Patut Dicoba, Ini 5 Tips Mudah Kontrol Asupan Air untuk Tubuh

Oleh Liputan6.com pada 30 Sep 2022, 14:04 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 14:04 WIB
Gambar Ilustrasi Wanita Meminum Segelas Air
Perbesar
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal. 

Kebutuhan air setiap orang tentunya berbeda-beda. Setidaknya dalam sehari, Anda mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas air berukuran 230 ml.

Air memainkan banyak peran dalam tubuh manusia seperti menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan tekanan darah, mengatur suhu tubuh, meningkatkan kesehatan sel-sel dalam tubuh, dan lain-lain. 

Masih banyak orang yang sering lupa untuk memperhatikan asupan air putih secara berkala. Tak boleh dianggap sepele, kurangnya asupan air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan merembes pada komplikasi penyakit lainnya.

Ada beragam tips gaya hidup sederhana untuk selalu ingat minum air putih. Yuk, intip sederet tips yang membantu Anda untuk mengontrol asupan air dalam tubuh berikut ini!

 1. Bawalah Botol Air Sendiri

Daripada menghabiskan uang untuk membeli air minum kemasan setiap harinya, Anda dapat menerapkan gaya hidup membawa botol air minum sendiri. Membawa botol berfungsi sebagai pengingat visual untuk lebih banyak air.

Bila saat bekerja Anda sering lupa waktu untuk minum air putih, cobalah menaruh botol air minum di meja kerja Anda.

Daripada membeli air kemasan setiap harinya, cara ini efektif untuk menghemat pengeluaran Anda. Anda pun bisa terus mengisi ulang air putih sendiri sepuasnya karena banyak kantor, sekolah, dan tempat-tempat umum yang menyediakan air secara gratis.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Setel Pengingat

Ilustrasi alarm. (Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi alarm. (Pixabay)

Bagi Anda si pelupa, aplikasi pengingat minum, alarm, smartwatch yang sangat cocok digunakan untuk meningkatkan asupan air. Anda bisa mengatur pengingat tersebut dibantu dengan fitur-fitur dan informasi yang membantu Anda tidak lupa untuk minum air putih secara berkala.

Kebanyakan aplikasi pengingat minum pun dapat membantu mengontrol kebutuhan air Anda berdasarkan kondisi kesehatan, jenis kelamin, berat badan, cuaca, dan lain-lain. 

3. Ganti Minuman Harian Anda dengan Air Putih

Saat sedang makan di luar rumah atau pun berkegiatan di luar ruangan, minuman manis memang jadi andalan yang menyegarkan di leher.

Minuman manis seringkali diracik dengan gula tambahan. Bila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini dapat memicu masalah kesehatan. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti minuman-minuman manis dengan air putih.


4. Minum Satu Gelas Air Sebelum dan Bangun Tidur

Ilustrasi minum air putih
Perbesar
Ilustrasi minum air putih saat diet (Engin Akyurt/Unsplash)

Cara mudah untuk meningkatkan asupan air Anda dengan minum satu gelas air saat sebelum dan bangun tidur. Minum air sebelum tidur mencegah bau mulut saat bangun. Selain itu, segelas air di pagi hari membantu Anda untuk memfokuskan pikiran. 

5. Minum Satu Gelas Air Sebelum Makan

Cara sederhana lainnya untuk meningkatkan asupan air Anda dengan membiasakan minum satu gelas air putih sebelum makan.

Jika makan 3 kali sehari, Anda sudah menambah 3 cangkir (720 ml) kebutuhan air harian Anda. Bila Anda sedang menurunkan berat badan, minum segelas air putih sebelum makan dapat mengurangi kalori pada makanan berikutnya. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

INFOGRAFIS: Tarif Air Minum PAM Jaya (Liputan6.com / Triyasni)
Perbesar
INFOGRAFIS: Tarif Air Minum PAM Jaya (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya