Sukses

5 Grup Kpop yang Tampil Kece dengan Hanbok Modern

Setiap grup Kpop memberikan dampak yang besar dalam menyebarkan budaya Korea Selatan, khususnya di dunia fashion.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap grup Kpop memberikan dampak yang besar dalam menyebarkan budaya Korea Selatan, khususnya di dunia fashion.

Penyebaran ini dapat dilihat dari beberapa boy group dan girl group asal Negeri Ginseng yang menggunakan pakaian hanbok saat perform.

Hanbok merupakan pakaian tradisional Korea yang muncul sejak Dinasti Joseon. Pakaian ini umumnya digunakan masyarakat Korea untuk beberapa acara, seperti acara pernikahan dan perayaan hari Chuseok.

Seiring perkembangan masa, banyak desainer mulai mengembangkan desain pakaian hanbok. Mereka memodifikasi pilihan warna dan corak hanbok, menjadi lebih modern juga fashionable.

Beberapa tahun terakhir, beberapa boy group dan girl group mulai menggunakan hanbok modern sebagai konsep dalam music video-nya.

Penggunaan hanbok yang sudah dimodernisasi juga membuat penampilan mereka tampak unik dan berkarakter, tanpa khawatir akan terbatasnya pergerakan selama menampilkan lagu.

Dari beberapa grup K-Pop, kelima boy group ini sukses membawakan pakaian tradisional hanbok, dalam setiap penampilannya di atas panggung. 

1. BTS

Salah satu performance BTS yang menarik perhatian adalah ketika menampilkan lagu "IDOL" dalam acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

Tampil di Istana Gyeongbok, grup yang dikepalai oleh RM ini tampil dengan mencampurkan budaya tradisional dan modern Korea.

Hanbok modern ini juga dikenakan BTS dalam MV lagu "IDOL" dan mengombinasikannya dengan dominasi warna kuning, mendukung musik yang cerah dan energetik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Stray Kids

Stray Kids juga merupakan boy group yang sering membawakan unsur tradisional Korea ke dalam setiap title track-nya.

Dalam MV "Back Door," grup yang dibentuk oleh Bang Chan ini tampil dengan hanbok modern dengan kombinasi warna merah-hitam dan detil corak putih dan emas.

Namun, penggunaan hanbok modern tidak berhenti sampai di sini. Perilisan lagu comeback selanjutnya, yaitu "Thunderous" mereka kembali mengenakan hanbok sebagai salah satu konsep utama dalam Music Video-nya.

Ketika penampilannya di atas panggung, grup ini juga membawakan lagu "Thunderous" dengan beberapa model dan warna hanbok yang berbeda.

3 dari 5 halaman

3. SuperM

SuperM tampil dengan pakaian hanbok yang sudah dimodernisasi dalam single mereka yang bertajuk "Tiger Inside."

Unsur-unsur budaya Korea juga ditunjukkan melalui logo single tersebut, berupa judul lagu yang ditulis dalam huruf hangul.

Grup unit asal SM Entertainment ini memiliki tujuh orang member dari boy group berbeda, yaitu Taemin Shinee, Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark Lee NCT 127, serta Ten dan Lucas dari WayV. 

Dengan hanbok berwarna hitam-emas, SuperM sukses membuat pakaian tradisional Korea ini menjadi lebih dikenal masyarakat luas.

4 dari 5 halaman

4. ONEUS

ONEUS mengadopsi pakaian hanbok modern ke dalam Music Video-nya yang bertajuk "LUNA".

ONEUS mencampurkan instrumen tradisional suling, dengan music synth pop bass yang menonjolkan emosi lagu.

Dalam MV title track dari mini album "Blood Moon" tersebut, ONEUS mengenakan pakaian hanbok berwarna hitam dan silver, dengan detil pola keemasan.

Koreografi dari lagu ini juga tidak ketinggalan membawakan unsur tradisional, yaitu memanfaatkan jeobseon atau kipas kertas yang dilipat.

5 dari 5 halaman

5. KINGDOM

Melalui lagu "Ascension," KINGDOM menggunakan hanbok sebagai konsep pakaian selama penampilannya di acara musik televisi Korea.

Tidak hanya itu, "Ascension" juga menjadi sebuah lagu yang mengombinasikan genre pop dengan musik tradisional Korea. Iringan instrumental tradisional seperti haegeum, daegeum, gayageum, dan piri membuat lagu ini terdengar harmonis dan klasik

KINGDOM merupakan boy group K-Pop generasi keempat, yang debut pada Februari 2021. Melalui wawancaranya di Yonhap News Agency, mereka mengungkapkan akan keinginannya untuk memperkenalkan kecantikan pakaian hanbok dan budaya Korea lainnya kepada dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini