Sukses

Seram Banget! Kasus-Kasus Menakutkan Idol Kpop Jadi Korban Sasaeng Fans

Sasaeng fans merupakan "penggemar" yang sangat terobsesi dengan kehidupan pribadi idolanya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang artis tentulah akan dikenal oleh banyak orang. Artis juga tidak terlepas dari namanya penggemar atau fans. Mereka tidak dapat terpisahkan, penggemar bisa menjadi pendukung artis tersebut dalam berbagai aspek, contohnya voting penghargaan untuk idolanya.

Begitu pun idol KPop yang terkenal dengan fandom atau klub penggemarnya. Kemeriahan dan antusiasmenya begitu terkenal hingga para penggemar itu rela melakukan apa saja untuk mendukung idolanya.

Di tengah gegap gempita dunia hiburan Korea Selatan itu, ada bayangan gelap di baliknya. Beberapa KPop idol kerap mendapatkan perlakuan tidak senonoh dari penggemarnya.

Entah dapat dikatakan sebagai penggemar atau tidak, sasaeng fans dikenal sebagai “penggemar” yang sangat terobsesi mengetahui kehidupan pribadi idolanya. Mereka tidak ragu melakukan tindakan agar mencuri perhatian idolanya, bahkan hal ekstrim sekali pun.

Dilansir Cosmo.ph, Rabu (12/10/2022), sasaeng merupakan istilah yang diartikan sebagai private live atau kehidupan pribadi. Para sasaeng ini giat menginvasi privasi idolanya. Para sasaeng menggali kehidupan pribadi idolanya karena ingin diakui.

Para sasaeng ini begitu bangga jika mereka dikenang oleh sang idola, meski dikenal karena hal yang tidak menyenangkan. Sasaeng kerap memiliki foto paspor idola mereka, nomor ponsel mereka, dan bahkan nomor ponsel anggota keluarga idola mereka.

Kasus-kasus tentang aksi sasaeng ini begitu meresahkan. Nama-nama artis besar Korea Selatan pernah menjadi korban dari aksi barbar mereka.

Dilansir GirlStyle Singapore, Rabu (12/10/2022), terdapat kasus-kasus yang dialami oleh beberapa idola Kpop yang diakibatkan oleh sasaeng fans. Berikut ini 5 kasus menakutkan idol KPop yang menjadi korban sasaeng fans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kasus Mobbing BTS

BTS sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Dalam momen tersebut, para penggemar bakal berkumpul di bandara untuk menyambut sang idola.

Suatu insiden menegangkan pernah terjadi di bandara ketika ada kedatangan BTS. Sekumpulan penggemar BTS mengejar dengan bringas salah satu anggota yaitu Jimin.

Anggota kelahiran 13 Oktober 1995 ini sampai terjatuh karena fans menyulitkannya berjalan. Selain itu, seorang penggemar tertangkap kamera di bandara mencoba menyerang V sebelum dihentikan oleh petugas keamanan.

2. Percobaan Penculikan Kim Taeyeon

Selama pertunjukan Run Devil Run SNSD di Angel Price Music Festival, seorang pria masuk dari belakang panggung dan menarik Taeyeon keluar dari panggung. Terlihat para anggota lainnya yang khawatir dan mengikuti member tertua di SNSD itu.

Untungnya, pria tersebut ditahan oleh pihak keamanan dan polisi. Taeyeon kembali ke panggung untuk terus tampil meskipun ada insiden menakutkan dan netizen memujinya karena profesionalismenya.

3 dari 4 halaman

3. Percobaan Penculikan EXO

Sasaeng pernah menyewa sebuah van yang mirip dengan van EXO dan memarkirnya di tempat van boygroup itu biasanya berada. Ketika  EXO selesai perform, para member sampai salah hendak memasuki van tersebut.

Untungnya, manajer mereka menyadari ada sesuatu yang salah dan menghentikan mereka. Manajer EXO itu mencurigai van di tempat parkiran itu.

4. Insiden Mobil Jackson GOT7

Pada 2016, JYP Entertainment mengungkap bahwa Jackson GOT7 terlibat dalam kecelakaan mobil saat dalam perjalanan ke bandara di Tiongkok. Mereka juga menyatakan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh penggemar yang mengejarnya dengan mobil hingga menimbulkan situasi berbahaya.

“Halo, ini JYP Entertainment. Di jalan menuju ke bandara pagi tadi, Jackson GOT7 terluka karena kecelakaan mobil gara-gara diikuti fans yang juga mengendarai mobil. Jackson langsung dibawa ke rumah sakit langsung setelah sampa di tujuan, dan sedang menjalani pemeriksaan," kata manajemen JYP Entertainment. 

"Stalking mobil artis sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan yang serius, tak hanya berefek pada artis, tetapi juga kalian sendiri dan orang-orang di sekitar kalian. Karena hal ini sangat berbahaya pada keselamatan kalian dan orang lain, kami dengan sungguh meminta paa fans untuk tidak terlibat dengan situasi ini dan membahayakan publik. Terima kasih," ungkap JYP Entertainment dikutip dari KapanLagi, Rabu (12/10/2022).

4 dari 4 halaman

5. Surat Berdarah Taecyeon

Insiden terkenal yang pernah terjadi karena sasaeng salah satunya pernah dialami Tacyeon 2PM. Pemain Vincenzo ini mendapat surat menyeramkan dari seorang penggemar yang ditulis dengan darah.

"Taecyeon, kamu tidak bisa hidup tanpaku," tulis orang itu di atas kertas.

Kemudian, penggemar tersebut mengklaim bahwa dia telah menulis surat itu menggunakan darah menstruasinya. Bahkan dengan banyaknya insiden yang terjadi, perusahaan hiburan tampaknya enggan untuk menindak sasaeng itu.

Para idola sendiri sering memilih untuk tidak mengajukan tuntutan terhadap penggemar sasaeng. Bahkan, beberapanya terus mengakui mereka sebagai penggemar daripada sebagai penguntit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.