal dan makan lebih sedikit makanan olahan.

Mereka bahkan tidak perlu melakukan upaya mengikuti diet sehat untuk hidup yang lebih lama. Itu adalah cara hidup bagi mereka.

Hari ini, kebanyakan dari kita ingin hidup lebih lama tetapi kita tidak tahu bagaimana memulainya. Anda dapat memulainya dengan sarapan. Sarapan yang sehat dapat membuat perbedaan yang besar.

Melansir HealthShots pada Rabu (12/10), Food Science and Nutrition, Senior Consultant-Clinical Nutritionist, Motherhood Hospital, Bengaluru, Deepti Lokeshappa Msc menjelaskan bahwa makanan apa saja yang dapat Anda tambahkan dalam sarapan Anda untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Sarapan Sehat

Sarapan yang baik adalah awal yang baik untuk menjalani hari, tetapi beberapa orang tidak menganggap pentingnya sarapan.

"Sepiring yang baik di pagi hari tidak hanya akan membuat Anda kenyang selama berjam-jam, tetapi juga memberi Anda cukup serat, protein, lemak, dan nutrisi," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa Anda harus menghindari sarapan tidak sehat yang tinggi gula, karbohidrat, atau pengawet. Memang, memilih piring pagi yang tepat dapat membingungkan.

Berikut 6 ide sarapan sehat yang disarankan oleh Lokeshappa untuk hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

1. Telur

Telur enak, sehat, dan mudah dimasak. Namun, lebih dari itu, Anda tidak akan pernah bosan dengan resep-resep yang bisa Anda buat dengannya.

Anda bisa makan telur rebus di pagi hari jika Anda malas atau membuat telur dadar dan menyajikannya dengan roti panggang.

3 dari 4 halaman

2. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman karena lebih mudah dibuat dan sehat. Mereka juga merupakan sumber zat besi, vitamin B, mangan, magnesium, seng, dan selenium yang baik.

3. Salad sayuran

Salad untuk sarapan sedang menjadi tren karena berbagai alasan. Kombinasi daun hijau dan sayuran lainnya menyediakan semua vitamin esensial, lemak sehat dan protein dan dengan demikian, mereka adalah sumber serat makanan.

4. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh menjadi pilihan yang baik untuk sarapan karena tinggi serat dan karbohidrat kompleks, yang dicerna dengan lambat dan tidak menyebabkan lonjakan tiba-tiba pada kadar gula darah Anda.

Anda bisa membuat roti lapis dengan buah-buahan atau telur agar lebih enak.

4 dari 4 halaman

5. Buah-Buahan

Jika Anda tidak suka makan pagi, mulailah dengan buah-buahan. Ada banyak hal yang dapat Anda buat dengan buah-buahan pilihan Anda seperti salad buah atau smoothie. Untuk sarapan seimbang, Anda bahkan bisa memasangkannya dengan makanan berprotein atau berserat tinggi lainnya.

6. Puding biji chia

Ini adalah resep untuk berpergi jika Anda mencari sesuatu yang enak dan lebih mudah dibuat. Biji chia bahkan lebih bermanfaat jika Anda memakannya dengan makanan berprotein tinggi seperti yogurt, keju, protein shake.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.