Sukses

Tanda-Tanda Utama Kucing Anda Flu dan Apa yang Harus Dilakukan Menurut Dokter Hewan

Berikut ini beberapa tanda utama kucing Anda tengah flu dan apa yang harus dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar pemilik hewan peliharaan dapat setuju bahwa tidak ada yang lebih buruk daripada melihat teman berbulu mereka kesakitan. Apakah anjing Anda memerlukan operasi darurat, kucing Anda mengalami infeksi ginjal, atau ikan Anda terlihat sedikit lesu, masalah kesehatan hewan peliharaan bisa sama membuat stres bagi Anda dan juga bagi mereka.

Itu juga berlaku untuk penyakit yang lebih kecil. Misalnya, kucing flu. Tidak yakin apa itu? Jangan takut. Di depan, dokter hewan memberi tahu kami tanda teratas bahwa kucing Anda mungkin pilek dan flu.

Apa artinya kucing flu?

Anda mungkin tahu bagaimana rasanya flu sebagai manusia. Hidung Anda tersumbat, mata Anda berair, Anda merasa lesu, dan mungkin Anda bahkan batuk atau bersin. Ternyata, ini adalah hal yang serupa untuk kucing. "Sama seperti manusia, kucing dapat flu dan mengalami gejala seperti pilek, bersin terus-menerus, demam ringan, dan dehidrasi," kata Sabrina Kong, DVM, seorang dokter hewan di California Utara.

Kucing menyebarkan flu ini dengan cara yang sama seperti manusia juga. "Kucing bisa flu melalui paparan virus atau bakteri," kata Kong. "Kucing outdoor jauh lebih rentan terkena flu daripada kucing dalam ruangan karena mereka sering berinteraksi dengan kucing lain."

Penyakit ini juga terlihat lebih sering di tempat-tempat dengan banyak kucing, seperti fasilitas asrama dan tempat penampungan. Di sana, pilek dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi serta dengan barang-barang yang terinfeksi, seperti mangkuk makanan dan air, kotak pasir, dan mainan. Mirip dengan manusia, kucing tanpa gejala dapat menularkan flu pada kucing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ini adalah tanda teratas kucing Anda flu

Perlu juga dicatat bahwa ada perbedaan antara flu kucing biasa dan flu kucing berbahaya, yang juga disebut rinotrakeitis virus kucing. “Berkenaan dengan flu, kucing Anda memerlukan perhatian khusus,” kata Amanda Nascimento, DVM, dokter hewan di NHV Natural Pet.

"Setelah terinfeksi, hewan tersebut menjadi pembawa virus seumur hidup, yang dapat tetap tidak aktif dan kembali menyebabkan gejala selama periode stres dan kekebalan melemah. Pada anak kucing kecil, kucing tua, dan kucing dengan penyakit kronis atau imunosupresif, seperti FIV dan FELV, penyakit ini dapat berkembang menjadi bentuk yang parah dan bahkan fatal."

Ketika Anda pilek, Anda mungkin menyimpang dari rutinitas harian Anda. Alih-alih bangun dari tempat tidur pada pukul 7 pagi, Anda dapat tidur sampai siang. Dan alih-alih tetap berpegang pada makanan seperti salmon panggang dan salad, Anda dapat beralih ke makanan yang menenangkan seperti sup mie ayam dan teh panas dengan madu.

Nah, kucing Anda akan melakukan hal yang sama.

"Pertanda paling umum kucing Anda pilek atau merasa tidak enak badan adalah ketika ada perubahan mendadak dalam perilakunya," kata Kong. "Misalnya, jika Anda memiliki kucing yang ceria dan energik yang tiba-tiba tampak lesu dan tidak lagi memiliki keinginan untuk bermain dengan Anda atau hewan lain, itu adalah tanda yang sangat jelas bahwa ada sesuatu yang salah."

Ada gejala utama lain yang harus diwaspadai jika Anda menduga kucing Anda juga flu.

 

3 dari 4 halaman

Mata berair dan hidung meler juga merupakan gejala

Jika Anda mengira kucing Anda sedang flu, Anda sebaiknya memeriksa mata dan hidungnya. "Tanda mata klasik adalah satu atau lebih mata kucing menyipit, berpotensi mengeluarkan cairan encer atau kemerahan," kata Patrik Holmboe, kepala dokter hewan Cooper Pet Care. "Gejala hidung seperti flu manusia: pertama, Anda mendengar pilek dan bersin klasik, berkembang menjadi cairan encer."

Dalam kasus yang lebih parah, kotoran mata dan hidung kucing bisa menjadi kental. Gejala lain bisa termasuk nafsu makan rendah, demam, atau kesulitan bernapas.

Hubungi dokter hewan Anda jika Anda menduga kucing Anda pilek

Dalam kebanyakan kasus, flu kucing tidak perlu dikhawatirkan dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, pilek dapat menyebabkan infeksi sekunder, seperti pneumonia, yang bisa menjadi serius. Seperti halnya flu pada manusia, penyakit ini lebih mengkhawatirkan bagi kucing muda dan tua, kata Holmboe. Agar aman, Anda sebaiknya menjadwalkan pemeriksaan dokter hewan jika Anda menduga kucing Anda sedang flu.

"Meskipun mungkin pilek ringan, itu bisa menjadi sesuatu yang lebih serius," kata Liz Ewing, asisten dokter hewan di Heal House Call Veterinarian.

"Ada beberapa kondisi yang memiliki gejala yang sama yang jauh lebih serius." Dokter hewan Anda akan dapat menilai kucing Anda untuk masalah tersebut dan memastikan flunya dapat membaik dengan sendirinya.

 

4 dari 4 halaman

Dan jaga agar kucing Anda tetap nyaman seperti ini

Kucing Anda mungkin mengalami gejala flu selama beberapa hari—dan Anda harus membuatnya senyaman mungkin. Untuk melakukannya, Kong merekomendasikan untuk meningkatkan kelembapan di rumah Anda dengan pelembab udara atau alat penguap. "Dengan melakukan ini, Anda dapat membantu meringankan gejala kucing dan mengurangi hidung tersumbat," katanya.

Jika kucing Anda memiliki nafsu makan yang rendah, bisa jadi karena mereka kesulitan mencium bau makanannya. "Pilihan terbaik untuk melawan ini adalah dengan berusaha keras untuk menggoda kucing agar mau makan," kata Holmboe.

"Cobalah memberi makan dengan tangan sesering mungkin, beli beberapa makanan basah yang beraroma kuat, dan bahkan coba microwave makanannya sedikit agar lebih bau." Kucing Anda akan membutuhkan energi dari makanannya untuk melawan flunya.

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kucing Anda tetap nyaman adalah menjaga kebersihannya. "Dengan menggunakan kain lembab yang bersih, Anda bisa membersihkan hidung dan mata mereka dari kotoran," kata Ewing. "Jika ada kerak yang keras, Anda bisa menggunakan kain lembab dan menahannya di sana untuk memecah kerak." Dengan begitu, kucing Anda akan dapat mengatasi hawa dinginnya di lingkungan yang nyaman dan bebas stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.