Sukses

5 Fakta Tentang Song Joong Ki yang Sedang Berulang Tahun Hari Ini

Namun di balik kariernya yang cemerlang, banyak yang belum mengetahui beberapa fakta tentang sosok Song Joong-ki.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini tepatnya tanggal 19 September, aktor kenamaan Korea Selatan, Song Joong Ki sedang berulang tahun. Dengan wajah tampan dan aktingnya yang luar biasa, Song Joong-ki telah memiliki tempat di banyak hati para penggemarnya.

Karier Song berlangsung selama 13 tahun, dengan peran dalam produksi favorit penggemar seperti Sungkyunkwan Scandal (2010), Running Man (2010-11), Descendants of the Sun (2016) dan yang terbaru, Vincenzo (2021). 

Descendants of the Sun sangat penting, tidak hanya karena drama tersebut menjadi hit global dan semakin memperkuat popularitasnya, tetapi juga karena di sanalah ia bertemu dengan mantan istrinya Song Hye-kyo.

Di luar akting, di mana ia telah memenangkan banyak penghargaan, Song Joong-ki juga sangat menyukai filantropi. Dia telah menjadi advokat untuk anak-anak yang menderita kanker dan juga telah membantu meningkatkan kesadaran dan dana untuk Yayasan Leukemia Anak Korea. 

Dia juga telah menyumbangkan uang untuk membantu upaya pascagempa di Sichuan dan Nepal. Baru-baru ini, pria 37 tahun itu diam-diam menyumbangkan uang untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19.

Tahun 2021 merupakan tahun yang sibuk bagi Song Joong-ki lantaran film Space Sweepers dan drama Vincenzo dirilis di Netflix pada bulan Februari. Yang pertama mengumpulkan jutaan penayangan dan sekuelnya telah dijadwalkan untuk diproduksi sementara itu Vincenzo menjadikannya sebagai drama dengan rating tertinggi kesepuluh dalam sejarah televisi kabel Korea. 

Namun di balik kariernya yang cemerlang, banyak yang belum mengetahui beberapa fakta tentang sosok Song Joong-ki. Dilansir dari womensweekly berikut deretan fakta tentang aktor Song Joong-ki:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dia adalah seorang speed skater

Bagi mereka yang menonton serial televisi Triple (2009), Anda mungkin ingat karakter Song Joong-ki sebagai seorang skater kecepatan trek pendek. Tapi tahukah Anda, Song sebenarnya adalah seorang speed skater short-track dan bahkan memenangkan penghargaan? Dia mulai bermain skating selama bertahun-tahun di sekolahnya, bermain untuk tim regional kota kelahirannya dan menjadi bagian dari Festival Olahraga Nasional Korea tiga kali. Lantaran pernah cedera, Song kemudian membuat keputusan untuk berhenti. 

3 dari 6 halaman

Dia adalah siswa yang cerdas dan rajin

Song Joong-ki mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa dia telah mengabdikan dirinya untuk belajar setelah meninggalkan olahraga dengan harapan mencapai nilai bagus untuk menebus rasa kehilangan. 

Usahanya membuahkan hasil, dan dia adalah siswa straight-A di sekolah menengah, memperoleh nilai 380 dari 400 pada ujian perguruan tinggi nasional dan melanjutkan belajar Administrasi Bisnis di Universitas Sungkyunkwan yang bergengsi. 

Selain itu, ia mengambil posisi kepemimpinan puncak dewan siswa di sekolah menengah dan diberi penghargaan untuk kehadiran sempurna. Bukti lain dari kecerdasannya? Song memenangkan tempat kedua di Kuis Korea KBS, yang juga merupakan penampilan pertamanya di TV.

4 dari 6 halaman

Dia tidak paham teknologi

Sementara kita terbiasa mengikuti selebriti favorit kita di media sosial, Song Joong-ki dapat dianggap terlambat mengikuti tren ketika ia hanya membuka Instagram resminya sendiri pada Hari Valentine tahun ini. 

Meskipun kita tidak tahu apa yang membuatnya begitu lama, Song telah mengungkapkan dalam sebuah wawancara tahun 2016 dengan News9 KBS1TV bahwa alasannya sederhana. “Saya sama sekali tidak paham teknologi. Saya tidak menggunakan [media sosial] karena saya tidak pandai dalam hal itu. Aku tidak tahu bagaimana menggunakannya," ujarnya. 

5 dari 6 halaman

Dia salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di Korea

Dengan peran ikonik dalam produksi seperti Sungkyunkwan Scandal (2010), A Werewolf Boy (2012), Descendants of the Sun (2016) dan Vincenzo (2021), Song Joong-ki telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu aktor Korea terbesar di generasinya. Faktanya, Song juga merupakan salah satu aktor dengan bayaran tertinggi saat ini, South China Morning Post memperkirakan bayarannya lebih dari 200 juta won (S$228k) per episode di drama Vincenzo.

6 dari 6 halaman

Tidak pernah bercita-cita jadi aktor

Meskipun kita tidak dapat membayangkan Song Joong-ki menjadi apa pun selain seorang aktor, dia tidak bercita-cita menjadi aktor pada awalnya. Dalam wawancara tahun 2013 dengan KBS 'Star Date, Song mengungkapkan bahwa impian masa kecilnya termasuk menjadi diplomat dan anggota staf di perusahaan penyiaran, selain ingin menjadi aktor. Dalam sebuah surat dari guru SMA-nya yang terungkap di sebuah acara, Song rupanya juga bermimpi menjadi pembawa berita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.