Sukses

Resep Masker Wajah Berbagai Varian, Wujudkan Kulit Glowing dari Rumah

Wajah menjadi salah satu bagian tubuh dari seseorang yang cukup penting untuk diperhatikan dan tetap terus dijaga. Salah satu caranya dengan menggunakan masker wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Wajah menjadi salah satu bagian tubuh dari seseorang yang cukup penting untuk diperhatikan dan tetap terus dijaga. Salah satu caranya dengan menggunakan masker wajah.

Banyak manfaat yang diberikan ketika seseorang rutin melakukan perawatan wajah dengan masker. Di samping itu, masker wajah juga bermanfaat untuk menghilangkan minyak berlebih serta membantu menghilangkan penumpukan kotoran.

Dikutip dari laman Times of India, sebagian besar masker wajah perlu digunakan sekitar sekali atau dua kali dalam seminggu. Namun, beberapa jenis kulit mungkin sanggup untuk mendapat perawatan masker wajah dengan lebih sering.

Untuk kulit kering, bisa gunakan masker wajah yang lembut dan menghindrasi hanya sekitar 1 sampai 2 kali minggu. Jika kulit Anda termasuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, bisa gunakan masker wajah sekali atau dua kali seminggu.

Lalu jika memiliki kulit sensitif, Anda harus ekstra hati-hati dengan perawatan masker wajah. Pilihlah masker yang dapat menghidrasi dan dapat digunakan setiap hari atau tiga kali seminggu. Selain itu, jauhi penutup wajah yang mengandung senyawa sintesis dan aroma buatan.

Namun sebelumnya, ada beberapa langkah penting untuk sukses membuat masker wajah buatan sendiri. Pertama, selalu aplikasikan masker pada wajah yang bersih.

Memastikan untuk menghilangkan kotoran dan make-up di wajah sebelum mengaplikasikan masker. Selain itu, setelah masker, ada baiknya menggunakan toner untuk menutup pori-pori, kemudian melembabkan.

Kedua, ketika menggunakan bahan-bahan di rumah, periksa tanggal penggunaannya. Sama seperti tidak akan memakan makanan yang kadaluarsa, hal itu berlaku juga untuk meletakkannya di wajah. Terakhir, buat masker Anda segar setiap saat.

Melansir laman TheTrendSpotter Senin, (10/10/22) Berikut resep sempurna untuk aplikasi masker wajah:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masker untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif

1. Masker Wajah Kunyit untuk Kulit Rawan Jerawat

Kulit berjerawat membutuhkan perawatan ekstra. Penumpukan minyak, sel kulit mati dan bakteri yang menyumbat pori-pori menyebabkan jerawat.

Jerawat ini dapat menyebabkan peradangan dan ketidaknyamanan. Dengan demikian, masker wajah rumahan yang menenangkan dan anti bakteri sangat cocok. Kunyit merupakan anti inflamasi alami, sedangkan madu bersifat antibakteri, antimikroba, dan dapat membantu penyembuhan kulit.

Hal-hal yang dibutuhkan :

Setengah sendok teh kunyit (bubuk atau pasta

Satu sendok makan madu

Instruksi :

Campur kunyit dan madu menjadi pasta halus.

Oleskan ke wajah Anda dengan jari atau kuas, dan biarkan selama 10-15 menit.

Bilas dengan air hangat dan waslap. 

 

2. Masker Wajah Madu untuk Kulit Sensitif

Sama halnya dengan kulit berjerawat, kulit sensitif juga membutuhkan perhatian ekstra. Masker ini mengandung madu untuk sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan menenangkan.

Teh hijau dalam bentuk matcha mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas. Namun, pastikan bubuk yang di gunakan adalah teh hijau murni dan tidak mengandung pemanis atau aditif apa pun.

Jika tidak memiliki bubuk matcha, bisa menggunakan daun teh hijau sebagai alternatif. Akhirnya, minyak memastikan kulit tidak mengering. Jika kulit sangat sensitif, mungkin ada baiknya untuk melakukan tes tempel sebelum melakukan ke seluruh wajah.

Hal-hal yang dibutuhkan :

Satu sendok teh bubuk matcha

Satu sendok makan madu

Satu sendok teh almond manis atau minyak jojoba

Instruksi :

Campur matcha, madu, dan minyak menjadi pasta halus.

Oleskan ke wajah Anda dengan jari atau kuas, dan biarkan selama 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan waslap.

 

3 dari 5 halaman

Masker untuk Kulit Kering dan Berminyak

3. Masker Wajah Alpukat untuk Kulit Kering

Masker kulit kering perlu dikemas dalam kelembaban bergizi sebanyak mungkin. Alpukat, selain enak, juga kaya akan lemak baik.

Menggabungkan ini dengan antioksidan dalam madu, serta minyak alami dalam almond, akan memberi kulit kelembapan yang dibutuhkannya. Kacang almond juga memiliki bonus bertindak sebagai exfoliant lembut, menggosok kulit mati dan kotoran.

Hal-hal yang dibutuhkan :

Seperempat alpukat, dihaluskan

Dua sendok makan madu

Dua sendok makan almond yang digiling halus

Instruksi :

Campurkan alpukat, madu, dan almond bubuk menjadi pasta halus. Semakin halus Anda dapat menumbuk alpukat, semakin mudah untuk menyebar di kulit Anda.

Oleskan ke wajah Anda dengan jari-jari Anda, dan biarkan selama 15-20 menit.

Bilas dengan air hangat dan waslap.

 

4. Masker Pisang untuk Kulit Berminyak

Pisang lebih dari sekadar tongkat energi alam. Penuh dengan potasium, serat, antioksidan, dan silika. Dikombinasikan dengan vitamin B6 dan vitamin C, keduanya bagus untuk kulit.

Pisang dalam masker wajah ini akan membantu menyerap minyak berlebih, sementara jus lemon membersihkan. Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi menggunakan minyak dalam masker untuk kulit berminyak.

Namun, minyak zaitun extra virgin akan menambah kelembapan. Kulit yang rentan terhadap produksi minyak berlebih akan menghasilkan lebih banyak minyak jika wajah terlalu kering, memperburuk masalah. Itulah mengapa tetap penting untuk melembabkan kulit berminyak.

Hal-hal yang dibutuhkan :

Satu pisang, dihaluskan

10 tetes jus lemon

Satu sendok teh minyak zaitun extra virgin

Instruksi :

Campur pisang, jus lemon, dan minyak zaitun menjadi pasta halus. Mirip dengan alpukat pada masker di atas, semakin halus Anda bisa menumbuk pisang, semakin mudah untuk menyebar di kulit Anda.

Oleskan ke wajah dengan jari-jari, dan biarkan selama 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan waslap.

 

 

4 dari 5 halaman

Masker untuk Kulit Terkelupas dan Komedo

5. Masker Lidah Buaya untuk Kulit Terkelupas

Lidah buaya adalah pembangkit tenaga dalam hal mengobati penyakit kulit. Dikemas penuh dengan vitamin A dan C, antioksidan, dan enzim, sangat bagus untuk kulit kering dan bersisik. Enzim membantu pengelupasan kulit dengan cara yang sangat lembut, dan sifat anti-inflamasi menenangkan iritasi. Dikombinasikan dengan pisang dan minyak almond, memiliki masker yang akan mendinginkan, menenangkan, dan menghaluskan.

Hal-hal yang dibutuhkan :

Satu pisang, dihaluskan

Dua sendok makan gel lidah buaya

Tiga sendok teh minyak almond

Instruksi :

Campur pisang dan lidah buaya menjadi pasta halus, lalu tambahkan minyak almond. Sekali lagi, semakin halus pisang yang dihaluskan, semakin mudah pengerjaannya.

Oleskan ke wajah Anda dengan jari-jari Anda, dan biarkan selama 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan waslap.

 

6. Masker Wajah untuk Komedo

Arang aktif memiliki banyak manfaat, termasuk bertindak sebagai zat penarik untuk menarik kotoran dan kotoran dari pori-pori. Karena itu, sangat bagus untuk digunakan dalam masker komedo. Komedo adalah pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, atau bakteri.

Mereka hitam karena pori-pori tetap terbuka, dan semua kotoran itu mulai teroksidasi. Masker ini akan mengering, dan ketika hendak mengupasnya, arang akan menarik semua komedo, dan mereka akan terlepas dari masker. Dijamin jorok, tapi memuaskan.

Hal-hal yang dibutuhkan :

Dua sendok teh agar-agar tanpa rasa

Dua sendok makan air

Enam kapsul arang aktif

Instruksi :

Buka dan kosongkan kapsul arang ke dalam mangkuk kecil.

Campur gelatin, air, dan bubuk arang menjadi pasta halus.

Oleskan campuran ke zona-t saja, dan tunggu sampai mengering. Berhati-hatilah agar tidak mengenai alis Anda; jika tidak, Anda mungkin akan mendapatkan wax yang tidak terduga.

Setelah masker kering, kupas perlahan dan buang ke tempat sampah.

Anda dapat menghilangkan sisa-sisa masker dengan kain lap yang lembut dan lembap.

 

5 dari 5 halaman

Masker untuk Melembabkan

7. Masker Wajah Melembabkan

Masker wajah ini adalah salah satu yang menggunakan kombinasi kekuatan alpukat dan madu tetapi juga dilengkapi oat. Sekali lagi alpukat penuh dengan lemak baik, sementara madu bersifat menyembuhkan, antibakteri, dan juga humektan, memungkinkan kulit mempertahankan kelembapan.

Manfaat tambahan oat ada tiga. Pertama, mereka sangat melembabkan, dengan pati, gula, dan minyak dalam biji-bijian yang bertindak sebagai humektan.

Kedua, mereka sangat menyerap, memungkinkan mereka mengeluarkan minyak berlebih. Akhirnya, mereka mengandung senyawa yang disebut avenanthramides, yang bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Hal-hal yang dibutuhkan :

Setengah alpukat, dihaluskan

Satu sendok makan madu

Segenggam oat

Instruksi :

Campurkan alpukat, madu, dan oat menjadi pasta.

Oleskan ke wajah Anda dengan jari-jari Anda, dan biarkan selama 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan waslap.

 

8. Masker Wajah Peel Off Arang

Masker peel-off sangat bagus untuk mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari wajah.

Cara kerjanya adalah dengan menarik semua kotoran dan minyak keluar, yang kemudian menempel di masker saat mengeras dan mengering. Masker khusus ini mengandung bahan yang mengejutkan — lem.

Ini adalah bahan umum dalam masker wajah peel-off DIY untuk bertindak sebagai komponen yang menempel dan mengeringkan.

Manfaat lem, daripada perekat yang berbeda seperti agar-agar atau putih telur, adalah bahwa lem harus terkelupas dalam satu lembaran halus.

Pastikan Anda menggunakan lem yang lembut dan tidak beracun seperti PVA. Masker ini juga mengandung bubuk kekuatan, arang. Seperti disebutkan di atas, arang bertindak sebagai agen penarik untuk menarik keluar yang jahat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.