Sukses

Doyan Jajan, Nagita Slavina Luncurkan Festival Jajarans Buat Bantu UMKM

Doyan kulineran, Nagita Slavina mengadakan festival kuliner selama 9 hari. Ada 50 tenant kuliner yang akan memeriahkan festival kuliner tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Doyan kulineran, Nagita Slavina mengadakan festival kuliner selama 9 hari. Ada 50 tenant kuliner yang akan memeriahkan festival kuliner tersebut. Nagita Slavina dikenal sebagai sosok yang doyan masak dan kulineran.

Hal tersebut terlihat di video YouTubenya yang sering mencicipi berbagai jenis makanan dan minuman. Bahkan dalam channel YouTubenya tersebut, ibu dua anak ini memiliki program bernama Jajarans, di mana Nagita Slavia akan mendatangi berbagai penjual makanan UMKM ke rumahnya di Andara.

Mulai dari warung pecel lele, kue cubit, telur gulung, mie ayam, soto Lamomgan, lontong sayur dan masih banyak lagi. Semua penjual makanan itu datang lengkap dengan gerobak dan warung tendanya.

Nagita Slavina melalui RANS Entertainment terus berinovasi dan membuat terobosan baru di berbagai lini bisnisnya. Terbaru, Nagita mencoba memadukan festival jajanan atau kuliner dengan panggung musik yang diberi tajuk Jajarans. Festival ini digelar One Satrio Kawasan CBD Mega Kuningan, Jakarta, pada 1-9 Oktober 2022.

Melalui festival ini, Nagita ingin mengembangkan UMKM terutama pengusaha kuliner kecil. Apa itu UMKM? UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khsusunya dalam sektor ekonomi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jajarans Festival

Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari segi kualitasnya, hal ini dikarenakan dukungan kuat dari pemerintah dalam pengembangan yang dilakukan kepada para pegiat usaha UMKM, yang mana hal tersebut sangat penting dalam mengantisipasi kondisi perekonomian ke depan serta menjaga dan memperkuat struktur perekonomian nasional. Nah jadi Nagita ingin membantu meningkatkannya juga.

Selain itu,Nagita juga mempopulerkan makanan tradisional berbagai daerah di Indonesia yang masih belum dikenal oleh banyak orang. Bukan hanya itu, kecintaan Nagita Slavina dengan kuliner ini membuat dirinya mengadakan festival kuliner bertajuk Jajaran Festival 'Fun Food and Joy'.

“Salah satu alasan aku bikin jajanan festival penginnya semua aksesnya jadi lebih mudah buat semua orang pengin nyobain makanan apa aja ada. Mungkin aku kebayang waktu kecil makanan kan itu itu aja ya, kalau pengin makanan yang macam-macam ya bikin di rumah, tapi kan sekarang dengan adanya digitalisasi semuanya jadi lebih mungkin,” katanya.

3 dari 4 halaman

Jajarans Festival

Dalam Jajarans Festival Akan ada 50 tenant kuliner dari UMKM hingga kuliner hits milik selebriti. Ada apa ajanih? Di antaranya ada Telor Gulung Gyelan, Telap Telep, Kue Balok Batavia, Durenia, Omija, Bakso Aci 29, Bakso Moerni, Risoles Ayobi, Kopi Soe, Superames, Warp n Roll, Salt Boy. Kemudian ada Nyapii, Ngikan, Donat Kampung, Mozarella Tebet, Cilok Djoedes, Kue Sus Kaka, Semampir Ngopi, Luberger, Donsie, Shushu, Pisang Boleh RICH dan masih banyak lagi.

Semua tenant kuliner itu dipilih berdasarkan persetujuan Nagita Slavina. Jangan khawatir untuk datang ke festival tersebut tidak ada tiket masuknya, jadi hanya bayar jika kamu ingin membeli makanan dan minuman. Semua transaksi di Jajarans Festival ini hanya bisa dilakukan secara cashless, yakni dengan menggunakan TapCash BNI. Mereka juga akan menyediakan TapCash BNI edisi spesial Jajarans Festival. "Kalau ada antusiasnya, pengin juga mengadakan di luar kota," ujar pelantun Menerka Nerka ini.

 

4 dari 4 halaman

Jajarans Festival

"Ide awal sebenarnya dari konten di Rans Entertainment, ada Jajarans yang lahir karena pandemi, aku suka jajan, itu kan susah," ucap Nagita

"Kebetulan di rumah banyak orang dan kebetulan bikin Jajarans di rumah saja. Jajanannya kita bawa ke rumah, jadi kita bisa pesan banyak sekalian bantuin mereka juga promosiin," sambungnya.

Setelah diborong dan dipromosikan langsung oleh Nagita melalui review dan informasi, produk-produk UMKM itu kemudian ditayangkan di kanal YouTube RANS Entertainment.

"Aku kasih privilege tenant yang pernah aku coba supaya enggak dua kali kurasi lagi, dan penginnya ke depan nanti kalau ada lagi bisa menggaet lebih banyak tenant terutama di kalangan UMKM atau usaha kecil lain," tutur Nagita.

Meskipun telah berupaya membantu, namun Nagita tidak mengetahui persis dampak usaha para UMKM yang pernah diriviunya. Sebagai informasi, acara Nagita Slavina ini masih terus hadir hingga pekan depan, 9 Oktober 2022. Gimana nih, apakah kalian ingin berkunjung?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.