Sukses

9 Tanda yang Kamu Sedang Rasakan Adalah Nafsu, Bukan Cinta

Seorang pakar menyebutkan perbedaan merasakan nafsu dan cinta. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Nafsu dan cinta sering dapat digunakan secara sinonim, dan memang benar, mereka memiliki hubungan yang melekat satu sama lain. Tapi mereka memang dua perasaan yang sangat berbeda.

Pernahkah Anda menemukan diri Anda dalam hubungan baru yang intens; Anda tahu, saat-saat di mana Anda begitu gugup melihat orang lain sehingga perut Anda dipenuhi kupu-kupu saat membayangkan melihatnya. Yang di mana Anda mempertanyakan pakaian Anda seratus kali sebelum setiap pertemuan.

Hal-hal di mana Anda tidak bisa berhenti memikirkannya, sampai-sampai seluruh minggu Anda dipenuhi oleh pemikiran tentang mereka, mengirim pesan teks tanpa henti, dan nongkrong untuk kencan berikutnya yang tinggal beberapa hari lagi.

Dalam hubungan asmara seperti inilah kita dapat dengan mudah dibutakan oleh gagasan cinta dan kasih sayang dengan orang lain, sehingga kita mengabaikan apa yang sebenarnya kita rasakan.

Dalam banyak kasus, cinta ini diterjemahkan menjadi nafsu: keinginan untuk seseorang, bukan cinta: kasih sayang yang mendalam untuk orang lain. Nafsu dan cinta sering dibahas sebagai dua emosi yang berbeda, tetapi kenyataannya, keduanya ada dalam spektrum ketertarikan.

Melansir dari BodyandSoul.com.au, Dana Foundation menyebut spektrum ini sebagai sistem emosi yang memperumit kehidupan manusia. Emosi yang dimaksud termasuk nafsu (atau libido), kegilaan (atau cinta yang penuh gairah), dan keterikatan (atau cinta pendamping). Masing-masing dari tiga sistem emosi terhubung ke neurobiologi tertentu di otak, yang berarti bahwa mereka masing-masing terkait dengan serangkaian sifat perilaku yang berbeda.

Dan sementara ketiga kategori ini dapat, dan kemungkinan besar, tumpang tindih di banyak tahap hubungan apa pun, memahami perbedaan utama antara nafsu dan cinta dapat membantu mencegah timbulnya potensi sakit hati.

Lena Derhally, terapis hubungan bersertifikat dan terapis seks perilaku kognitif berbicara dengan US Men's Health untuk membagikan tanda-tanda yang menunjukkan hubungan Anda yang didorong oleh nafsu. Apa saja? Ini dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda hubungan didorong oleh nafsu

1. Kamu obsesif

Jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus memikirkan orang lain, berfantasi tentang skenario masa depan bersama mereka dan memutar ulang kenangan masa lalu tentang mereka, kemungkinan Anda masih duduk di ujung spektrum nafsu.

2. Anda merindukan mereka tanpa henti

Bagian dari keinginan yang melekat pada nafsu adalah keinginan untuk bersama, atau dekat, orang lain sebanyak mungkin. Jika Anda mendapati diri Anda memeriksa keberadaan mereka, dan menanyakan kapan mereka akan sering pulang sepanjang minggu, nafsu Anda sedang memuncak.

3. Anda pikir mereka tidak bisa melakukan kesalahan.

Tanda nafsu yang jelas tidak hanya menonjolkan semua hal baik dalam diri seseorang, tetapi secara aktif menghindari semua bagian buruknya. Anda pikir mereka adalah pemberian Tuhan kepada dunia, tanpa cacat sedikit pun – padahal pada kenyataannya, tidak ada yang sesempurna itu.

 

3 dari 4 halaman

Tanda hubungan didorong oleh nafsu

4. Anda tidak benar-benar mengenal mereka, mereka juga tidak mengenal Anda

Pikirkan tentang aspek unik dari kehidupan orang ini. Apa gairah terbesar mereka? Dan apa yang Anda ketahui tentang gairah mereka ini? Jika Anda menggali lebih dalam, Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak tahu apa-apa di balik permukaan orang ini. “Itu juga mengapa kami mengatakan jangan menikah dengan seseorang yang super cepat,” tambah Derhally, karena ketika mata hati akhirnya memudar, ada lebih dari yang terlihat.

5. Anda merasakan ketertarikan seksual yang intens

Apakah Anda sering mendambakannya? Begitu Anda sampai di kamar tidur, apakah suhunya naik? Jika Anda menemukan bahwa ketika Anda bersama mereka, yang dapat Anda pikirkan hanyalah merobek pakaian mereka, mungkin pertimbangkan kembali apa yang menurut Anda menarik dari orang ini.

6. Perspektif Anda kabur

Gravitasi di mana Anda mendambakan orang ini, mencondongkan makhluk rasional Anda. Anda memutuskan untuk bergaul dengan mereka daripada melihat teman dekat Anda. Anda mengabaikan teks dari orang lain. Anda semakin mengisolasi diri Anda dari kelompok sosial yang luas.

 

4 dari 4 halaman

Tanda hubungan didorong oleh nafsu

7. Koneksi yang lebih dalam tidak ada di radar Anda

Seringkali dalam hubungan nafsu, kedua belah pihak tidak tertarik untuk membangun fondasi yang lebih dalam, melainkan mengejar keinginan yang menggembirakan. Jika Anda mendapati diri Anda tidak tertarik untuk mengenal seseorang lebih dalam, menemukan minat yang sama, dan menjalin hubungan di bawah permukaan, kemungkinan tidak ada bukti cinta sejati dalam kemitraan Anda.

8. Anda tidak merasa diterima

Apakah Anda pernah menyembunyikan diri Anda yang sebenarnya? Apakah Anda merasa seolah-olah Anda terus-menerus berusaha mengesankan dan memamerkan aspek diri Anda yang paling dangkal? Jika Anda melihat kembali interaksi Anda sebelumnya dan menyadari bahwa Anda sedang menampilkan versi diri Anda yang berubah, ada kemungkinan Anda merasa tidak nyaman dalam hubungan Anda, dan tidak ada kemitraan yang penuh kasih yang dapat menimbulkan perasaan semacam ini.

9. Ini semua tentang Anda atau orang lain, tetapi tidak pernah keduanya

Sebagian besar hubungan yang didorong oleh nafsu diatur oleh keegoisan. Masing-masing pihak, atau mungkin hanya satu, tidak menginginkan apa pun selain memuaskan keinginan mereka, tanpa kompromi, dan tanpa mempertimbangkan pihak lain. Jika Anda menemukan bahwa kecenderungan mengendalikan mulai muncul, mungkin inilah saatnya untuk melihat lebih dekat fondasi hubungan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.