PNJ Adakan Webinar untuk Mendukung Orangtua dengan Anak Down Syndrome

Oleh Liputan6.com pada 22 Sep 2022, 19:07 WIB
Diperbarui 22 Sep 2022, 19:07 WIB
PNJ Adakan Webinar untuk Mendukung Orangtua dengan Anak Down Syndrome
Perbesar
Doc: Istimewa

Liputan6.com, Jakarta Down Syndrome atau Trisomy 21 merupakan gangguan genetik sejak bayi lahir berupa adanya kelainan genetik dalam pembelahan sel yang biasanya menghasilkan dua salinan kromosom 21 di dalam q22 gen SLC5A3, namun menghasilkan tiga salinan. Gangguan ini menyebabkan perbedaan tampilan wajah dan keterlambatan tidak hanya pada pertumbuhan fisik tetapi juga pada perkembangan intelektual individu yang mengalaminya. 

Menurut World Health Organization (WHO) sejauh ini kemungkinan terdapat 8 juta penyandang Down Syndrome di seluruh dunia dan dari jumlah tersebut lebih dari 3.000 kasusnya terdapat di Indonesia. Permasalahan mengenai anak penyandang Down Syndrome tidak hanya seputar kesehatan fisik dan psikologis saja tetapi juga stigma masyarakat mengenai kondisi diri mereka.

Kondisi ini membuat gerak aktivitas mereka menjadi semakin terbatas dan berdampak pada orangtua yang seringkali bingung dalam menemukan wadah yang sesuai serta ramah untuk anak mereka tersebut.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Webinar bisnis bagi orangtua dengan anak down syndrome

PNJ Adakan Webinar untuk Mendukung Orangtua dengan Anak Down Syndrome
Perbesar
Doc: Istimewa

Oleh karena itu, untuk menunjukkan dukungan sosial yang nyata bagi orangtua dengan anak penyandang Down Syndrome, pada Sabtu tanggal 17 September 2022 Politeknik Negeri Jakarta melalui Tim Pengabdian Masyarakat Prodi D-3 Manajemen Pemasaran Jurusan Akuntansi mengadakan acara Webinar Bisnis: Penggalian Minat dan Bakat serta Kewirausahaan bagi Orangtua dengan Anak Penyandang Down Syndrome.

Pada sesi penggalian minat dan bakat, pembicara yang mengisi ialah Mba Putu Widiastiti Giri, M.Psi., Psikolog alumni Fakultas Psikologi Universitas Indonesia seorang perempuan cerdas dan berbakat asal Bali yang memiliki pengalaman panjang dalam mendampingi tumbuh kembang siswa/i berkebutuhan khusus.

Selanjutnya pada sesi kewirausahaan, pembicara yang mengisi ialah Mba Ririn Febriyanti sebagai perwakilan dari Yayasan Griya Karya Kemal yaitu sebuah balai latihan kerja bagi warga negara berkebutuhan khusus agar mampu mengembangkan kreativitasnya, mandiri secara finansial, dan meningkat kualitas hidupnya.

Pertemuan ini diikuti oleh sekitar 100 orang peserta dari seluruh Indonesia melalui platform zoom dan disiarkan secara langsung melalui youtube https://s.pnj.ac.id/WebinarBisnisPengmas2022.

 

Penulis:

Tim PengMas

Prodi D-3 MP, Jur. Ak, PNJ

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya