Sukses

Tuai Pro dan Kontra, Sikap Farel Prayoga Saat Ditanya Agamanya Apa?

Farel Prayoga penyanyi cilik yang sukses menjadi perhatian publik sejak tampil di HUT ke-77-RI di Istana Merdeka. Farrel dalam tanggapannya dalam menjawab pertanyaan Gus Miftah mengatakan hal itu privasi.

Liputan6.com, Jakarta Farel Prayoga, bocah yang kerap dipanggil farel muncul ke ranah panggung seni musik Indonesia mencuri perhatian masyarakat ,atensi itu tidak terlepas termasuk agama yang dianutnya.

Farel yang ditanya oleh Gus Miftah bisa ngaji atau tidak, dan membisikan ke telinga Gus Miftah tentang agamanya, Farel pun menjawab privasi.

"Mohon izin Abah, info dari panitia, Mas Farel nonmuslim'. Oh kamu nonmuslim tah Le? Oh, wis rapopo. Mangkat neng gerejo (enggak apa-apa, berangkat ke gereja). Agamamu opo? Kristen, Katolik?" kata Gus Miftah sambil membacakan isi kertas tersebut

"Mbuh (enggak tahu). Enggaklah, privasi," kata Farel.

Kendati demikian, apa yang dikatakan Farel tersebut menuai polemik di sosial media. Cuitan dari Tsamara Amany selaku Politikus dari PSI mengapresiasi tanggapan Farel tentang agamanya.

Menurut Tsamara Amany Farel anak kecil yang luar biasa dan sudah berpola pikir dewasa.

“Farel ketika ditanya apa agamanya; jawabnya enggaklah, privasi. Luar biasa banget anak ini. Masih kecil, tapi cara berpikirnya sudah sangat dewasa. Sudah memahami bahwa agama seseorang & cara beribadah adalah hal yang sangat privat antara manusia & Tuhannya.” Tulis Tsamara di Akun Twitternya ,Jumat(7/10/2022)

Adapun orang yang bilang Farel hanya takut kehilangan fansnya, sejatinya Fans Farel mayoritas muslim.

“Konteksnya saat Farel ditanya sama si gus... dimuka umum saat acara yg penontonnya Muslim ,Menurutku dia cuma TAKUT KEHILANGAN fans muslim karena dia cuma fasih nyanyi shalawatan ,Justru kalau diterus terang agamanya Kristen mlh banyk yg salut dari orang muslim.” Tulis Tweet @dipanegara_

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klarifikasi Gus Miftah yang Mengintervensi Agama Farel

Gus miftah mengklarifikasi atas adanya tuduhan ia mengintervensi agama Farel. Hal tersebut disampaikan di laman Instagram pribadinya gus Miftah.

Menurut Gus Miftah dalam pengajian yang dihadiri oleh Farel tersebut terjadi di Banyuwangi. Ia tidak tahu agama farel sendiri itu apa, lantas ia menanyakan mengaji atau tidak Farel. 

"Dengan bintang tamu farel prayoga.Nah atas dugaan saya intervensi agama farel anda salah jadi karena acaranya pengajian saya bertanya kepada farel, kamu bisa ngaji apa enggak?Ternyata setelah farel nyanyi, ada informasi dari panitia bahwa farrel non islam." Kata Gus Miftah dalam Video Singkat di laman Instagramnya. 

Lantas jawaban farel pun membuat Gus Miftah menjadi bingung, klarifikasi dari pihak panitia yang merupakan Farel seorang non-islam membuat Gus Miftah minta maaf. 

"Nah. Saya kaget karena tahunan Islam dan saya bertanya sebelumnya apakah dia bisa ngaji atau tidak? Makanya saya minta maaf. Sorry ternyata kamu bukan islam.Dan saya sampaikan kepada farrel farrel apapun agamamu, tolong yang taat terhadap agamamu." Kata Gus Miftah

Pesan dari Gus Miftah kepada Farel apabila sudah terkenal tetaplah berterimakasih dan bersyukur kepada Tuhan , menurutnya ia tidak mengintervensi agama farel.

3 dari 4 halaman

Terungkap Farel Non-Islam

Kejadian terungkapnya agama Farel tersebut dimulai dari acara pengajian yang dihadiri oleh Farel di Banyuwangi bersama Gus Miftah dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Di saat momen keduanya berdampingan, Gus Miftah menanyakan sudah berapa juz Al-Qur’an yang dibaca oleh Farel. Namun, Farel mengatakan jika dirinya tidak mengaji.

Jawaban Farel tersebut sempat membuat Gus Miftah terheran-heran. Ia sempat menyayangkan jika Farel Prayoga tidak mengaji, padahal penyanyi cilik itu sudah terkenal dan populer.

“Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang. Abah doakan besok kamu jadi artis top internasional. Aamiin. Tapi ngaji bro, mosok ora ngaji,” kata Gus Miftah dikutip dari YouTube Btd Channel, Sabtu (8/10/2022).

Selang beberapa waktu, Gus Miftah mendapatkan informasi jika Farel Prayoga nonmuslim. Ia pun akhirnya bertanya tentang agama Farel Prayoga. Namun, penyanyi cilik itu enggan untuk menyebutkan agamanya.

Farel yang enggan menyebutkan agama yang dianutnya membuat Gus Miftah memberikan pesan tentang toleransi. Pendiri Pondok Pesantren Ora Aji ini berpesan agar Farel menjadi hamba yang taat apapun agamanya.

 

4 dari 4 halaman

Gus Miftah Mengajari Toleransi Kepada Farel

Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Farel Prayoga diundang sebagai pengisi acara perayaan maulid di Banyuwangi salah satu pesantren. 

Terdapat Gus Miftah mengisi ceramah di acara maulid Nabi tersebut. Momen kebersamaan Gus Miftah dan Farel ini mencerminkan sikap Tasamuh dalam Islam. 

Sikap tasamuh yang dicerminkan oleh Gus Miftah ketika ulama pendiri Pesantren Ora Aji itu mempersilakan Farel menjalankan ibadah sesuai agamanya, meskipun Farel tidak mengungkapkan apa agama nonmuslim yang dianutnya.

“Apapun agamamu tetap sing ibadah sesuai dengan kepercayaanmu,” pesan Gus Miftah seperti dilihat dalam YouTube Btd Channel, Sabtu (8/10/2022).

“Jadi umpama Kristen ya berangkatlah ke gereja, umpamanya Buddha berangkatlah ke vihara. Karena Indonesia semua agama dilindungi oleh negara. Tepuk tangan untuk toleransi,” sambungnya.

Perlu diketahui, tasamuh adalah istilah toleransi dalam Islam. Sikap ini telah dicontohkan oleh ulama kharismatik Gus Miftah juga ulama-ulama lainnya hingga Rasulullah SAW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini