Sukses

6 Skill Ini Bisa Membantu Anda Jadi Pribadi yang Sukses

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keterampilan dan kerja keras bukanlah satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam hidup. Komunikasi adalah salah satu aspek terpenting yang akan membantu Anda sukses dalam jangka panjang. 

Ketika Anda dapat mengomunikasikan ide, pendapat, dan kemampuan kreatif Anda secara efektif, hal itu secara otomatis menempatkan Anda pada posisi di mana Anda dapat unggul di tempat kerja Anda.  

Ya, keterampilan sosial kini juga tak kalah penting dengan kerja keras yang dimiliki. Berikut adalah beberapa keterampilan sosial yang akan membantu Anda menaiki tangga kesuksesan secara efektif. Dilansir dari Times of India, berikut ulasannya:

Dengarkan orang lain

Jangan hanya terus berbicara dan menyampaikan pandangan Anda. Dengarkan orang lain karena tidak hanya itu hormat tetapi juga dapat banyak membantu Anda. Mendengarkan akan membantu Anda terbuka terhadap pendapat dan pandangan baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meminta bantuan

Ketika Anda meminta bantuan dari orang lain, Anda membuka diri untuk orang lain. Dan ini adalah keterampilan sosial yang hebat yang akan membantu Anda sukses dalam jangka panjang. Dengan cara ini Anda membiarkan diri Anda menjadi rentan di depan orang lain.

Menunggu giliran sambil berbicara 

Tidak bergiliran saat berbicara dapat mengubah Anda menjadi orang yang menyebalkan. Jika Anda memotong orang lain saat mereka mencoba berbicara, orang tidak akan menghormati Anda. Mereka bahkan mungkin tidak akan mencoba berbicara dengan Anda nanti jika Anda terus memotong pembicaraan orang lain.

3 dari 3 halaman

Bertanggung jawab atas apa yang Anda katakan

Berhati-hatilah dengan hal-hal yang Anda katakan kepada orang lain. Berhati-hatilah dan jangan terus mengatakan hal-hal tidak masuk akal yang mungkin menyinggung seseorang. Dan jika Anda akhirnya mengatakan sesuatu secara tidak sengaja, ambil tanggung jawab untuk itu dan minta maaf. 

Ikuti aturan

Melanggar aturan dan berjalan di jalan yang belum pernah dilakukan sebelumnya dapat membuat Anda keluar dari lingkaran sosial. Jika Anda cukup kuat untuk bertahan dalam kesendirian, maka lanjutkan. Tetapi jika Anda ingin bersosialisasi sebagai cara untuk mencapai kesuksesan, maka mengikuti aturan sama seperti semua orang mungkin merupakan ide yang bagus.

Berbuat baik kepada orang lain

Tidak ada salahnya Anda melakukan hal-hal baik untuk orang lain. Pujilah seseorang untuk membuat hari mereka atau memberi hadiah kepada teman Anda jika mereka mengalami masa-masa sulit. Yang terpenting, jangan berbuat jahat pada seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.