Masih Malas Berolahraga? Coba Terapkan 6 Tips Mudah Ini Biar Lebih Termotivasi

Oleh Liputan6.com pada 01 Okt 2022, 17:31 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 17:31 WIB
Ilustrasi Fat Loss Workout (Unsplash)
Perbesar
Ilustrasi Fat Loss Workout (Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Workout adalah kata lain dari latihan fisik untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Jenis latihan yang dapat dicoba pun beragam seperti jogging, push up, sit up, leg lift, jumping jack, angkat beban, dan masih banyak lagi. Waktu yang paling efektif bagi tubuh untuk melakukan workout sekitar jam 2 siang hingga 6 sore karena suhu tubuh sedang ada di titik tinggi. 

Rutin melakukan workout sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan pikiran, tubuh, dan jiwa. Rutin melakukan workout di usia-usia produktif sangat bagus untuk kesehatan jangka panjang, lho. Menjadikan workout sebagai gaya hidup bukanlah perkara mudah, terutama bagi pemula.

Tak jarang sebagian orang sudah menyudahi workout di tengah jalan. Entah itu karena belum terbiasa, malas-malasan, kepadatan aktivitas, bingung harus mulai dari mana, ataupun  tidak ada motivasi yang jelas. 

Jangan tunda lagi apa yang bisa dipersiapkan bagi kesehatan Anda di masa akan datang. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut? Yuk, intip sederet tips untuk memacu diri agar lebih termotivasi dalam menjalani workout berikut ini!

1. Tentukan Motivasi

Anda harus memiliki tujuan dasar mengapa ingin melakukan workout. Tujuan tersebutlah yang akan memotivasi Anda untuk tetap konsisten. Entah itu untuk mendapatkan badan ideal impian Anda, menjaga stamina dan kesehatan tubuh, atau pun sekadar untuk membangkitkan suasana hati. Kebanyakan orang berhenti workout di tengah jalan karena mereka tidak punya motivasi yang kuat untuk bertahan sampai akhir.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Mencoba Aturan 3x10

[Fimela] Workout
Perbesar
Ilustrasi workout | unsplash.com

Workout dengan waktu singkat? Tidak masalah. Anda dapat menerapkan pola 3x10 seperti berjalan kaki 10 menit yang dilakukan tiga kali sehari. Latihan kecil ini membantu Anda untuk membangun pola workout. Cobalah rutin melakukannya selama seminggu.  Pelan-pelan Anda dapat meningkatkan intensitas durasi workout.

3. Membuat Weekly Plan

Weekly plan berisi rencana kegiatan Anda selama seminggu. Weekly plan ini dapat menjadi panduan jadwal workout Anda. Tentukan jenis olahraga apa yang akan Anda lakukan, durasi, dan tempatnya. Cara ini membantu kamu untuk ingat melakukan workout secara teratur.

4. Workout Bersama Orang-Orang di Sekitar Anda

Kumpulkan pasukan. Melansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa workout bersama orang-orang di sekitar Anda seperti teman, pasangan, keluarga, atau pun komunitas lebih membangkitkan semangat dan kebugaran. Cara ini juga dapat dijadikan kegiatan positif untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.


5. Gunakan Aplikasi Workout

Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik
Perbesar
Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik (dok.unsplash/ Filip Mroz)

Ada banyak sekali aplikasi khusus yang memandu Anda dalam melakukan workout. Setiap aplikasi memiliki beragam fitur yang ditawarkan. Mulai dari jadwal, jenis-jenis workout dan penjelasannya, alarm pengingat, video panduan, musik untuk menemani workout Anda, dan lain-lain.

6. Pilih Ruang yang Nyaman

Setiap orang punya seleranya masing-masing. Anda dapat menentukan ruang mana yang paling membuat Anda bersemangat dan menikmati workout. Entah itu workout di dalam ruangan (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor). Anda pun dapat mencoba keduanya secara bergantian agar tidak bosan.

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

 

 


6 Zodiak Ini Paling Pandai Sembunyikan Perasaannya

Memiliki Sifat 'Pemburu'
Perbesar
Ilustrasi Zodiak Aries Credit: pexels.com/Alexandru

Setiap individu memiliki karakteristik dan kepribadiannya yang berbeda-beda. Bahkan, anak kembar saja bisa memiliki sifat yang bertolak belakang. Tak sedikit orang dengan sifat yang sangat misterius dan sulit ditebak. Mereka sangat pandai menyembunyikan perasaannya. Ada yang memang sudah memiliki sifat tersebut sejak lahir.

Beberapa orang juga memilih untuk menyembunyikan perasaannya karena beragam faktor. Entah itu karena tidak mudah percaya pada orang lain atau pun tidak ingin membuka kehidupan mereka terlalu banyak.

Terlihat baik-baik saja, tetapi nyatanya isi hatinya berkecamuk. Sebagian orang memang merasa aman ketika memakai "topeng" agar tidak perlu menjelaskan isi perasaannya dan apa keinginannya yang sebenarnya kepada orang lain.

Tak jarang, orang lain bahkan orang terdekat pun menjadi sulit menerka-nerka dan merasakan apa yang berkecamuk dalam hati mereka. Anda pasti sering menjumpai tipikal orang yang seperti ini. Ternyata, astrologi mungkin ada kaitannya dengan hal tersebut. 

Yuk, intip sederet zodiak yang sangat pandai menyembunyikan perasaannya berikut ini!

1. Scorpio

Sebagai benteng pertahanan diri, Scorpio tidak akan membiarkan orang lain mengetahui isi pikiran dan emosi mereka dengan mudah. Hal ini dikarenakan Scorpio takut bila kepercayaannya disalahgunakan oleh orang lain.

Terlihat memiliki emosi yang stabil dan bijaksana di segala tantangan yang dihadapinya, pemilik zodiak ini hanya menutup perasaannya rapat-rapat. Mereka sangat menyaring orang-orang mana saja yang bisa Scorpio jadikan tempat berbagi rasa. 


2. Taurus

zodiak galau
Perbesar
Ilustrasi perempuan yang dilema karena asmara/copyright unsplash.com/Hong Nguyen

Taurus tidak mudah terbuka dan percaya penuh pada orang lain. Mereka takut untuk terluka bila terlalu menggantungkan kepercayaan pada orang lain terutama orang terdekat.

Taurus lebih memilih menutupi apa yang sedang terjadi dan apa yang mereka rasakan sendirian. Orang lain menjadi sulit menebak isi hati dan pikiran Taurus.

3. Virgo

Virgo sangat berhati-hati dengan apa yang akan mereka ungkapkan di depan orang lain. Virgo memang cukup pandai dalam hal menyembunyikan emosi mereka.

Mereka lebih memilih menjaga diri dengan tidak menunjukkan sisi rentan mereka. Pemilik zodiak ini menghindari konflik sehingga lebih suka bekerja secara mandiri. Hal ini juga membuat Virgo terkesan misterius.

4. Libra

Libra suka memendam perasaan dan menyimpannya sendiri daripada harus membicarakannya. Inilah yang membuat mereka sendiri juga bingung dengan emosinya sendiri. Saking pandainya menyembunyikan perasaannya, orang lain akan berpikir bahwa Libra adalah seseorang yang santai dan selalu baik-baik saja.


5. Aquarius

[Bintang] Soal Sarkas, 3 Zodiak Ini adalah yang Terbaik!
Perbesar
Inilah tiga zodiak dengan sarkasme terbaik di hidupnya. (Sumber foto: unsplash.com)

Dikenal salah satu zodiak yang tertutup, Aquarius akan sangat tidak nyaman ketika orang lain mulai ingin tahu mengenai kehidupan mereka.

Aquarius tidak biasa untuk mengatakan apa yang sedang dirinya alami dan bagaimana perasaannya. Mereka pandai menggunakan topeng demi menyembunyikan perasaan mereka sebenarnya.

6. Scorpio

Scorpio lebih nyaman menyimpan semua yang dirinya rasakan sendiri. Mereka tahu batasan yang boleh orang ketahui dan mana yang tidak. Mereka tidak akan menunjukkan emosi-emosi negatif di depan orang lain. Bagi Scorpio, isi hati dan pikiran itu urusan pribadi yang tak perlu orang lain ikut rasakan. 

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19
Perbesar
Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya