Sukses

Studi: Minum Teh 4 Kali Sehari Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Ternyata minum teh sebanyak 4 kali sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menikmati secangkir teh panas di pagi hari, atau setelah hari yang menegangkan di tempat kerja - tetapi tahukah Anda bahwa minuman populer ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2?

Peneliti China mengamati lebih dari satu juta orang dan menemukan bahwa minum teh dapat mengurangi risiko kondisi hampir seperlima.

Para ilmuwan melakukan tinjauan sistematis dan meta-analisis dari 19 studi kohort untuk mengeksplorasi dampak minum teh di delapan negara, dengan memeriksa varietas teh hijau, hitam dan teh Oolong.

Temuan yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes, mengungkapkan bahwa empat cangkir teh sehari dikaitkan dengan risiko 17 persen lebih rendah terkena diabetes tipe dua selama satu dekade.

Hasil ini terlepas dari jenis teh yang dikonsumsi. Misanya saja, teh Cina yang populer Oolong terbuat dari tanaman yang sama yang digunakan untuk membuat teh hitam dan teh hijau.

Teh hitam adalah jenis minuman yang paling umum diminum di Inggris dan dioksidasi hingga berubah menjadi hitam. Teh hijau tidak banyak teroksidasi, sedangkan teh Oolong teroksidasi sebagian.

Penelitian tidak mengeksplorasi dampak dari menambahkan susu ke teh, tetapi penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa susu dalam jumlah sedang dapat melindungi terhadap diabetes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat konsumsi teh

Pakar kesehatan telah mendukung konsumsi teh karena mengandung antioksidan, senyawa anti-inflamasi dan antikarsinogenik, yang semuanya memiliki manfaat kesehatan.

Studi observasional tidak dapat mengkonfirmasi bahwa teh dapat menurunkan risiko diabetes, tetapi ukuran penelitian telah menambah keyakinan untuk masalah ini.

Penulis utama Xiaying Li dari Universitas Sains dan Teknologi Wuhan, mengatakan: "Hasil kami menarik karena mereka menyarankan bahwa orang dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti minum empat cangkir teh sehari untuk berpotensi mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2."

Para peneliti melakukan tinjauan sistematis dari semua studi kohort yang menyelidiki minum teh dan risiko diabetes tipe dua pada orang dewasa hingga September 2021.

Data yang dikumpulkan melibatkan 1.076.311 peserta dari delapan negara. Mereka menemukan bahwa peserta yang minum antara satu dan tiga cangkir sehari mengurangi risiko diabetes hingga empat persen.

Tetapi mereka yang minum setidaknya empat cangkir sehari memiliki risiko yang lebih rendah sebesar 17 persen.

 

3 dari 4 halaman

Temuan penelitian

Temuan ini terlepas dari varietas teh, jenis kelamin, atau di mana mereka tinggal, menunjukkan hal itu dapat dikaitkan dengan jumlah teh yang dikonsumsi.

Li berkata: “Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan dosis dan mekanisme yang tepat di balik pengamatan ini, temuan kami menunjukkan bahwa minum teh bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2, tetapi hanya pada dosis tinggi (setidaknya 4 cangkir per hari)."

Dia menambahkan: "Ada kemungkinan bahwa komponen tertentu dalam teh, seperti polifenol, dapat mengurangi kadar glukosa darah, tetapi jumlah yang cukup dari senyawa bioaktif ini mungkin diperlukan agar efektif."

Pakar lain telah menyarankan bahwa manfaat kesehatan dari mengonsumsi teh terjadi karena orang meminumnya daripada pilihan yang tidak sehat.

 

4 dari 4 halaman

Hal yang patut dipertimbangkan

Prof Naveed Sattar, Profesor Kedokteran Metabolik, Universitas Glasgow, mengatakan: “Mengingat sifat penelitian ini, tidak dapat membuktikan teh mencegah diabetes itu sendiri. Sebaliknya bisa jadi orang yang minum lebih banyak teh menghindari atau lebih jarang minum minuman manis yang lebih berbahaya atau yang setara atau bahwa mereka memiliki perilaku kesehatan lain yang membuat mereka memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2."

“Tidak ada bukti percobaan yang baik bahwa bahan kimia dalam teh mencegah diabetes, jadi saya menduga teh lebih sehat (kurang kalori) daripada banyak minuman alternatif atau peminum teh yang menjalani hidup lebih sehat secara umum.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.