Top 3: Deretan Laga Sepak Bola yang Memakan Korban Jiwa

Oleh Yulia Lisnawati pada 05 Okt 2022, 11:04 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 11:04 WIB
Potret Tragedi Kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang yang Tewaskan 127 Orang
Perbesar
Suporter memasuki lapangan saat terjadi kerusuhan pada pertandingan sepak bola antara Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam jumpa pers di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, mengatakan dari 127 orang yang meninggal dunia tersebut, dua di antaranya merupakan anggota Polri. (AP Photo/Yudha Prabowo)

Liputan6.com, Jakarta - Kerusuhan sering menjadi bagian dari pertandingan sepa kbola di berbagai belahan dunia. Beberapa insiden berubah menjadi tragedi kemanusiaan yang memakan korban jiwa puluhan hingga ratusan. Yang terbaru tragedi Kanjuruhan.

Sepak bola selalu identik dengan kekerasan fisik. Bermain sepakbola berarti bermain menggunakan tenaga. Tapi, terkadang, pertandingan sepak bola lepas kendali sehingga memunculkan keributan antarpemain maupun suporter.

Usaha untuk membuat sepak bola menjadi tontotan yang ramah sudah sering dilakukan berbagai kalangan di banyak tempat. Tapi, antusiasme dan gairah yang salah terkadang membuat pertandingan sepak bola bukan lagi menjadi tontonan yang layak.

Seketika menjadi sorotan publik global, insiden ini disebut-sebut sebagai salah satu peristiwa paling kelam dalam sejarah sepak bola di dunia karena jumlah korban jiwa yang banyak. Selain di Indonesia, ternyata ada juga beberapa tragedi memilukan sepak dunia yang terjadi di dunia.

Artikel tentang selain tragedi Kanjuruhan, ini lima laga sepak bola yang banyak memakan korban jiwa menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang menurut astrologi, ini lima zodiak yang punya pesona paling kuat.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang lima penyakit yang bisa ditularkan ke kucing Anda.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Selain Tragedi Kanjuruhan, Ini 5 Laga Sepak Bola yang Banyak Memakan Korban Jiwa

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Tragesi Stadion Kanjuruhan Malang
Perbesar
Aparat keamanan melepas tembakan gas air mata untuk menghalau massa dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu, 1 Oktober 2022 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

 Berikut sejumlah tragedi besar yang terjadi di stadion sepak bola :

1. Mei 1964 di Peru

Tragedi kerusuhan sepak bola yang paling banyak memakan korban jiwa terjadi di Stadion Nasional di Lima, Peru pada 24 Mei 1964. Sebanyak 328 orang meninggal karena sesak napas dan/atau pendarahan internal, meskipun kemungkinan jumlah korban tewas lebih tinggi. Pada 24 Mei 1964, tim nasional Peru dan Argentina diadu bersama di babak kualifikasi kedua dari belakang untuk turnamen Olimpiade Tokyo.

Pertandingan, yang diselenggarakan oleh Peru di Estadio Nacional (Stadion Nasional) di Lima, menarik penonton berkapasitas maksimum 53.000, 5 persen dari populasi ibu kota Lima pada saat itu.

Pertandingan berlangsung sengit oleh kedua tim, dan dengan dua menit waktu normal tersisa, Argentina memimpin 1-0. Kemudian, secara ajaib, Peru mencetak gol menyamakan skor - tapi dianulir oleh wasit, ngel Eduardo Pazos (orang Uruguay yang dianggap condong ke arah kemenangan Argentina). Dalam rentang sepuluh detik, ribuan penggemar Peru berubah dari kegembiraan menjadi kemarahan.

Bencana dimulai ketika salah satu penonton, seorang penjaga bernama Bomba berlari ke lapangan dan memukul wasit. ketika penggemar kedua bergabung, dia diserang secara brutal oleh polisi dengan tongkat dan anjing. Jose Salas, seorang penggemar yang hadir pada pertandingan tersebut, mengatakan kepada BBC bahwa ini adalah katalis bencana.

“Polisi kami sendiri menendang dan memukulinya seolah-olah dia adalah musuh,” kenangnya. Inilah yang menimbulkan kemarahan semua orang – termasuk saya.” Saat serangan terjadi dan frustrasi atas panggilan wasit meningkat, puluhan penggemar menyerbu lapangan, dan kerumunan mulai melemparkan benda ke polisi dan pejabat di bawah. Kerusuhan terjadi, dan polisi meluncurkan tabung gas air mata ke kerumunan, yang mendorong puluhan ribu penggemar untuk mencoba melarikan diri dari stadion melalui tangganya.

Ketika penggemar mencapai bagian bawah lorong-lorong ini, mereka menemukan bahwa gerbang baja yang mengarah ke jalan terkunci rapat; ketika mereka berusaha untuk lari kembali, polisi melemparkan lebih banyak gas air mata ke dalam terowongan, memicu histeria massal dan menyebabkan kehancuran besar.

Salas termasuk di antara mereka yang terjebak di salah satu tangga, dan memperkirakan dia menghabiskan dua jam di tengah kerumunan yang dikemas begitu ketat sehingga kakinya tidak menyentuh lantai.

Akhirnya, gerbang itu terlepas oleh tekanan tubuh yang luar biasa, dan Salas melarikan diri tetapi, yang lain tidak seberuntung itu. Sebagai akibatnya, 328 orang tewas karena sesak napas dan/atau pendarahan internal, meskipun kemungkinan jumlah korban tewas lebih tinggi. Tuduhan kemudian muncul bahwa pemerintah telah meremehkan jumlah korban jiwa dan menutupi kematian beberapa orang yang terbunuh oleh tembakan polisi. 

Selengkapnya...


2. Menurut Astrologi, Ini 5 Zodiak yang Punya Pesona Paling Kuat

Egois
Perbesar
Ilustrasi Wanita Credit: pexels.com/pixabay

Beberapa individu memancarkan pesona yang kuat yang membuat semua orang menghormatinya. Individu seperti ini memiliki kepercayaan diri dan sangat yakin akan diri mereka sendiri.

Mereka memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang hebat dan cukup bertekad untuk mencapai tujuannya. Energi mereka cukup menular dan mengagumkan.

Banyak individu cukup tertarik pada orang-orang seperti itu. Ini adalah kualitas yang sangat langka yang hanya dimiliki segelintir orang.

Oleh karena itu, ketahui beberapa zodiak yang memiliki pesona paling kuat menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Senin (3/9/2022).

1. Taurus

Taurus tahu bagaimana mengambil alih situasi sulit apa pun. Mereka tidak ragu-ragu saat membuat keputusan yang mungkin akan merubah arah segalanya.

Pemilik zodiak ini memiliki getaran yang sangat dominan yang sulit diabaikan. Ketika mereka masuk ke sebuah ruangan, mereka akan memancarkan aura yang sangat kuat.

2. Leo

Leo haus akan ketenaran, kekuasan dan pengakuan. Ini dengan mudah mendorongnya untuk mencapai tujuannya.

Mereka memiliki perintah yang kuat atas semua orang dan kepribadiannya yang riuh menarik orang-orang kepadanya. Mereka adalah pemimpin yang terlahir secara alami yang terkadang terlihat arogan.

Selengkapnya...


3. 5 Penyakit yang Dapat Ditularkan Kucing ke Anda

Penanganan untuk Kucing Kurus di Rumah
Perbesar
Ilustrasi Penanganan untuk Kucing Kurus di Rumah Credit: pexels.com/Mel

Jika Anda memiliki kucing, Anda mungkin sudah tahu bahwa teman mendengkur ini dapat menjadi hewan peliharaan yang sempurna. Perawatan rendah, megah, dan seringkali sangat lucu, teman kucing mungkin hanya apa yang diperintahkan dokter jika Anda membutuhkan cinta ekstra dalam hidup Anda.

Tetapi para ahli memperingatkan bahwa memeluk kucing Anda — dan bahkan hanya memiliki kotak pasir kotorannya di rumah Anda — dapat memiliki beberapa konsekuensi yang tidak menyenangkan. Faktanya, kucing dapat menyebarkan berbagai penyakit, seringkali tanpa menunjukkan gejala infeksi, demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Berikut penyakit-penyakit yang dapat ditularkan kucing ke manusia seperti dihimpun dari Bestlifeonline.

1. Penyakit cakaran kucing

Kucing dapat terinfeksi penyakit cakar kucing melalui paparan kutu dan caplak, dan dapat menularkannya dengan menggigit, mencakar, atau menjilat Anda. CDC memperkirakan bahwa hingga setengah dari semua kucing terkena penyakit cakar kucing selama hidup mereka, tetapi hanya sebagian kecil dari kucing yang terinfeksi akan menunjukkan gejala. Ini mungkin termasuk muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, atau kehilangan nafsu makan.

Manusia yang tertular demam cakaran kucing dari hewan peliharaan mereka mungkin melihat lepuh atau benjolan di tempat cakaran atau gigitan mereka. Gejala lain dapat mencakup pembengkakan kelenjar getah bening, demam, infeksi mata, nyeri otot, dan banyak lagi.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya