Sukses

Profil Top 3 YouTuber Gadget di Indonesia, Siapa Aja?

YouTuber merupakan salah satu profesi di abad ke 21 ini, salah satu bidang di YouTube adalah review gadget atau teknologi baru. Siapa saja tiga YouTuber Gadget top 3 di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - YouTube kini jadi salah satu platform dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Data We Are Social mencatat, Indonesia termasuk negara yang penduduknya paling banyak mengakses YouTube. Tercatat, jumlah pengguna aktif YouTube di Indonesia mencapai 150 juta orang. 

Sementara itu, laman Data Reportal mengungkap, pembaruan pada Google Ads menunjukkan bahwa YouTube memiliki 139 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini berarti, jangkauan iklan YouTube tahun 2022 mencapai sekitar  50 persen total penduduk Indonesia di awal tahun.

Sebagai gambaran, iklan YouTube mencapai 67,9 persen dari total basis pengguna internet Indonesia, tanpa memandang usia, pada Januari 2022. Saat itu, 46,9 persen penonton iklan YouTube di Indonesia adalah perempuan, sedangkan 53,1 persen adalah laki-laki.

Data-data di atas memperlihatkan bahwa YouTube memiliki potensi pasar yang cukup besar untuk memberikan suatu penghasilan, sehingga profesi YouTuber dinilai cukup menjanjikan. 

Beberapa bidang dari platform YouTube terdiri dari otomotif, seni, musik, makanan, serta teknologi. Tidak sedikit reviewer gadget yang berkecimpung di dunia YouTube hingga memiliki banyak subscriber dan penonton. Para YouTuber yang me-review gadget atau produk teknologi ini berupaya menyajikan video penilaian seputar teknologi dan gadget yang baru bahkan lama.

Ulasan tentang gadget tersebut biasa dijumpai membahas tentang smartphone, kamera, TV, laptop, aksesori gaming, drone, gadget unik, dan sebagainya. 

Di kalangan YouTuber gadget dan tech reviewer, beberapa nama yang paling terkenal dalam reviewer gadget ini. Berdasarkan data Social Blade, posisi pertama dipegang oleh David dengan kanal GadgetIn yang kini memiliki 9,93 juta subscribers.

Posisi kedua dipegang oleh Dhiarcom dengan pencapaian 2,2 juta subscribers. Posisi ketiga dipegang oleh Pricebook dengan pencapaian 1,66 juta subscribers. 

Berikut profil serta kekayaan dari Top 3 YouTuber Gadget dengan subscriber terbanyak di Indonesia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. GadgetIn

David GadgetIn merupakan YouTuber gadget no.1 di Indonesia. Ia berasal dari Palembang. David mengenyam pendidikan dari universitas swasta ternama di Indonesia, Universitas Bina Nusantara (BINUS) jurusan Desain, Komunikasi, Visual (DKV). 

YouTuber ini pertama kali mengunggah videonya di YouTube pada Desember 2014 yang berjudul "Indonesia Review Xiaomi Mi3". Beberapa tahun berlalu, kini David sukses menjadi YouTuber teknologi terkemuka di Indonesia dengan subscribers mencapai 9,93 juta, per Selasa (11/9/2022). 

Selain itu, data Social Blade mengungkap, David bisa menghasilkan Rp 176 juta hingga Rp 2,8 miliar per bulannya. Angka tersebut belum termasuk dari endorse produk gadget yang diulas David di setiap videonya.

Misalnya produk dari Samsung, Xiaomi, Apple, hingga Asus. Jika ditaksir, nilai endorse tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan lebih. 

David juga bekerja sama bersama beberapa perusahaan besar yang mengiklankan produknya di kanal Gadgetin. Misalnya, perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia. 

3 dari 4 halaman

2. Dhiarcom

Posisi kedua diduduki oleh YouTuber bernama Dhiarcom. Dhiar, sang pemilik kanal, mengulas semua jenis gadget.Gadget yang diulas mulai dari laptop, ponsel, kamera, konsol gim, hingga drone.

Dhiar juga banyak mengulas merek-merek terkenal, seperti ROG, Samsung, Xiaomi, dan masih banyak lagi.

Ia pertama kali memulai karirnya menjadi seorang YouTuber sejak 2014. Selain ulasan, Dhiar juga kerap membagikan tips bermanfaat tentang penggunaan dan perawatan gadget.

Adapun hal yang menarik bagi penontonnya, Dhiarcom memberi penjelasan yang sangat rinci tentang produk yang diulasnya. Selain kanal YouTube, Dhiar juga mempunyai akun TikTok. Saking aktifnya di TikTok, akunnya masuk dalam nominasi TikTok Award 2020. 

Dilansir Social Blade Dhiarcom memiliki 2,2 juta subscribers di platform YouTube. Jika ditaksir, Dhiarcom kini memiliki penghasilan Rp 115 juta hingga Rp 1,8 miliar per tahun. 

4 dari 4 halaman

3. Sobat Hape (Mouldie Satria)

Mouldie Satria Eka Putra (30), pemilik akun YouTube SobatHAPE ini mengaku membuat konten di YouTube sudah dilakoninya sejak 2012. Awalnya pria lulusan Teknik Lingkungan ini sempat bekerja kantoran disebuah perusahan kontraktor dan startup. Mulanya, membuat video review gadget hanya ditekuninya di waktu luang. Namun kini, Mouldie aktif membuat konten sebagai pekerjaan utamanya. 

Yang membuat kanal SobatHAPE ini unik adalah bagaimana Mouldie menambahkan humor ke dalam review gadget-nya, membuatnya mendapatkan lebih banyak interaksi dari penontonnya. Dalam salah satu videonya, ia mengulas Xiaomi Redmibook 15 menggunakan konsep perjalanan waktu.

Dilansir Social Blade, SobatHAPE tercatat memiliki 1,03 juta subscribers di YouTube. YouTuber teknologi ini memiliki penghasilan rata-rata per tahun mulai dari Rp 86 juta hingga Rp 1,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini