Sukses

PALA Nusantara dan ONX Studio Berkolaborasi Luncurkan MRAMU, Jam Tangan Unik dari Olahan Puntung Rokok

Jika PALA Nusantara dikenal akan keahliannya dalam membuat jam tangan, ONX Idea Studio (ONX Studio) bisa disebut sebagai studio dengan fokus desain produk.

Liputan6.com, Jakarta - Jika PALA Nusantara dikenal akan keahliannya dalam membuat jam tangan, ONX Idea Studio (ONX Studio) bisa disebut sebagai studio dengan fokus desain produk. Kedua ahli ini berkolaborasi meluncurkan sebuah lini produk jam tangan terbaru bernama MRAMU. Selain lekat dengan karakter nusantaranya, keunikan koleksi MRAMU juga terletak pada casing mesin menggunakan bahan dasar biopolimer KYBPROJECT hasil olahan puntung rokok. Pasti kalian bingung apakah puntung rokok dapat dibuat bahan material jam tangan? Mari simak berikut ini.

Kolaborasi kreatif ini berakar dari kehidupan sehari-hari, di mana inovasi produk MRAMU diciptakan guna menjawab tantangan material untuk kebutuhan produksi yang kian menipis. Karena kegelisahan tersebut PALA Nusantara ingin menemukan sebuah alternative material dan material yang ditawarkan oleh Bapak Roni dapat memberikan pencerahan kepada PALA Nusantara dapat menggunakan material yang menuju rare. Melalui gerakan berkelanjutan KYBPROJECT, ONX Studio mengaplikasikan CellaBoard yang terbuat dari lebih dari 264.000 puntung rokok ke dalam 200 unit jam tangan koleksi MRAMU di tahap awal peluncurannya. 

“Ketika karakteristik nusantara bertemu material yang modern tentunya akan melahirkan sesuatu yang unik dan pastinya inovatif. Selama ini, jam tangan PALA Nusantara menggunakan casing dari kayu. Namun, dengan adanya material terbarukan KYBPROJECT , keterbatasan bahan dasar bukan lagi sebuah masalah,” ungkap Ilham Pinastiko, COO & Founder PALA Nusantara dalam acara peluncuran MRAMU di Ruang Seketika Kuningan City. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembangan KYBPROJECT

Rony Rahardian, selaku CEO dari PT Ide Dua Cipta menambahkan “MRAMU lahir sebagai salah satu hasil pengembangan KYBPROJECT, khususnya di pilar Desain dan Produksi. Kami melakukan beberapa tahapan proses produksi untuk memastikan ramuan Cella Board yang digunakan untuk membuat rumah mesin jam tepat guna dan aman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Mulai dari proses studi materi, eksplorasi desain terhadap karakteristik material, hingga testing penggunaan produk jadi, semua kami lakukan supaya MRAMU layak dijual ke pasar.” 

Koleksi tahap pertama ini semakin unik dengan penggunaan mesin jam tangan analog dan strap  yang berkualitas yaitu terbuat dari kulit Bufallo Leather berbeda dengan kulit Sapi. Balutan strap-nya pun unik dengan bahan kulit yang tahan di segala cuaca dan warna yang akan terlihat semakin apik seiring waktu pemakaian.

PALA Nusantara dan KYBPROJECT akan terus mengembangkan koleksi-koleksi baru MRAMU yang selalu menggabungkan elemen inovasi dari sisi materi, desain, dan fungsi jam itu sendiri. Harapannya, MRAMU dapat memikat jajaran peminat yang menghargai nilai desain yang inovatif sekaligus membuka kesempatan akan kolaborasi-kolaborasi di pilar KYBPROJECT lainnya.

3 dari 4 halaman

Bahan dasar

KYBPROJECT mendapat tantangan akan sebuah konsumsi dari ruang seketika, Rony Rahardian, selaku CEO dari PT Ide Dua Cipta menjelaskan “pada awalnya kami punya ruang seketika seperti ini di tebet. Kita punya masalah awalnya  karena kita outdor jadi banyak puntung disana, itu yang membuat kita akhirnya inisiatif untuk mengolahnya. Kebetulan kita juga punya ONX Studio di belakangnya. Jadi akhirnya kita pikir kayanya menarik untuk mengolah sesuatu yang baru dari apa yang kita bisa ambil.”

Lalu penjelasan detail material nya dijelaskan oleh tim reserch dan formulasi yaitu Abizar “ Pada puntung rokok terdapat bagian filter rokok yang terbuat dari plastik yang eksotis tidak seperti plastik pada lainnya. Jenis plastik dari filter roko ini adalah biobased yang mana berbahan dasar tumbuhan. Material jenis ini memiliki karakteristik yang unik yang berbeda dari plastik lainnya. Selama 2 tahun akhirnya tim KYBPROJECT menemukan metode untuk mengolah plastik filter rokok tersebut dengan presentase keseluruhan dan juga dipastikan bahwa olahan bahan tersebut aman untuk digunakan sehari-hari atau sebagai konstruksi. Pada selanjutnya KYBPROJECT akan mengolah sesuatu limbah yang dapat berguna," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Packaging

Packaging jam MRAMU ini juga unik yaitu berbentuk segitiga yang berbahankan kertas selembar. Tentunya ada alasan tertentu yaitu “Jika packagingnya berbentuk box ada sedikit permasalahan seperti bingungnya ingin dibuang tapi sayang, ingin di simpan tapi memakan tempat akhirnya tim MRAMU berinovasi membuat packaging yang bisa di simpan tetapi tidak memakan tempat.” Demikian penjelasan dari Rony Rahardian, selaku CEO dari PT Ide Dua Cipta

Jam ini juga memiliki garansi selama 1 tahun apabila ada kerusakan pada mesin atau baterai bukan pada kelalaian pemakaian serta ketentuan lainnya. Pada tahap pertama koleksi MRAMU di buat sebanyak 200 pcs dibanderol seharga 1,5 juta dan sudah sold out. Meskipun koleksi MRAMU tahap pertama ini sudah habis terjual bahkan sebelum resmi diluncurkan, publik masih berkesempatan untuk mendapatkan koleksi MRAMU dengan mengikuti program KYBPROJECT yang diadakan di platform online maupun offline PALA Nusantara dan integrasi bisnis KYBPROJECT, Ruang Seketika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.