Sukses

Tak Hanya Nikmat Jadi Rujak, Ini 6 Manfaat Bengkuang yang Wajib Diketahui

Berikut ini ragam manfaat bengkuang utuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Tentunya kita sering menjumpai bengkuang di dalam campuran rujak yang nikmat. Namun, tahukah Anda jika bengkuang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan yang sangat menguntungkan.

Bengkuang merupakan sayuran akar yang memiliki kulit tebal berwarna cokelat dan bagian dalamnya berwarna putih. Bengkuang memiliki rasa yang manis berpadu degan tekstur renyah. Sebagian orang bahkan menilai bengkuang terasa menyegarkan saat dimakan mentah sebagai campuran salad, rujak, atau untuk camilan.

Dilansir dari Web MD, Jumat (30/9/2022), bengkuang merupakan sumber serat yang baik. Dalam satu cangkir atau 130 gram bengkuang mentah mengandung 6,4 gram serat makanan.

Serat makanan ini punya banyak manfaat untuk tubuh. Di antaranya dapat mencegah atau mengobati sembelit, membantu menstabilkan gula darah sehingga dapat membantu mengobati atau mencegah diabetes.

Selain itu, bengkuang juga rendah kalori dan gula serta sangat rendah lemak dan protein. Tidak berhenti sampai di sana, bengkuang juga kaya akan kandungan lain. Dalam 100 gram porsi bengkuang mengandung:

- 38 kalori

- 8,82 gram karbohidrat

- 1,80 gram gula pasir

- 0,09 gram lemak

- 0,72 gram protein

- 4,90 gram serat

- 150 mg kalium

- 12 mg kalsium

- 20,20 mg vitamin C

Bengkuang kaya akan kandungan inulin, sejenis serat prebiotik. Seperti diketahui, probiotik adalah bakteri dan ragi yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama saluran pencernaan.

Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik dapat membantu mengembalikan keseimbangan alami komunitas bakteri baik di dalam usus.

Dari kandungan tersebut, tentu dapat disimpulkan bahwa bengkuang memiliki manfaat yang luar biasa.

Manfaat paling signifikan yang dirasakan saat mengonsumsi bengkuang adalah berasal dari kandungan seratnya yang tinggi dan konsentrasi vitamin C-nya. Berikut ini enam manfaat bengkuang untuk kesehatan, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bengkuang mengandung banyak nutrisi sehingga menjadikan buah ini sebagai pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena bengkuang mengandung sejumlah besar serat makanan larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati memproduksi lebih banyak kolesterol.

Sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat secara signifikan menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Bengkuang juga mengandung potasium, yang perlu Anda ketahui adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.

2. Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Serat mendukung kesehatan Anda dengan berbagai cara. Tidak hanya mendukung pencernaan dan keteraturan, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

3 dari 4 halaman

3. Kurangi Risiko Kanker

Bengkuang mengandung vitamin C dan E, selenium, beta-karoten, serta antioksidan yang menetralkan radikal bebas. Radikal bebas dikenal dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker. Bengkuang juga menjadi sumber serat makanan yang baik, yang diketahui terkenal karena efek perlindungannya terhadap kanker usus besar.

Selain itu, serat probiotik dalam bengkuang juga dapat mengurangi risiko kanker dengan meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus, meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek pelindung dan meningkatkan respons kekebalan. Selain menjadi jenis serat yang bermanfaat, inulin juga diketahui bertindak sebagai antioksidan yang melindungi lapisan usus.

4. Bantu Turunkan Berat Badan

Bengkuang adalah makanan padat nutrisi yang mengandung jumlah nutrisi yang tinggi, tetapi jumlah kalori yang relatif rendah.

Selain itu, bengkuang kaya akan air dan serat, yang membantu Anda mudah kenyang. Serat dalam bengkuang juga dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil, sehingga memperlambat proses pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Jadi, mengonsumsi bengkuang tidak hanya meningkatkan jenis bakteri usus yang membantu penurunan berat badan, tetapi juga dapat membantu Anda merasa lebih puas setelah makan.

4 dari 4 halaman

5. Cegah Tanda Penuaan

Kandungan vitamin C, vitamin B6, beta-karoten, dan antioksidan yang tinggi dalam bengkuang mampu menunda tanda-tanda penuaan dini. Kelebihan ini diyakini baik untuk semua jenis kulit yang dipercaya dapat meminimalkan risiko kerutan pada kulit.

6. Menjaga Kekuatan Tulang

Inulin oligofruktosa yang terkandung dalam bengkuang bermanfaat bagi kesehatan tulang dengan meningkatkan retensi mineral, menekan tingkat pergantian keropos tulang, dan membantu penyerapan kalsium dalam tulang.

Selain itu, bengkuang juga menyediakan nutrisi penting seperti potasium, magnesium, dan mangan yang diperlukan untuk mineralisasi tulang yang tepat dan untuk melindungi dari pengeroposan tulang atau osteoporosis di usia tua. Itulah sebabnya bengkuang harus ditambahkan ke dalam pengobatan diet alami untuk osteoporosis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.