Sukses

Sebuah Penelitian Temukan Adanya Disfungsi Penciuman pada Pasien Long Covid

Disfungsi penciuman adalah salah satu gejala neurologis paling umum di antara pasien long Covid.

Liputan6.com, Jakarta - Long Covid dapat digambarkan sebagai tanda dan gejala yang bertahan selama dua minggu atau lebih setelah seseorang terinfeksi COVID-19. Lebih dari 50 efek jangka panjang telah diidentifikasi, dengan disfungsi paru, kelelahan, gangguan neurologis, anosmia, dan radiografi dada yang abnormal menjadi yang paling umum.

Disfungsi penciuman adalah salah satu gejala neurologis paling umum di antara pasien long Covid. Anosmia persisten diamati pada 23% pasien COVID-19 akut.

Masih belum jelas apakah disfungsi penciuman terkait COVID-19 dapat dibalik, dan sedikit yang diketahui tentang dampak jangka panjangnya. 

Depresi, penurunan kualitas hidup, dan gangguan dalam perilaku makan terkait dengan gangguan penciuman kronis. Individu dengan disfungsi penciuman yang berkepanjangan mengalami kesulitan mempertahankan status kesehatan atau gizi, hubungan sosial, kebersihan pribadi, dan memasak.

Menentukan jenis, karakteristik, dan tingkat keparahan disfungsi penciuman sangat penting untuk prognosis dan pengobatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang studi

Dilansir dari News Medical, Rabu (14/9/2022), dalam penelitian ini para peneliti menggambarkan karakteristik klinis dan sosiodemografis pasien long Covid dengan disfungsi penciuman yang persisten. Itu dilakukan di antara subjek yang terdaftar untuk program tindak lanjut long Covid di universitas negeri Brasil di Amazon. Pasien dengan long Covid memiliki riwayat gejala COVID-19 biasa selama fase akut.

Peserta tidak divaksinasi sebelum COVID-19. Orang dewasa (18 tahun atau lebih) didaftarkan melalui formulir elektronik, dihubungi untuk konsultasi neurologis, dan dinilai dari 9 September 2020 hingga 20 Oktober 2021. Peserta yang dikecualikan adalah mereka yang memiliki riwayat penyakit/operasi neurologis dan trauma kepala.

Tim mengakses rekam medis elektronik untuk informasi klinis dan sosiodemografi seperti pendidikan, jenis kelamin, riwayat kesehatan, pendapatan, gejala, ageusia, dan anosmia pasca COVID-19. Indera penciuman dievaluasi menggunakan uji Connecticut chemosensory Clinical Research Center (CCCRC), yang terdiri dari uji ambang batas dan identifikasi bau. Skor CCCRC adalah skor kumulatif dari ambang batas dan tes identifikasi bau mulai dari nol sampai tujuh.

Peserta dianggap mengalami anosmia jika skor CCCRC kurang dari 1,75 dan normosmia jika skornya enam atau tujuh. Selain itu, hubungan antara disfungsi penciuman dan aktivitas kehidupan sehari-hari (penyiapan dan asupan makanan, kebersihan pribadi, kemampuan deteksi bahaya, gangguan kerja, dan hubungan sosial) dievaluasi melalui kuesioner.

3 dari 4 halaman

Temuan

Sampel analitik akhir terdiri dari 219 pasien, sebagian besar perempuan (74,9%), dengan usia rata-rata 43,2 tahun. Sebagian besar pasien (94,1%) menyelesaikan lebih dari sembilan tahun pendidikan, dan 52,5% pasien memiliki pendapatan bulanan hingga USD 192. Delapan puluh pasien mengalami normosmia, sedangkan pasien lainnya mengalami disfungsi penciuman.

Tingkat rawat inap tidak berbeda secara signifikan antara pasien dengan normosmia dan mereka dengan disfungsi penciuman. Peserta dengan disfungsi penciuman menunjukkan gejala untuk waktu yang sangat lama sejak onset COVID-19 dibandingkan dengan mereka yang normosmia.

Ada lebih banyak peserta dengan gejala neurologis yang berlangsung enam bulan atau lebih pada kelompok disfungsi penciuman daripada kelompok normosmia.

Lebih banyak pasien dalam kelompok normosmia mengalami sakit kepala, kecemasan, dan gangguan tidur dibandingkan dengan disfungsi penciuman. Sebaliknya, kelompok disfungsi penciuman memiliki lebih banyak pasien dengan ageusia. Persiapan makanan, kemampuan deteksi bahaya, dan kebersihan pribadi adalah aktivitas kehidupan yang terkait dengan disfungsi penciuman.

Regresi logistik univariat karakteristik klinis dan epidemiologi menunjukkan hubungan antara disfungsi penciuman dan ageusia dan hubungan terbalik disfungsi penciuman dengan sakit kepala dan gangguan tidur. 

Regresi logistik multivariabel mengungkapkan hubungan yang signifikan antara disfungsi penciuman dengan ageusia. Khususnya, non-rawat inap selama fase COVID-19 akut secara signifikan dikaitkan dengan disfungsi penciuman yang parah.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Anosmia adalah gejala neurologis paling umum yang diamati di antara pasien long Covid. Individu dengan disfungsi penciuman pasca-COVID-19 dapat menunjukkan berbagai tingkat kehilangan penciuman bahkan setahun setelah timbulnya gejala.

Regresi logistik mengungkapkan bahwa ageusia adalah satu-satunya faktor risiko yang terkait dengan disfungsi penciuman. Para penulis menemukan hubungan jangka panjang disfungsi penciuman dengan aktivitas kehidupan sehari-hari, terutama di antara mereka dengan anosmia.

Temuan ini menegaskan kembali bahwa disfungsi penciuman adalah gejala neurologis jangka panjang yang penting dari COVID-19, itu paling umum di antara orang dewasa, terutama wanita dan pasien rawat jalan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah disfungsi penciuman merupakan sekuela kronis atau permanen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid

  • Anosmia

  • penciuman