Sukses

5 Efek Negatif Pada Tubuh Jika Menggunakan Ponsel Berlebihan

Ada banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan jika menggunakan ponsel secara berlebihan pada tubuh dan pikiran kita.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu kini menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bermain ponsel. Ketika dunia menjadi semakin bergantung pada teknologi, hidup kita juga mulai berputar di sekitar ponsel kita.

Meskipun ada banyak cara di mana ponsel telah membuat hidup kita jauh lebih mudah, tapi ada banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan jika menggunakan ponsel secara berlebihan pada tubuh dan pikiran kita.

Berikut lima efek buruk yang akan terjadi pada tubuh jika Anda terlalu banyak menggunakan ponsel, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (27/9/2022).

1. Alami masalah pencernaan

Salah satu efek paling umum dari menggunakan ponsel secara berlebihan adalah masalah pencernaan. Menurut penelitian, saluran GI dan otak kita berkomunikasi satu sama lain melalui “poros otak-usus.”

Sumbu ini difasilitasi oleh sel-sel dalam tubuh kita, itulah sebabnya setiap kali kita mengalami lebih sedikit aktivitas fisik dan tetap menggunakan ponsel, koneksi otak-usus ini terpengaruh.

Hasilnya adalah kram, sembelit, sakit perut dan kecelakaan tinja.

2. Membuat gigi kurang sehat

Semakin banyak waktu yang kita habiskan di ponsel, semakin tidak sehat gigi kita. Ini karena terpaku pada layar sebagian besar waktu menghasilkan peningkatan ngemil dan mengunyah makanan tidak sehat, seperti soda, camilan manis dan keripik, yang bisa berdampak negatif pada kesehatan mulut Anda.

Lagi pula, jika tangan kita tidak sibuk, tanpa sadar kita mulai mengemil dan merusak gigi tanpa berpikir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Penilaian emosional Anda bisa melemah

Tidak hanya lebih banyak waktu di depan layar membuat kita kurang bersosialisasi, karena kita tidak berinteraksi langsung dengan orang lain, tapi isolasi dari orang lain ini juga bisa merusak penilaian emosional kita.

Hal ini terutama berlaku dengan anak-anak yang kehilangan interaksi kehidupan nyata, dan mereka bisa mengembangkan kecenderungan anti-sosial.

Satu kekhawatiran besar adalah bagaimana hal ini bisa mengekspos mereka ke media kekerasan dan membuat mereka tidak peka. Penilaian emosional kita berubah secara permanen dari lebih banyak waktu menggunakan ponsel.

4. Menyebabkan obesitas

Ketika kita menghabiskan begitu banyak waktu untuk menonton televisi atau menggulir ponsel, kita berisiko lebih besar mengalami obesitas.

Tidak hanya lebih mudah untuk makan makanan tidak sehat sambil menonton TV, tapi banyak iklan makanan tidak sehat secara online menargetkan anak-anak yang rentan.

Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan langsung antara lebih banyak waktu menggunakn ponsel dan peningkatan obesitas.

Anak-anak bisa berisiko mengalami obesitas pada masa kanak-kanan karena kurangnya aktivitas fisik dan lebih banyak ngemil bisa berdampak pada kesehatan mereka.

 

3 dari 3 halaman

5. Menyebabkan sakit punggung dan leher yang parah

Postur tubuh yang buruk bisa menjadi salah satu efek terburuk dari terlalu banyak waktu menggunakan ponsel, karena kita tetap membungkuk untuk waktu yang lama tanpa menyadarinya.

Hal ini bisa menyebabkan sakit leher dan punggung yang parah karena terus-menerus membungkuk saat menggunakan ponsel.

Alasan mengapa hal ini terjadi adalah ketika kita melihat ke bawah, tekanan yang tidak wajar ditempatkan pada leher kita, dan tulang belakang kita ditempatkan pada posisi yang tidak wajar. Ini juga bisa menyebabkan cedera stres yang disebut leher teks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.