Sukses

7 Cara Paling Efektif Menetapkan Batasan di Tempat Kerja

Berikut ini beberapa cara paling efektif untuk menetapkan batasan di tempat kerja

Liputan6.com, Jakarta Kita sering mendengar ungkapan “menetapkan batas”. Ada alasan mengapa ini begitu umum dan orang benar-benar membayar uang untuk diajari bagaimana melakukan ini — sulit. Tidak hanya sulit, tetapi dengan integrasi pekerjaan dan kehidupan, kerja jarak jauh, masuknya alat digital, dan daya saing yang terus tumbuh di tempat kerja modern—menetapkan batasan adalah masalah umum.

Pikirkan menetapkan batasan sebagai latihan yang menyenangkan dalam menghilangkan kelebihan dari kehidupan kerja Anda, untuk menyediakan waktu dan ruang untuk apa yang Anda kuasai, apa yang perlu dilakukan, dan apa yang benar-benar Anda sukai.

Berikut ini tujuh langkah sederhana untuk mewujudkannya.

1. Tentukan Batas Anda

Sebelum melaksanakan penetapan batas, penting untuk duduk dan berpikir tentang apa itu sebenarnya. Kita sering mendengar cara normal untuk menetapkan batasan seperti menetapkan jadwal yang konsisten, tidak memeriksa email setelah waktu tertentu, atau memblokir waktu.

Meskipun itu semua adalah cara yang bagus dan penting untuk menyiapkan diri Anda untuk sukses dan mengasah fokus Anda, penting untuk benar-benar meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana Anda benar-benar ingin hari Anda terlihat.

Luangkan waktu 20 menit pada suatu pagi di akhir pekan. Ambil secangkir kopi atau teh favorit Anda, dan buka halaman kosong di buku catatan atau dokumen baru di layar Anda. Tuliskan bagaimana Anda ingin hari Anda terlihat di dunia yang sempurna. Meskipun Anda mungkin tidak dapat melakukan semua yang ada dalam daftar itu, selalu ada cara untuk membangun hidup Anda agar lebih mencerminkan harapan dan impian Anda.

Cari tahu keinginan mana yang dapat Anda integrasikan secara realistis ke dalam rutinitas dan tanggung jawab Anda saat ini. Jika Anda perlu memulai satu per satu, maka bagus! Itu selalu lebih baik daripada tidak sama sekali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Komunikasikan Batasan Itu

Setelah Anda menentukan apa yang ingin Anda terapkan ke dalam kehidupan kerja Anda, inilah saatnya untuk mengeksekusi. Langkah pertama? Komunikasikan kebutuhan Anda.

Periksa dengan kolega Anda, orang yang Anda kelola, dan atasan Anda tentang apa yang ingin Anda sesuaikan. Perlu istirahat 20 menit di pagi hari? Tambahkan ke kalender Anda, beri tahu atasan Anda atau orang yang Anda kelola bahwa Anda mungkin keluar kurang dari setengah jam setiap pagi, dan berkomunikasi ketika Anda akan kembali online setelahnya.

Jika Anda ingin menetapkan batasan yang sedikit lebih besar, pastikan ini bekerja untuk atasan dan organisasi Anda sebelumnya. Selalu pertimbangkan jadwal orang lain dan apa yang mungkin mereka butuhkan dari Anda juga ketika memikirkan apa yang paling cocok untuk Anda dan mereka.

 

3 dari 5 halaman

3. Siapkan Pagar Pembatas

Sekarang setelah Anda berkomunikasi dan mengonfirmasi bahwa semua sudah sesuai dengan batasan yang telah Anda tetapkan, saatnya untuk menyiapkan pagar pembatas tambahan sehingga Anda sendiri yang mengikutinya. Terkadang, mengikuti dan berpegang teguh pada batasan Anda sendiri bisa menjadi bagian tersulit.

Siapkan kalender Anda dengan jadwal baru Anda. Selain itu, tambahkan blok waktu untuk menyelesaikan proyek besar atau melalui email Anda.

Ambil langkah lebih jauh dan lihat fitur-fitur berbeda di alat komunikasi apa pun yang mungkin digunakan organisasi Anda. Misalnya, Slack memiliki fitur untuk menghubungkan Google Kalender Anda, membuatnya mulus untuk menunjukkan rekan kerja Anda saat Anda sedang rapat atau tidak ada. Anda juga dapat mengatur status khusus untuk menunjukkan bahwa Anda sedang mengerjakan laporan atau proyek tertentu.

 

4 dari 5 halaman

4. Diskusikan Gaya dan Jadwal Kerja Anda

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan saling mengomunikasikan apa yang terbaik. Cara kecil lainnya untuk menetapkan batasan dan meningkatkan hari kerja Anda adalah berbicara dengan rekan kerja Anda tentang cara Anda lebih suka menerima barang, berkomunikasi secara internal, dan melakukan tugas. Misalnya, jika seseorang mengirimi Anda pesan dokumen dan Anda lebih suka mengirimkannya melalui email agar tidak hilang, tanyakan saja!

Memang benar apa yang mereka katakan—mintalah dan kamu akan menerima. Jika seseorang tidak tahu bahwa Anda lebih menyukai sesuatu dengan cara tertentu, bagaimana mereka tahu untuk mengubahnya?

5. Tinjau Tenggat Waktu, Tugas, dan Proyek Terlebih Dahulu

Adalah penting melakukan check-in mingguan di awal atau akhir minggu.Gunakan check-in cepat ini untuk meninjau apa yang ada di radar selama seminggu dan siapa yang melakukan apa. Bicara melalui tenggat waktu tertentu.

Jika Anda membutuhkan tenggat waktu, tanyakan kepada manajer atau direktur Anda kapan mereka membutuhkan sesuatu. Ini akan mengurangi pesan di kotak masuk Anda dan memberi Anda ruang untuk bernapas mengetahui bahwa Anda berada di jalur yang benar selama minggu kerja Anda.

 

5 dari 5 halaman

6. Luangkan Waktu Anda

Meskipun mudah untuk masuk ke dalam pola pikir yang harus selalu "aktif" untuk menjadi sukses — itu bukan cara yang berkelanjutan untuk melanjutkan karier Anda. Bagaimanapun, kita berada di dalamnya untuk jangka panjang. Jadi luangkan waktu Anda, itulah gunanya.

Masalah dengan waktu istirahat adalah bahwa kita semua tahu bahwa kadang-kadang bisa membuat stres. Sederhana saja: persiapkan.

Tinjau panggilan yang Anda lakukan, tugas yang biasa Anda lakukan, dan item lain yang diperlukan. Bicaralah dengan rekan kerja tentang liputan dan persiapkan mereka terlebih dahulu.

7. Pahami Saat Batas Harus Dilanggar

Semua cara berbeda untuk menetapkan batasan ini bagus secara teori, bukan?Namun ada kalanya ini perlu diturunkan atau diabaikan sepenuhnya. Misalnya, jika ada hal yang mendesak di tempat kerja.

Kunci karier yang sukses adalah mengetahui kapan hal-hal mendesak, kapan itu menjadi prioritas, kapan itu tidak penting sama sekali, dan bagaimana mengatur semua hal di antaranya untuk menggerakkan jarum sambil seefisien mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.