Sukses

Menurunkan Berat Badan hingga Perkuat Otot dan Sendi, Ini 5 Manfaat dari Bersepeda

Berikut ini sederet manfaat olahraga bersepeda.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga harus latihan keras dan melelahkan? Jawabannya tidak juga. Ada beragam jenis olahraga yang menyenangkan, lho. Salah satunya adalah bersepeda. Olahraga cukup santai ini cocok dilakukan untuk membangun kedekatan dengan orang-orang terkasih. Entah itu, keluarga, sahabat, dan pasangan. Menikmati pemandangan sekitar sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. 

Bersepeda masih menjadi olahraga dengan intensitas sedang yang digandrungi banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa aman untuk melakukan olahraga ini.  Anda dapat memulai menerapkan gaya hidup sehat lewat bersepeda. Selain itu, bersepeda tak hanya dijadikan medium untuk berolahraga saja tetapi juga sebagai mode transportasi yang ramah lingkungan. Jadi tak hanya berkhasiat bagi manusia saja, sepeda pun bermanfaat bagi bumi tempat kita tinggal. 

Olahraga sepeda memang menawarkan segudang manfaat, baik untuk fisik maupun mental manusia. Masih ragu dengan khasiat olahraga yang satu ini?  Yuk, intip sederet manfaat bersepeda berikut ini!

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Bagi Anda yang sering mengalami stres, cemas, dan depresi, bersepeda bisa jadi pilihan olahraga yang menyenangkan. Irama dan indahnya pemandangan dari lingkungan sekitar membuat pikiran rileks. Olahraga ini dapat mengalihkan tekanan dan kesedihan yang Anda rasakan serta mengembangkan konsentrasi. Luangkan waktu untuk bersepeda setidaknya selama 10 menit setiap hari. Konsisten dan Anda dapat merasakan sendiri perubahan signifikan pada emosi dan mental Anda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membantu Memperkuat Otot dan Sendi

Bersepeda dapat meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh, salah satunya otot-otot pada kaki tanpa membebani sendi. Olahraga ini menargetkan penguatan pada paha depan, paha belakang, glutes, dan betis. Selain itu, bersepeda juga membantu memperkuat sendi seperti lutut dan pinggul.

3. Menurunkan Berat Badan

Dibandingkan harus diet ekstrim, Anda bisa menjadikan bersepeda sebagai opsi menurunkankan berat badan. Olahraga dengan intensitas sedang ini membantu membakar kalori. Selain itu, bersepeda membantu pembentukan otot. Bersepeda selama 60 menit dapat membakar sekitar 300 kalori.

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Keseimbangan dan Postur Tubuh

Saat berusaha menstabilkan tubuh di atas sepeda yang sedang Anda kayuh, tanpa sadar ini adalah cara terbaik meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Rutin bersepeda membantu memperbaiki gaya berjalan dan postur tubuh menjadi lebih tegak. Selain itu, bersepeda membantu memperkuat tulang. 

4 dari 4 halaman

5. Menurunkan Kolesterol

Pengidap kolesterol disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Bersepeda bisa jadi salah satu pilihannya. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, bersepeda juga dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.