Anti Sakit Punggung, Ini 5 Langkah untuk Menopang Punggung Anda Saat Bekerja dari Rumah

Oleh Sulung Lahitani pada 26 Sep 2022, 16:10 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 16:10 WIB
Nyeri Leher dan Punggung
Perbesar
Ilustrasi Sakit Punggung Credit: pexels.com/Tobias

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal pandemi Covid-19, jumlah orang yang bekerja dari rumah telah meningkat secara dramatis - tetapi para ahli kesehatan telah memperingatkan ini dapat berdampak buruk pada tubuh kita.

Daripada meja dan kursi kantor, banyak orang harus bekerja dari sofa, tempat tidur, meja dapur atau lantai - yang semuanya dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk dan sakit punggung.

Jam kerja yang lebih lama ditambah dengan postur kerja yang buruk di rumah telah menyebabkan peningkatan masalah punggung di kalangan pekerja dewasa muda.

Penelitian yang dilakukan oleh Mind Your Back dan didukung oleh Mentholatum telah mengungkapkan bahwa 64 persen dari anak-anak berusia 18 hingga 29 tahun pernah mengalami masalah punggung dalam satu tahun terakhir setelah bekerja dari rumah.

Dengan nyeri punggung yang terhitung empat dalam sepuluh hari sakit, dokter umum dan penasihat Mind Your Back, Dr Gill Jenkins, mengatakan sudah waktunya untuk mengambil tindakan untuk menghentikan masalah punggung yang tidak terkendali.

Dia berkata: “Hampir setengahnya tidak memiliki akses konstan ke meja dan kursi pendukung selama hari kerja mereka, sementara sayangnya, 20 persen harus bekerja sambil duduk di sofa atau tempat tidur. Ini memainkan malapetaka mutlak dengan postur dan kesehatan tulang belakang.”

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Banyak duduk, sedikit olahraga

Sakit Punggung - Vania
Perbesar
Ilustrasi Sakit Punggung/https://unsplash.com/Keenan Constance

Statistik terbaru menunjukkan bahwa hari kerja rata-rata telah meningkat 48 menit di seluruh dunia, dan banyak orang melakukan lebih sedikit olahraga untuk mengimbangi ini.

Survei Mind Your Back terhadap 1.000 orang menemukan bahwa seperlima responden mengaku tidak berolahraga sama sekali dalam seminggu kerja biasa, dan hanya tujuh persen berjalan dan melakukan peregangan setiap jam - yang direkomendasikan untuk pekerjaan meja.

Lebih dari setengah dari mereka yang disurvei (56 persen) yang mengalami nyeri punggung baru pada tahun lalu mengatakan mereka mengalami nyeri punggung bawah, sementara 23 persen mengalami nyeri di leher atau tulang belikat.

Nyeri punggung bawah dan leher adalah keluhan umum ketika layar tidak setinggi mata, atau kursi gagal menopang punggung, memungkinkan pekerja duduk dengan merosot.

Dr Jenkins berkomentar: “Merawat punggung kita dapat mengurangi stres dan meningkatkan energi sehingga kita dapat menjalani hidup kita sepenuhnya, tanpa rasa sakit dan nyeri yang menahan kita."

 


Program STEPS untuk melindungi punggung

CRUNCH
Perbesar
CRUNCH adalah latihan yang kerap dilakukan untuk mendapatkan perut ramping. (iStockphoto)

“Kita tidak bisa mempercepat pelonggaran lockdown tetapi kita bisa melakukan hal-hal di rumah untuk merawat punggung kita. Program 5 langkah: S.T.E.P.S. dapat membuat punggung Anda tetap mobile, fleksibel dan aktif, dan mudah untuk dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari.”

Berikut ini program 5 langkah S.T.E.P.S. yang dapat coba:

S TRETCH – Peregangan lembut, bahkan selama beberapa menit sehari, meningkatkan mobilitas dan membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.

T HERAPY – panas, dingin (atau lebih disukai keduanya, bergantian) atau terapi topikal anti-inflamasi (gosok, semprotan, patch).

E XERCISE – jalan kaki, bersepeda, dan berenang adalah latihan yang ringan, berdampak rendah, yang membantu memobilisasi otot dan persendian Anda.

P OSTURE – periksa postur Anda, terutama saat melakukan pekerjaan di meja atau menonton TV, untuk meredakan nyeri punggung bawah yang tidak spesifik dan meningkatkan penyembuhan

S TRENGTHEN – latihan core dan punggung memperkuat otot punggung dan mencegah kekakuan dan nyeri lokal.


6 Zodiak Ini Punya Jiwa Entrepreneur

Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi
Perbesar
Ilustrasi Zodiak Aries Credit: pexels.com/Macteus

Menjadi seorang entrepreneur tampaknya masih menjadi cita-cita banyak orang. Entrepreneur adalah orang-orang yang dapat menciptakan sebuah bisnis. Mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga bisnis besar. 

Pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang entrepreneur bisa didapatkan dari mana saja seperti sekolah, kursus, seminar, ataupun dari cerita dan pengalaman nyata orang-orang di sekitar yang sudah mendalami dunia bisnis sejak lama. Namun, sebagian orang dianugerahkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang entrepreneur secara otodidak dan naluriah.

Naluri atau insting ini membantu orang-orang tersebut untuk melihat peluang dan kesempatan serta cara memulai, mengembangkan, dan mempertahankan bisnis yang sedang ditekuninya. Mereka punya 1001 cara-cara kreatif dalam berbisnis yang mungkin tidak pernah terlintas di dalam benak orang lain. 

Orang-orang dengan jiwa entrepreneur identik dengan mental yang kreatif, inovatif, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, dan pantang menyerah. Mereka selalu totalitas dan mengusahakan cara-cara terbaik untuk membuat bisnisnya dapat sukses. Astrologi mungkin ada kaitannya dengan hal tersebut. Yuk, intip sederet zodiak berikut ini yang memiliki jiwa entrepreneur!


1. Capricorn

kepribadian zodiak
Perbesar
ilustrasi perempuan menyetir mobil/Photo by Cleyton Ewerton from Pexels

Capricorn dikenal sebagai seseorang yang tangguh, punya tekad yang besar, dan selalu fokus pada apa yang menjadi impiannya. Mereka memiliki peluang besar untuk berhasil dalam mendirikan usaha karena cerdik melihat peluang dan waktu yang tepat. Jiwa pengusaha mudah ditemukan di diri Capricorn. 

2. Leo

Leo pandai membangun koneksi yang baik dengan orang lain. Hal ini sangat bekerja untuk mengembangkan bisnis yang mereka sedang jalankan. Mereka pemimpin yang hebat dan dapat dipercaya. Pemilik zodiak ini berani menghadapi kegagalan. Mereka justru semakin termotivasi untuk mengatur strategi bisnis yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

3. Gemini

Memiliki segudang ide-ide kreatif, Gemini tahu persis bagaimana merealisasikan ide-ide dalam bentuk bisnis yang sedang dijalankannya. Gemini selalu totalitas. Mereka tidak ragu untuk keluar dari zona nyamannya demi memastikan bisnis mereka bisa berjalan sukses.

 


4. Virgo

zodiak
Perbesar
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Virgo terkenal sangat perfeksionis. Mereka sangat hati-hati dan punya analisis yang kuat terhadap sesuatu. Keterampilan ini membuat Virgo menjadi salah satu zodiak yang cocok menjadi seorang pengusaha. Bila sudah mengincar sesuatu, mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk tampil sebagai pemenang. 

5. Taurus

Taurus punya sifat-sifat yang diperlukan sebagai seorang pengusaha. Mereka terampil, sabar, dan punya tekad yang besar dalam mewujudkan kesuksesan bagi bisnisnya. Kesulitan dipandang sebagai suatu tantangan. Tidak peduli seberapa besar kesulitannya, Taurus punya berbagai cara-cara kreatif untuk menemukan solusinya.  

6. Libra

Mirip seperti Taurus, Libra selalu berfokus pada solusi bukan masalah saat menghadapi tantangan dalam menjalankan bisnis. Taurus sangat terbuka pada kritik dan saran. Tak heran, bisnis yang dipegang oleh pemilik zodiak ini bisa terus meningkatkan performa dan kualitasnya.

Infografis Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia
Perbesar
Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya