Sukses

5 Cara Mudah Mencegah Kerutan di Wajah, Bikin Terlihat Awet Muda

Sederet tips untuk menghindari kerutan di kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit yang kencang dan awet muda tentu menjadi idaman semua orang. Entah itu laki-laki maupun perempuan. Namun, kerutan rentan menghampiri seseorang ketika memasuki usia tua.

Walaupun normal, tak sedikit orang yang tidak percaya diri ketika muncul kerutan. Kerutan dirasa dapat mengganggu penampilan. 

Jangan tunggu kerutan muncul dulu baru dirawat. Sedari muda kita harus rutin merawat kulit wajah agar terhindar dari penuaan pada kulit wajah. Bukan rahasia lagi, bila banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mencegah kerutan secara instan.

Tanpa intervensi medis atau bedah serta perawatan mahal di dokter dan klinik kecantikan, ada banyak sekali hal-hal sederhana dan alami yang dapat Anda ikuti, lho. Sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu konsistensi dalam melakukannya. 

Kira-kira ada hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk terhindar dari tanda-tanda penuan seperti kerutan? Yuk, intip sederet tips untuk menghindari kerutan, seperti melansir dari Healthline, Sabtu (8/10/2022).

 1. Konsumsi Makanan Sehat

Apa yang Anda konsumsi turut menjadi faktor penentu kualitas kulit Anda. Penelitian menemukan bahwa konsumsi daging merah dan camilan tidak sehat berisiko mendorong munculnya kerutan di wajah.

Maka dari itu, disarankan bila ingin awet muda banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin seperti alpukat, delima, sayuran hijau, wortel, dan labu. Makanan-makanan sehat ini kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan, menghindari penuaan dini, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan sunscreen demi memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Gunakanlah sunscreen yang mengandung 30 hingga 50 SPF. Jangan pernah melewatkan sunscreen, terutama bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah. 

3 dari 5 halaman

3. Gunakan Pelembab

Pelembab adalah perawatan dari luar yang berguna untuk menutrisi dan menghidrasi kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit mudah kering.

Hal ini membuat kulit rentan pula terhadap kerutan. Gunakanlah pelembab yang kaya akan vitamin C dan asam hialuronat. Diskusikan pula dengan dokter kulit Anda mengenai rekomendasi produk pelembab yang cocok dengan kebutuhan kulit Anda. 

4 dari 5 halaman

4. Tubuh Cukup Terhidrasi

Minum air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kulit. Minum  air putih yang cukup dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi dari dalam. 

Selain itu, air putih dapat meningkatkan elastisitas kulit. Cara ini bisa jadi pilihan terbaik untuk menghindari kerutan halus dan penuaan dini. 

5 dari 5 halaman

5. Hindari Tidur Tengkurap

Posisi tidur berpengaruh pada pembentukan kerutan. Saat tidur tengkurap, kulit rentan mengalami gesekan dengan bantal.

Hal ini mendorong garis-garis kerutan di wajah justru semakin terlihat, terutama pada bagian mata. Biasakan untuk tidur terlentang saja karena lebih aman. Selain itu, gunakanlah sarung bantal berbahan sutra yang lebih ramah bagi kulit wajah. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.