Ingin Punya Kulit Wajah Glowing Bak Artis Korea, Pilih Makanan Sesuai Jenis Kulit Anda

Oleh Liputan6.com pada 25 Sep 2022, 16:04 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 16:04 WIB
diet keto
Perbesar
ilustrasi diet makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Kulit wajah yang sehat dan mulus bak artis-artis Korea tentunya jadi idaman semua wanita. Namun, tahukah Anda, selain perawatan wajah dari luar dengan menggunakan produk-produk kecantikan dan skincare, Anda tetap harus melakukan perawatan dari dalam juga, lho. Susah-susah gampang, Anda harus pintar memilah-milah asupan Anda. 

Tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang dengan jenis kulit wajah tertentu.  Secara umum, ada beragam masalah kulit wajah seperti mudah kering, berminyak, kusam, kulit kombinasi ataupun kulit yang tampak lebih tua dari usia aslinya.

Jadi, perlu Anda catat bahwa beda jenis kulit wajah, beda pula kebutuhan nutrisi yang  harus dipenuhi. Perawatan dari luar dan dalam akan bekerja lebih maksimal dan lebih terasa manfaatnya. 

Kira-kira apa saja makanan yang boleh dan sebaiknya dihindari untuk jenis kulit Anda? Yuk, intip sederet asupan yang cocok untukmu berdasarkan tipe jenis kulit berikut ini, seperti melansir dari Healthline, Minggu (25/9/2022).

1. Kulit berminyak

Bagi Anda yang punya masalah kulit berminyak atau oily skin disarankan untuk membatasi konsumsi makanan olahan yang berminyak seperti kentang goreng dan menjaga asupan gula. Anda bisa beralih ke makanan sehat yang cocok untuk mengatasi peradangan minyak pada wajah seperti alpukat, ikan, dan biji rami.

Perlu diketahui bahwa kulit berminyak terjadi karena produksi wajah kelebihan memproduksi sebum. Untuk mengontrol produksi sebum dan menghindari pori-pori tersumbat, Anda bisa beralih mengkonsumsi makanan seperti gandum dan ikan daripada daging merah serta memenuhi kebutuhan gula dengan konsumsi buah-buahan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Kulit Kering

Merasakan Perih dan Gatal
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Perih dan Gatal Credit: freepik.com

Jika kamu termasuk tipe kulit kering atau dry skin, sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat menghidrasi kulit. Dianjurkan untuk minum 2 liter air sehari. Anda juga bisa mendapatkan asupan air melalui buah-buahan seperti semangka.

Anda pun dapat menghidrasi kulit dengan asupan-asupan yang mengandung asam lemak seperti alpukat, minyak zaitun, dan salmon. Ada juga perlu meningkatkan asupan vitamin A dan vitamin C seperti bayam, brokoli, dan ubi jalar. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol. Keduanya dapat membuat kulit menjadi kering.


3. Kulit Kombinasi

Kulit Mengelupas dan Menjadi Tipis
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Mengelupas Credit: freepik.com

Kulit kombinasi adalah jenis kulit gabungan antara berminyak dan kering. Saat cuaca panas kulit dengan mudah berminyak dan saat cuaca dingin kulit akan menjadi kering. Anda perlu memperhatikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi.

Asupan karbohidrat yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan merusak keseimbangan kulit bagi Anda yang memiliki tipe kulit kombinasi. Pilihlah makanan karbohidrat yang juga tinggi protein seperti beras merah. 


4. Kulit Berjerawat

Gambar Ilustrasi Wanita Dengan Kondisi Kulit Berjerawat
Perbesar
Sumber: Freepik

Tak hanya remaja, jerawat juga dapat menjadi masalah kulit pada orang dewasa. Jerawat muncul karena adanya minyak, peradangan, dan bakteri yang menumpuk pada kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berjerawat dapat mengikuti pola makan seperti tipe kulit berminyak.

Perkaya konsumsi vitamin C dari berbagai buah-buahan. Perbanyak pula konsumsi makanan yang mengandung seng seperti kerang, sereal, dan biji labu. Seng sangat membantu mengatasi jerawat. 


5. Kulit Kusam

serum-kezo
Perbesar
ilustrasi serum jerawat/freepik

Kulit tampak tidak cerah, tidak merata, dan terasa kering merupakan ciri-ciri kulit kusam. Paparan polusi udara membuat kulit stres dan menjadi kusam. Untuk itu, penting bagi Anda dengan tipe kulit kusam untuk banyak mengkonsumsi asupan yang kaya akan antioksidan dan likopen seperti pepaya, tomat, paprika merah, dan jambu biji.


6. Kulit Tampak Lebih Dewasa

ilustrasi kentang mencegah penuaan dini/pixabay
Perbesar
ilustrasi kentang mencegah penuaan dini/pixabay

Hal yang perlu diingat bahwa pada akhirnya kulit setiap orang akan dewasa, menua, dan muncul kerutan. Itu hal normal. Namun, nutrisi kolagen dapat sedikit membantu memperlambat proses tersebut.

Ya, Anda pasti sering mendengar bahwa rutin mengkonsumsi kolagen membantu membuat kulit tampak awet muda. Anda dapat menjumpai makanan yang kaya akan kolagen  dengan protein seperti ikan dan telur. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti blueberry dan jeruk dapat pula membantu penyerapan kolagen. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya