Sukses

6 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Rutin Pengidap Hipertensi, Bantu Mengontrol Tekanan Darah

Liputan6.com, Jakarta - Hipertensi atau yang biasa kita kenal dengan tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak diberi penanganan khusus akan memicu masalah kesehatan serius lainnya seperti stroke dan jantung. Umumnya, tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di angka 130/80 mmHg atau bahkan melebihi angka tersebut. 

Gejala umum yang dirasakan oleh penderita tekanan darah tinggi seperti mudah lelah, sakit kepala, mimisan, nyeri pada dada, mual dan muntah, sesak nafas, dan lainnya. Bila sudah seperti ini, orang dengan tekanan darah tinggi akan sulit untuk bersemangat dan sulit fokus menjalani aktivitas sehari-hari. 

Lantas, bagaimana cara menanganinya? Selain pola hidup yang sehat, bagi Anda para penderita tekanan darah tinggi harus memperhatikan segala asupan yang dikonsumsi. Tak mahal dan sering dijumpai di dapur Anda, ada beberapa makanan yang sangat bagus dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi untuk mengontrol tekanan darahnya. 

Yuk, intip sederet makanan yang bagus dikonsumsi bagi para penderita tekanan darah tinggi berikut ini!

1. Wortel

Wortel memiliki segudang manfaat. Sayuran lezat yang sering dijumpai di dapur kamu ini mengandung Asam klorogenat, Asam p-coumaric, dan Asam kafeat yang membantu merelaksasi pembuluh darah, mengurangi peradangan, serta bermanfaat menurunkan tekanan darah. Melansir dari Healthline, penelitian menemukan bahwa asupan wortel dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, terutama bagi orang berusia 40 tahun sampai 59 tahun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lobak Swiss

Lobak swiss adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Satu cangkir (145 gram) lobak matang dapat memenuhi 17 persen kalium dan 30 persen magnesium kebutuhan harian Anda. Magnesium membantu merilekskan pembuluh darah.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak menjadi salah satu sumber lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang dikenal dengan oxylipins. Melansir dari Healthline, penelitian menemukan bahwa asupan ikan berlemak dapat menurunkan tekanan darah. 

4. Biji Labu

Kecil-kecil, cabe rawit. Biji labu yang kecil ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat mengontrol tekanan darah dan merelaksasi pembuluh darah. Minyak dari biji labu pun dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi. Anda dapat memvariasikan penyajian biji labu yang lezat dengan cara dipanggang atau pun dicampurkan ke dalam resep makanan lainnya.

3 dari 5 halaman

5. Brokoli

Brokoli dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Anda dapat menambahkan sayuran ini ke dalam menu masakan harian. Cara ini bisa jadi pilihan mudah untuk mengurangi tekanan darah. Selain itu, Brokoli kaya akan antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

6. Tomat

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, terutama bagi masyarakat Indonesia yang sering menggunakan tomat yang jadi salah satu kunci kelezatan masakan. Tomat kaya akan banyak nutrisi seperti potasium dan likopen. Tomat berkhasiat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

4 dari 5 halaman

5 Zodiak yang Tak Mau Mendengar Pendapat Orang Lain Saat Berdebat

Beberapa individu tidak mau mengalah saat berdebat maupun berkelahi. Mereka bahkan hanya melemparkan argumen pada orang lain selama perkelahian, dan sama sekali tidak mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

Astrologi pun memudahkan orang untuk memahami seluk-beluk kepribadian seseorang dengan menganalisis melalui zodiak.

Berikut beberapa zodiak teratas yang cenderung tidak pernah mendengarkan orang lain saat berdebat, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (27/9/2022).

1. Aries

Aries dikenal karena temperamennya dan sifat impulsif. Mereka bahkan tidak akan mendengarkan siapa pun pada awalnya, selama argumen.

Mereka akan terus berbicara tentang bagaimana mereka benar dan orang lain salah. Mereka juga tidak bisa mencerna fakta bahwa mereka mungkin salah.

2. Taurus

Taurus sangat keras kepala. Jika hal-hal tidak berjalan sesuai keinginannya, mereka akan marah. Mereka tidak akan melihat melampaui perspektif mereka sendiri dan akan membuang pendapat orang lain jika situasinya tidak menguntungkan mereka dengan cara apa pun.

5 dari 5 halaman

3. Leo

Pemilik zodiak ini terkadang bisa sangat marah. Mereka tidak mudah gusar tapi ketika mereka melakukannya, yang terbaik adalah menjauh dari mereka.

Leo tidak memperhitungkan apa pun yang mereka katakan kepada orang lain selama pertengkaran. Satu-satunya niat mereka adalah untuk menang pada saat itu.

4. Libra

Libra dikenal individu yang pasif-agresif yang tidak akan melupakan apa yang dikatakan orang lain kepadanya. Mereka bisa menyimpan dendam selamanya dan mereka akan membalas pada waktu yang nyaman baginya.

Jadi, jangan berharap mereka melupakan sesuatu yang Anda katakan, karena mereka akan mengingatnya seumur hidup.

5. Sagitarius

Sagitarius akan berteriak dan membuat Anda membayar untuk membuat mereka kesal. Mereka tidak dalam posisi untuk mendengarkan dengan tenang apa yang dikatakan orang lain.

Mereka tidak menyadari bahwa mereka bisa salah dalam beberapa hal. Jadi, coba hindari agar tidak pernah berdebat dengannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.