Sukses

Ternyata Mendengarkan Lagu Kesukaan Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan, Caranya?

Mendengarkan lagu kesukaan dapat membantu mengontrol bahkan menurunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun mungkin Anda tergoda untuk ngemil setelah putus atau hari yang menegangkan di tempat kerja - bagi kebanyakan orang kenyamanan makan biasanya membuat mereka merasa lebih buruk.

Makan nyaman sering digunakan untuk menekan emosi negatif, tetapi penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan emosional dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Para ilmuwan di De Montfort University telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu menjaga kenyamanan makan. Peneliti menganalisis jumlah camilan yang dimakan wanita setelah mendengarkan berbagai jenis musik.

Hasil penelitian ini dipresentasikan di British Science Festival yang diselenggarakan oleh De Montfort University di Leicester.

Peneliti meminta 120 wanita untuk menyebutkan lagu yang mereka dengarkan saat sedih, stres, atau membutuhkan gangguan, dan ini kemudian diputar ulang saat mereka makan di bawah kondisi percobaan.

Para wanita dibuat merasa sedih sebagai bagian dari penelitian, yang mengeksplorasi bagaimana makanan dan musik dapat membantu memerangi emosi negatif.

Peserta yang mendengarkan musik yang membangkitkan perasaan sedih atau marah kemudian diminta makan setengah jumlah cokelat, permen, dan keripik, dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi headphone.

Mereka mendengarkan sejumlah lagu emosional, seperti Back To Black-nya Amy Winehouse, Mockingbird-nya Eminem, dan In The End-nya Linkin Park.

Sementara itu, peserta makan sekitar sepertiga lebih sedikit setelah mendengarkan lagu-lagu yang menghibur, termasuk Lay Me Down dari Sam Smith dan Fix You dari Coldplay.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Temuan penelitian

Dr Helen Coulthard, seorang ahli perilaku makan di De Montfort University, mengatakan: “Jika Anda merasa stres dan khawatir yang dapat menyebabkan makan banyak junk food yang tidak sehat, pakai headphone Anda dan dengarkan musik yang menghibur dan menyenangkan.”

Temuan penelitian ini juga dapat membantu orang mencapai penurunan berat badan, kata ahli tersebut. Sementara hubungan antara musik dan makan tidak diketahui, para peneliti menyarankan hal itu dapat dikaitkan dengan pelepasan hormon perasaan baik, termasuk dopamin dan serotonin.

Annemieke van den Tol, seorang psikolog musik dari University of Lincoln, yang ikut menulis penelitian ini, mengatakan: “Saya pikir pesan yang dapat dibawa pulang adalah jika kita stres, kita mungkin memiliki kecenderungan untuk melakukan sesuatu untuk membuat kita merasa lebih baik."

"Dan secara tidak sadar kita mungkin mengambil makanan karena memberi kita dopamin positif, serotonin, dorongan yang membuat kita merasa lebih baik."

Dia menambahkan: "Tetapi pikirkan tentang alternatif - seperti musik (yang) sama-sama dapat memberi Anda dorongan dan membuat Anda merasa lebih baik ketika Anda sedih atau stres."

3 dari 6 halaman

4 Bahasa Tubuh Ini Menunjukkan Jika Seseorang Sedang Berbohong

Orang-orang berbohong kepada kita lebih sering daripada yang ingin kita percayai, dan kebanyakan kita tidak menyadarinya. Tapi hanya karena berbohong adalah hal yang biasa, bukan berarti hal itu mudah dilakukan. 

Kebanyakan orang telah menceritakannya, kata Liam Barnett, pakar hubungan di Dating Zest. Secara khusus, mereka sangat fokus pada apa yang dikatakan mulut mereka sehingga mereka kurang bisa mengendalikan apa yang dilakukan tubuh mereka. 

Jika Anda mencoba menguraikan apakah teman atau pasangan mengatakan yang sebenarnya atau tidak, Anda harus memperhatikan isyarat non-verbal mereka. 

Ya, rupanya ada beberapa perilaku tubuh paling umum yang dapat memberitahu Anda jika seseorang sedang berbohong kepada Anda. Dilansir dari Best Life Online, Kamis (29/9/2022), berikut ulasannya.

1. Mereka terlihat gelisah

Banyak dari kita yang sadar bahwa seseorang akan menjadi lebih gelisah ketika berbohong. Tetapi David Clark, seorang pengacara selama lebih dari 35 tahun dan seorang mitra di The Clark Law Office, mengatakan bahwa Anda harus berhati-hati terhadap kegelisahan sehubungan dengan penampilan mereka. 

"Apa yang saya lihat di pengadilan sepanjang waktu adalah ketika seseorang menyesuaikan bagian dari pakaian mereka. Bisa jadi dasi atau kacamata mereka,” jelasnya. 

Menurut Clark, ada dua penyesuaian penampilan yang lebih umum yang mungkin dilakukan orang saat mereka berbohong. Salah satunya adalah mereka mungkin menggunakan sapu tangan untuk terus-menerus menyeka keringat dari kepala mereka. Dan yang lainnya adalah jika mereka memiliki rambut panjang, mereka cenderung terganggu dengannya dan menyisirnya ke samping. 

"Orang-orang melakukan ini karena mereka mengalihkan diri dari kebohongan mereka," katanya.

 

4 dari 6 halaman

2. Kaki mereka diposisikan dengan posisi tertentu

Hubungan antara kaki dan berbohong adalah sesuatu yang kebanyakan orang tidak tahu, James Miller, seorang psikoterapis berlisensi dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, mengatakan kepada Best Life. 

"Kebanyakan orang pandai memantau ekspresi wajah mereka, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa semakin jauh ekstremitas dari otak seseorang, semakin sedikit kita memperhatikan apa yang dilakukannya," jelasnya.

Menurut Miller, gerakan atau ketukan kaki yang berlebihan adalah pertanda baik bahwa seseorang mungkin terganggu oleh kebohongannya sendiri. Tapi yang paling penting sebenarnya adalah penempatan kaki seseorang. 

"Jika kaki atau kaki mereka tiba-tiba mengarah ke depan, maka sering dikatakan bahwa orang tersebut ingin melarikan diri atau akan menyembunyikan kata-kata mereka. Tapi kaki mereka tidak sesuai dengan kata-kata mereka," katanya.

 

5 dari 6 halaman

3. Mereka tidak bisa melakukan kontak mata

Mata adalah jendela jiwa, dan dengan demikian cara yang cukup baik untuk mengetahui apakah seseorang sedang menipu. Clark mengatakan bahwa cara sederhana untuk melihat apakah seseorang berbohong adalah dengan mengamati gerakan mata mereka. 

"Jika mereka berhenti melakukan kontak mata, itu pertanda bahwa orang tersebut tahu bahwa mereka berbohong dan mereka mengurangi rasa bersalah dalam pikiran mereka dengan memalingkan muka," jelasnya.

Pengacara berpengalaman ini juga menyarankan orang untuk memperhatikan arah pandangan seseorang karena ini mungkin juga menjadi petunjuk penting dalam hal ketidakbenaran. 

"Misalnya, jika orang yang saya tanya tidak kidal, dan mereka melihat ke kiri, itu pertanda bahwa mereka mencoba mengakses ingatan mereka. Namun, jika orang yang sama tangan kanannya melihat ke kanan, mereka memanfaatkan bagian imajiner otak mereka dan mungkin sedang dalam proses menciptakan kebohongan," jelas Clark. 

"Orang kidal memiliki reaksi sebaliknya,” tambahnya.

6 dari 6 halaman

4. Bahasa tubuh mereka berbeda dari biasanya

Terkadang tanda bahasa tubuh terbesar bahwa seseorang berbohong tidak universal, tetapi unik untuk setiap orang. Cassandra LeClair, PhD, pakar hubungan dan profesor studi komunikasi di Texas State University, mengatakan salah satu aspek terpenting untuk dipertimbangkan adalah jika bahasa tubuh seseorang berbeda dari apa yang Anda amati dalam interaksi lain.

Menurut LeClair, Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti, "Bagaimana orang ini menanggapi Anda sekarang?" dan "Apakah tingkah laku dan non-verbal mereka sama, atau ada yang aneh?" Ini dapat membantu Anda menentukan apakah telah terjadi "perubahan pola," Rodney Simmons, pakar hubungan yang bekerja dengan Tiny Changes, menjelaskan.

"Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika seseorang berbohong adalah perubahan perilaku khas mereka," kata Simmons.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.