Sukses

Dokter Beri Penjelasan Bagaimana Covid-19 Mungkin Bisa Melemahkan Paru-Paru Anak

Dokter melaporkan bahwa Long Covid dapat mempengaruhi banyak anak, bahkan jika mereka memiliki penyakit ringan pada infeksi awal atau tanpa gejala.

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal pandemi, anak-anak dianggap kurang berisiko COVID-19, terutama infeksi parah. Namun, dokter melaporkan bahwa Long Covid dapat mempengaruhi banyak anak, bahkan jika mereka memiliki penyakit ringan pada infeksi awal atau tanpa gejala.

Dr Nihar Parekh, Dokter Anak, dalam video Instagram terbarunya, mengungkapkan bahwa batuk terus-menerus, pneumonia, hingga bronkopneumonia, pada sebagian besar anak merupakan hal-hal yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Dia mencatat bahwa, “Anak-anak yang tidak pernah kami nebulisasi sebelumnya sekarang dinebulisasi. Anak-anak kita tidak pernah memakai inhaler, membutuhkan inhaler terus-menerus. Batuknya masih belum hilang dan demamnya kembali lagi. Menurut penelitian terbaru, penyebab di balik ini bisa jadi adalah dampak COVID-19 pada paru-paru anak-anak kita,” tulisnya dilansir dari Times of India.

Pada 20 September 2022, sebuah penelitian online menulis tentang efek pasca COVID pada paru-paru anak-anak. Temuan penelitian ini dipublikasikan di Radiology, sebuah jurnal dari Radiological Society of North America (RSNA).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paru-paru lemah pada anak

Temuan ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan anak-anak kita, yang mungkin telah melalui Delta, Omicron, COVID tanpa gejala, infeksi COVID-19 besar atau kecil, mungkin tertinggal dengan kerusakan paru-paru dan paru-paru yang lebih lemah.

Para peneliti mempelajari efek COVID-19 pada anak-anak dan remaja (usia rata-rata 11 tahun) menggunakan MRI bidang rendah. Mereka mengamati perubahan struktur dan fungsi paru-paru pada 54 anak dan remaja dengan infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya.

Mereka mencatat dari 54 pasien, 29 telah sembuh total, dan 25 di antaranya menderita Long Covid. Semua kecuali satu pasien tidak divaksinasi pada saat infeksi awal. 

Studi menunjukkan bahwa 80% anak-anak dengan gejala yang sangat ringan melalui segala bentuk COVID-19 memiliki 60% keterlibatan paru-paru ringan.

Amanda Morrow, Dokter Rehabilitasi di Kennedy Krieger Institute dan Asisten Profesor Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Johns Hopkins School of Medicine, membagikan beberapa gejala Long Covid paling umum yang dialami anak-anak. Ini termasuk: kelelahan, masalah perhatian atau konsentrasi, sakit kepala, rasa pusing, masalah tidur, suhu yang terus meningkat, kecemasan dan depresi. 

Berbicara tentang pemulihan, Dr Nihar Parekh mengatakan, ini akan memakan waktu, karena waktu adalah satu-satunya faktor yang menyembuhkan paru-paru ini.

3 dari 3 halaman

Pemulihan dari Long Covid

Namun, ia menekankan pada langkah-langkah pencegahan, seperti imunisasi yang tepat. Dia menyarankan untuk berbicara dengan dokter anak Anda dan memilah imunisasi dasar mereka dan mengejar vaksin pneumokokus. 

Selain virus corona, beberapa virus lain juga dapat menyebabkan batuk dan radang paru-paru terus-menerus pada anak-anak, mulai dari bayi baru lahir hingga usia 15 tahun, catat Dr. Parekh. Anak-anak harus mendapatkan vaksin flu tahunan setidaknya sampai usia lima tahun, mungkin enam atau tujuh tahun.

“Mereka sangat penting untuk mencegah kerusakan saat ini yang disebabkan oleh dua tahun virus COVID-19 di paru-paru anak Anda dan mencegah rawat inap. Jadi tidak ada vaksin yang mencegah penyakit, tetapi vaksin mencegah kematian dan kesakitan,” tambahnya. 

Orangtua harus pergi ke dokter jika gejala anak mereka tidak membaik atau jika mereka mengembangkan gejala baru dalam waktu satu bulan setelah infeksi COVID-19 awal mereka.

Sedangkan untuk pemulihan dari Long Covid, Dr Amanda Morrow mencatat bahwa panduan untuk Long Covid pada orang dewasa tidak dapat otomatis digunakan untuk pasien anak. 

“Rehabilitasi pada anak-anak harus diarahkan pada partisipasi di sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler, keterlibatan sosial yang penting bagi perkembangan khas anak.” Dia menambahkan bahwa dalam kasus Long Covid, sangat penting untuk bergerak dengan kecepatan pasien tertentu alih-alih jadwal yang ditentukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.