Sukses

Kerap Dikiran Merek Luar Negeri, 10 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Produk Lokal

Beberapa merek makanan lokal memang sering disangka sebagai produk luar negeri, karena merek tersebut menggunakan istilah asing.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak sih yang bilang “Apalah arti sebuah nama” tapi nggak bisa dimungkiri, nama suatu produk ternyata bisa sebegitu berpengaruhnya terhadap persepsi orang-orang akan produk itu sendiri. Misalnya seperti apa bahan yang digunakan, bagaimana kualitasnya, sampai dari mana asalnya. Ini nih yang bikin banyak orang beranggapan bahwa produk makanan lokal Indonesia kita disangka dari luar negeri. Beberapa merek makanan lokal memang sering disangka sebagai produk luar negeri, karena mere tersebut menggunakan istilah asing.

1. J.CO

Kamu pasti gak asing dengan merek donut and coffee shop satu ini. Ternyata J.CO adalah merek dagang asli Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2005 lalu. Salah satu anak usaha milik Johny Andrean ini membuka outlet pertamanya di Supermall Karawaci.

Hingga saat ini, gerai tersebut terus berkembang hingga ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan China. Kualitas rasa dan konsistensi dari donat serta olahan kopinya adalah kunci sukses J.CO di pasar lokal maupun internasional.

2. Silverqueen

Saat akan membayar di kasir minimarket mungkin kamu akan dihadapkan pada cokelat yang satu ini. Kemasannya yang rapi, deskripsi menggunakan bahasa Inggris, serta nama yang seolah kebarat-baratan menjadikannya tampak seperti buatan luar negeri.

Percaya atau tidak Silverqueen bersama dengan Chunky Bar, dan Ceres adalah produk-produk buatan PT Petra Foods yang berada di Garut. Akan tetapi, memang benar sih produk-produk ini dipasarkan ke 17 negara lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Produk Lokal

3. La Fonte

Produknya yang berbentuk pasta mungkin membuat kita terkecoh dan mengira bahwa produk ini berasal dari Italia. Padahal La Fonte ternyata masih satu produsen dengan Indomie yaitu dari Indofood. jadi tentu saja La Fonte berasal dari Indonesia

Produk ini bahkan ternyata sudah diproduksi sejak tahun 1991 lo. Kini, tak hanya terkenal di Indonesia La Fonte malah diekspor juga ke lebih dari 20 negara.

4. California Fried Chicken (CFC)

Walaupun bernama California, tetapi California Fried Chicken (CFC) adalah makanan lokal dari Indonesia. Awalnya restoran cepat saji ini bernama California Pioneer Chicken, namun tahun 1988 berubah nama, hingga sekarang restoran ini tersebar di seluruh Indonesia.

6. Breadlife

Breadlife adalah toko roti khas Jepang, yang sebenarnya berasal dari Indonesia. Toko ini memiliki detail tradisional dan modern Jepang, sehingga sering disangka orang kalau toko dari Jepang. Uniknya lagi, selain menjual kue khas Jepang, toko ini juga menjual roti khas western.

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Produk Lokal

7. Equil

Melihat kemasannya yang eksklusif, kamu mungkin mengira kalau produk satu ini diimpor dari luar negeri. Namun, Equil justru air mineral kemasan premium yang diproduksi PT Equilindo Lestari. Produk air mineral kemasan juga bisa dibuat berkelas. Seperti Equil yang dijual dengan harga puluhan ribu rupiah untuk setiap botol ukuran kecil.

PT. Equilindo Lestari sebagai produsen membuat kemasan Equil terlihat mewah, yang di pasarkan untuk restoran berkelas maupun lembaga tinggi. Sumbernya berasal dari mata air Gunung Salak Jawa Barat dan dikemas di Sukabumi. Meski hanya air mineral siap minum, distribusi produknya cukup luas hingga mencapai pasar Eropa, salah satunya di Italia.

8. Greenfields

Dibandingkan pesaingnya yang memiliki nama Indomilk atau Ultramilk, Greenfields lebih mirip dengan produk dari luar negeri. Akan tetapi, siapa sangka kalau berbagai macam produk dari susu ini ternyata diproduksi di Malang, Jawa Timur? Ya meskipun produk-produknya juga bisa ditemui di beberapa negara di luar negeri.

4 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Produk Lokal

9. Hoka-Hoka Bento

Meskipun sudah berdiri sebagai makanan cepat saji ala Jepang, tapi Hoka-Hoka Bento nyatanya brand asal Jakarta, lho. Hoka-Hoka Bento atau disingkat Hokben diciptakan PT Eka Boga Inti pada 1985 silam.

Dalam bahasa Jepang, Hoka-Hoka Bento punya arti "makanan hangat dalam boks", karena konsep mereka dalam menyajikan makanan khas Jepang secara cepat dan hangat. Saat ini mereka memiliki lebih dari 350 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

10. Excelso

Kopi saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup modern. Anda bisa dengan mudah menemukan kedai kopi dengan berbagai nama. Mulai dari kedai kopi asing hingga lokal. Di antara berbagai kedai kopi tersebut, ada satu kedai kopi lokal yang ternyata sudah memiliki banyak gerai. Bukan hanya di Indonesia, gerai kedai kopi ini juga bisa Anda temukan di luar negeri, salah satunya di Shanghai.

Desain logonya yang simpel dan elegan membuat Excelso nampak seperti coffee shop merek luar, layaknya Starbucks. Namun, outlet yang pertama kali berdiri pada 1991 lalu tersebut merupakan produksi Indonesia. Excelso terus berkembang pesat, bahkan di tahun 2016 saja, mereka telah memiliki 126 gerai dilebih dari 30 kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.