Sukses

7 Tanda Kanker Mulut yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Ketahui tanda-tanda halus kanker mulut yang bisa menjadi indikator potensial pertumbuhan kanker dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit mulut termasuk berbagai bentuk kanker mulut, mempengaruhi 3,5 miliar orang di seluruh dunia.

Berbagai jenis penyakit mulut di antaranya, karies gigi atau kerusakan gigi, penyakit periodontal atau penyakit gusi, oro trauma gigi, noma-penyakit gangren di mulut, celah bibir dan langit-langit.

“Insiden global kanker bibir dan rongga mulut diperkirakan 4 kasus per 100.000 orang,” kata WHO dan menambahkan bahwa bentuk kanker ini lebih seirng terjadi pada pria dan orang tua, dan sangat bervariasi menurut sosio-kondisi ekonomi.

Sama seperti bentuk kanker lainnya, tanda-tanda awal kanker mulut seringkali tidak disadari dan menetap dan tumbuh di dalam tubuh.

Namun, jika seseorang jeli tentang berbagai tanda dan gejala penyakit, pertumbuhan kanker bisa diperiksa pada tahap awal.

Oleh karena itu ketahui tanda-tanda halus kanker mulut yang bisa menjadi indikator potensial pertumbuhan kanker dalam tubuh, seperti melansir dari Times of India, Rabu (21/9/2022).

1. Sakit yang tidak kunjung sembuh

Sementara sariawan atau luka di bibir terlihat pada banyak orang dan terutama terjadi karena kekurangan vitamin C, perlu dicatat bahwa luka yang tidak sembuh-sembuh bisa bersifat kanker.

Jika Anda memiliki sariawan dan melihatnya bertahan lebih lama, segera untuk memeriksakan diri ke dokter.

2. Bercak putih di mulut

Bercak keputihan atau terkadang kemerahan di bagian dalam mulut bisa mengindikasikan kanker. Meskipun ada beberapa alasan di baliknya seperti masalah lambung atau infeksi mulut, tapi jika itu mempengaruhi rasa atau bahkan bicara, disarankan untuk mengambil bantuan medis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gigi goyang

Jika gigi Anda kendur dan rontok tanpa penjelasan apapun, Anda harus mengantisipasi sesuatu yang serius dan tidak menunda-nunda berkonsultasi ke dokter.

4. Benjolan di dalam mulut

Tanda pertama dan terpenting dari tumor kanker adalah pertumbuhan yang menggumpal. Ketika permukaan mulut normal memiliki pertumbuhan yang menggumpal pasti akan terlihat.

Dalam kasus seperti itu, jangan menunggu benjolan itu hilang dengan sendirinya. Sebaliknya, segera memeriksakan diri ke dokter.

5. Sakit di mulut

Rasa sakit yang tidak bisa dijelaskan di mulut yang bertahan lebih lama harus ditangani secara medis. Meskipun ada beberapa penjelasan untuk rasa sakit di mulut, orang tidak boleh mengesampingkan alasan terburuk.

3 dari 3 halaman

6. Sakit di telinga

Jika telinga Anda sakit tanpa terinfeksi, silakan lakukan pemeriksaan telinga, hidung dan tenggorokan lengkap dari dokter spesialis.

Jangan menunda janji dengan dokter dan hanya mengandalkan obat tetes telinga yang dijual bebas atau dengan mencoba pengobatan rumahan.

7. Sakit saat menelan

Pertumbuhan kanker di mulut pasti akan mempengaruhi cara Anda makan. Dari mengunyah hingga menelan, pertumbuhan sel kanker di mulut akan mempengaruhi setiap fungsi normal mulut.

Jika Anda menemukan kesulitan dalam menelan makanan, jangan menunggu dan segera kunjungi dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.