Sukses

Menurunkan Stres hingga Bakar Kalori, Ini 5 Manfaat Berenang

Berikut ini sederet manfaat berenang bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga menjadi salah satu kegiatan penting untuk menjaga stamina tubuh. Namun, sebagian orang merasa mager atau malas gerak jika harus melakukan kegiatan ini. Entah itu karena kepadatan aktivitas atau pun menganggap olahraga itu berat dan tidak menarik. Padahal banyak sekali olahraga yang menyenangkan, mudah, murah, serta tidak banyak menyita waktu. Salah satunya dengan berenang. Mulai dari anak bayi hingga orang dewasa dapat melalukan olahraga satu ini. Namun, dengan porsi yang tepat sesuai kebutuhan masing-masing.

Tidak membosankan, olahraga berenang punya berbagai gaya yang asyik dicoba. Secara umum gaya renang yang paling populer yakni gaya dada (breast stroke), gaya punggung (back stroke), gaya kupu-kupu (butterfly stroke), dan gaya bebas (front crawl atau freestyle).

Anda tidak perlu ragu untuk melakukan olahraga yang satu ini. Selain sebagai sarana rekreasi, berenang menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Hasil yang maksimal akan dicapai bila Anda konsisten melalukan olahraga ini. Yuk, intip sederet manfaat berenang bagi kesehatan tubuh berikut ini!

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang sulit tertidur lelap di malam hari, berenang bisa jadi salah satu solusinya. Melansir dari Healthline, penelitian menemukan bahwa latihan aerobik seperti renang secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa dan orang tua. Hal ini dikarenakan hormon endorfin dan serotonin yang dihasilkan dari kegiatan renang membuat tubuh menjadi rileks dan mendorong suasana hati senang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Cocok Untuk Penderita Asma

Renang menjadi kegiatan yang bagus untuk penderita asma karena membantu mengendalikan pernapasan. Lingkungan yang lembab di sekitar kolam membantu saluran pernapasan tidak mengalami kekeringan sehingga meminimalisasi terjadinya serangan. Konsultasikan pula renang seperti apa yang aman dan tepat dengan dokter Anda.

3 dari 5 halaman

3. Bermanfaat bagi Ibu Hamil dan Bayi

Renang menuai manfaat luar biasa bagi ibu hamil dan buah hatinya. Melansir dari Healtline, berenang mempersiapkan kelancaran persalinan bagi ibu. Ibu juga perlu tahu bahwa renang semasa kehamilan dapat membantu perkembangan otak bayi dan menghindari cacat pada bayi. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan dengan dokter tentang renang yang aman dan tepat bagi ibu hamil. 

4 dari 5 halaman

4. Membantu Menurunkan Stres

Bagi Anda yang sering mengalami stres karena tekanan-tekanan di kehidupan, cobalah untuk meluangkan waktu untuk berenang. Hormon endorfin akan lepas lebih banyak ketika seseorang berenang. Hormon ini mendorong perasaan bahagia, rileks, dan nyaman sehingga olahraga berenang ampuh untuk menurunkan stres.

5 dari 5 halaman

5. Membantu Membakar Kalori

Berenang bisa menjadi olahraga seru dan menyenangkan untuk membakar kalori. Seseorang dengan berat 160 yang berenang dengan kecepatan rendah saja dapat membakar sekitar 423 kalori per jam. Bila orang tersebut berenang dengan kecepatan yang lebih besar bisa membakar sekitar 715 kalori per jam. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.