Sukses

Viral di Twitter, Ini 5 Fakta Menarik Mengenai Keindahan Banda Neira

Banda Neira yang berada di Provinsi Maluku wajib dikunjungi karena memiliki pemandangan alam yang begitu indah

Liputan6.com, Jakarta - Banda Neira sedang menjadi trending topic di Twitter, setelah seorang warganet membagikan potret dan pengalaman menyenangkannya saat berada di Banda Neira, Maluku. Kali ini kita akan membahas fakta-fakta unik mengenai Banda Neira. Namun sebelum masuk ke fakta-fakta unik kita akan menjelaskan, apa sih Banda Neira itu?

Sebagai negara kepulauan tentunya Indonesia memiliki banyak spot indah yang layak untuk dikunjungi. Apalagi sebagai seorang traveler tentunya untuk bisa menginjakkan kaki di berbagai tempat indah di Indonesia merupakan sebuah pencapaian yang memuaskan bukan. Nah, ada nih guys satu tempat indah yang memiliki nilai dan sejarah yang cukup tinggi, yaitu Banda Neira.

Terletak di Kepulauan Maluku, tentunya keindahan atau panorama yang indah merupakan sebuah hal yang akan selalu menemani waktu kamu di sana. Tak hanya itu, kawasan tersebut juga mempunyai perpaduan alam yang menciptakan sebuah suasana yang indah serta memukau. Tak heran apabila banyak wisatawan atau pelancong dari dalam maupun luar negeri yang berbondong-bondong untuk berwisata ke kawasan ini.

Banda Neira merupakan sebuah kepulauan yang memiliki kecantikan tak pernah habis. Pulau ini punya laut biru yang indah sekali. Selain itu, banyak kalangan menyebut Banda Neira adalah salah satu spot snorkling terbaik di Indonesia bahkan dunia. Hal ini karena Banda Neira mempunyai kecantikan bukan hanya terletak di luarnya saja, tapi juga di dasar-dasar lautnya. 

Dasar laut Banda Neira banyak menyimpan terumbu karang dan ikan-ikan yang semakin menambah keindahan pulau ini. Bukan cuma laut biru yang selalu memanjakan mata, Banda Neira juga punya gunung api Banda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulau Penghasil Rempah

Gunung Api Banda merupakan sebuah gunung yang berdiri gagah dan berada diatas sebuah danau. Gunung ini memiliki ketinggian 640 meter dan keindahannya seolah memanggil-manggil orang untuk menjajakkan kaki ke pulau ini. 

Selain dari keindahan alamnya, Banda Neira juga merupakan penghasil rempah-rempah dan terdapat beberapa bangunan bersejarah yang patut untuk kalian ketahui.

Berikut ini fakta-fakta unik Banda Neira yang harus kalian ketahui, seperti dilansir aquaexpeditions.com:

1. Pulau Penghasil Rempah.

Banda Neira adalah salah satu pulau di Indonesia yang menghasilkan rempah seperti cengkih dan pala terbaik di dunia, hingga menjadi rebutan bangsa Inggris dan Belanda pada zaman kolonial.

Biji pala memang menjadi sebuah tanaman yang mahal pada masanya karena langka. Bahkan buah ini juga mendapat julukan sebagai buah emas, karena untuk mendapatkan pala pada waktu itu, seseorang harus membelinya dengan harga setara dengan emas.

Hingga saat ini, buah dari tumbuhan bernama latin Myristica fragans ini masih tetap menjadi komoditas utama Banda Neira, meski potensi dan gerak ekonominya tidak seperti dulu pada saat diperebutkan oleh bangsa-bangsa Eropa. 

3 dari 4 halaman

Lokasi Pengasingan dan Memiliki Benteng

2. Lokasi Pengasingan Bung Hatta

Bung Hatta pernah diasingkan oleh Belanda di Banda Neira pada 11 Februari 1936. Pengasingan ini tak hanya diterima oleh Bung Hatta, tetapi juga Sutan Syahrir dan Dr. Cipto Mangunkusumo.

Sebelum di Banda Neira, Bung Hatta pernah diasingkan di Boven Digoel, Papua, pada 1935 selama satu tahun. Kemudian ia dipindah ke Banda Neira.

3. Benteng Belgica dan Benteng Nassau

Selain rumah tempat pengasingan tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia, di Banda Neira juga terdapat sebuah benteng yang berdiri megah, yaitu Benteng Belgica. Benteng yang terlihat sangat kokoh tersebut merupakan peninggalan negara-negara Eropa pada jaman dahulu.

Benteng yang bergaya kastil-kastil Eropa ini memang akan cocok sekali untuk menjadi destinasi kalian pada saat liburan atau waktu senggang di Banda Neira. Selain Benteng Belgica, kalian juga bisa mengunjungi Benteng Nassau yang terletak di Pulau Neira yang juga memiliki desain  keren.

Kedua benteng ini merupakan tempat di mana kalian bisa memperoleh sebuah hasil foto yang memuaskan, oleh sebab itu buat kalian yang memiliki hobi fotografi, tentunya mengabadikan momen di kawasan ini merupakan hal yang cukup penting dan tak boleh ketinggalan yaa guys.

4 dari 4 halaman

Sempat Ingin Ditukar Wilayah

4. Diabadikan di Uang Kertas.

Banda Neira  ternyata juga pernah diabadikan dalam uang kertas lho! Berkat keindahan alamnya yang memukau, Banda Neira diabadikaan dalam pecahan uang kertas Rp 1.000, emisi 2016. Pada pecahan uang kertas ini, Banda Neira terletak pada bagian belakang bersama dengan gambar Tari Tifa dan Bunga Anggrek Larat yang juga menjadi indentitas dari wilayah Maluku. 

5. Banda Neira Sempat akan Ditukar melalui Traktat Pertukaran Wilayah

Perang yang berlangsung antara Inggris dan Belanda kala itu akhirnya sempat berakhir. Keduanya menyepakati Traktat Breda yang dibuat pada 31 Juli 1667.

Salah satu klausa dalam Traktat tersebut yakni bahwa Inggris harus pindah dari Pulau Run, Kepulauan Banda. Pasalnya, pulau ini akan menjadi milik Belanda.

Belanda pun tak asal mengusir. Belanda memberikan Nieuw Amsterdam di Amerika Utara. Niew Amsterdam saat ini menjadi kota bisnis terbesar di dunia, Manhattan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.