Sukses

Dapat Perbaiki Suasana Hati, Konsumsi 12 Makanan dan Minuman Ini untuk Mood yang Lebih Baik

Saat bad mood melanda, sebagian orang cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti keripik kentang, permen dan makanan manis, serta minuman beralkohol. Padahal, makanan dan minuman tersebut justru dapat memperburuk suasana hatimu.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah tidak kamu merasa hari terasa sangat lama? Karena badmood, kadang ingin sekali malam segera datang agar semua bisa cepat berakhir. Hal ini biasanya terjadi pada perempuan. Nah, jangan sampai bad mood merusak hari kamu. Kamu harus cepat mengatasinya dengan mencari tahu sumber masalahnya. Kalau sudah tahu penyebabnya, segera atasi. Jangan dibiarkan, itu justru bisa merusak kualitas kerja kamu di kantor.

Saat bad mood melanda, sebagian orang cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti keripik kentang, permen dan makanan manis, serta minuman beralkohol. Padahal, makanan dan minuman tersebut justru dapat memperburuk suasana hatimu.

Ketika sedang bad mood, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, mineral, seperti zinc, selenium, magnesium, protein, asam folat (vitamin B9), dan berbagai jenis vitamin B lainnya. Kandungan-kandungan tersebut diketahui dapat memberbaiki suasana hati yang buruk. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat bad mood:

1. Cokelat

Cokelat bukan hanya dalam bentuk pasta atau selai saja. Minuman cokelat atau kue yang berbahan dasar cokelat juga bisa bekerja efektif untuk mengatasi bad mood. Hal ini dikarenakan cokelat membuat kadar glukosa dalam darah naik dengan cepat. Ini menjadi suplai energi yang baik bagi otak, hasilnya mood juga jadi lebih baik. Konsumsi cokelat bisa bekerja cepat untuk memperbaiki kondisi mood yang suram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman yang Dapat Menaikan Mood

2. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang kaya akan asam amino triptofan dan vitamin B6. Vitamin B6 berperan dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin.

Serotonin itu sendiri merupakan zat kimia di otak yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi depresi, insomnia, dan gangguan kecemasan.

3. Makan es krim atau minum susu

Bukan hanya anak perempuan saja yang mengonsumsi es krim, perempuan dewasa juga bisa kok. Es krim mengandung senyawa yang bisa merangsang produksi thrombotonin. Hormon ini bisa mengatasi bad mood dan mencegah perubahan suasana hati kamu. Seakan merasa senang jika makan es krim saat kamu lagi galau. Selain dapat menenangkan perasaan kamu, kandungan susu dalam es krim juga bisa mencegah insomnia.

4. Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti sarden dan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Kekurangan nutrisi ini akan membuatmu lebih rentan untuk mengalami bad mood dan depresi. Oleh karena itu, usahakan untuk mencukupi asupan asam lemak omega-3 harianmu, ya.

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman yang Dapat Menaikan Mood

5. Teh Hijau

Minuman satu ini biasa menjadi pilihan orang-orang yang kurang menyukai kopi. Tidak hanya baik untuk kesehatan, teh hijau juga terkenal untuk meningkatkan mood.

Teh hijau dapat dinikmati dingin maupun hangat sesuai selera masing-masing. Selain itu, teh hijau sudah banyak diolah menjadi macam-macam makanan dan minuman, sehingga banyak cara untuk bisa mengonsumsi teh hijau.

6. Oatmeal

Memiliki indeks glikemik yang rendah membuat oatmeal menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. Pasalnya, makanan dengan indeks glikemik rendah akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darah.

Hal ini membantu gula darah dan suasana hati menjadi lebih stabil. Selain itu, oatmeal juga mengandung selenium yang efektif dalam menjaga suasana hati melalui pengaturan kelenjar tiroid.

7. Air kelapa

Air kelapa dipercaya bisa menyegarkan tubuh kamu lho. Secara kesehatan, air kelapa bisa mengatasi masalah dehidrasi yang dialami. Nah, air kelapa ini penuh dengan elektrolit yang dapat meningkatkan mood dengan cepat. Kamu bisa meminumnya secara asli maupun dengan campuran perasa lainnya.

8. Telur

Telur memiliki kandungan gizi yang baik, tinggi protein dan asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan nutrisi di dalam telur ini menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, telur juga dapat membantu tubuh agar lebih bertenaga.

4 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman yang Dapat Menaikan Mood

9. Seafood

Makanan laut, seperti udang dan kerang, juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang tidak baik. Pasalnya, kekurangan vitamin B6 dan B12, selenium, zat besi, serta zinc yang umum terkandung pada makanan laut dipercaya berisiko mengganggu kesehatan mental, seperti menyebabkan depresi.

10. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, serta biji-bijian, seperti wijen dan biji bunga matahari, kaya akan protein nabati, lemak sehat, dan serat.

Selain kandungan tersebut, makanan jenis ini juga menyediakan triptofan yang dapat memproduksi serotonin dan meningkatkan suasana hatimu ketika sedang kacau.

11. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi penting untuk menjaga kesehatan usus karena kaya akan bakteri probiotik. Makanan seperti kimchi, buttermilk, asinan kubis, miso, tempe, acar sayuran, kefir, yoghurt merupakan sumber probiotik yang kaya. Makanan ini penting untuk mengangkat suasana hati karena serotonin (hormon bahagia) diproduksi di usus.

12. Sayuran berdaun hijau

Bayam, methi mengandung vitamin B folat, kekurangannya dapat menghambat metabolisme serotonin, dopamin, dan noradrenalin (neurotransmitter penting untuk suasana hati). Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami peran yang tepat dari folat dalam kesehatan mental.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.