Sukses

8 Arti Letak Jerawat di Tubuh, Bisa Tunjukkan Kebiasaan Gaya Hidup Anda

Jerawat benar-benar bisa menentukan apa yang terjadi pada tubuhmu dan masalah kesehatan apa yang mungkin Anda miliki.

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat benar-benar bisa menentukan apa yang terjadi pada tubuhmu dan masalah kesehatan apa yang mungkin Anda miliki.

Namun, dalam kebanyakan kasus, itu semua disebabkan oleh masalah gaya hidup yang sangat sederhana yang bisa dengan mudah Anda ubah.

Hal yang harus dilakukan yakni mencari tahu apa yang memicu jerawat lain dan apa yang bisa kita lakukan hari ini untuk mencegahnya terjadi di masa depan.

Oleh karena itu, ketahui jerawat di beberapa bagian tubuh yang memberitahu Anda mengenai kebiasaan gaya hidupmu, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (8/9/2022).

1. Di sekitar mulut

Jerawat di sekitar mulut bisa terjadi jika kulit di area ini mengalami iritasi atau sering disentuh, seperti ponsel atau benda lain seperti tali helm atau alat musik.

Kosmetik dan produk wajah yang berbeda bisa juga menjadi penyebabnya. Begitu juga dengan hormon dan genetik.

Pertama-tama, jika sering muncul, temui dokter kulit yang akan menemukan perawatan yang tepat yang akan bekerja untukmu.

Tapi bagaimanapun juga, selalu lebih baik mencegahnya daripada mengobatinya. Jadi, lakukan pembersihan kulit dengan pembersih yang lembut atau mild dua kali sehari sebagai rutinitas.

Gunakan riasan berlabel "non-comedogenic" (tidak menyumbat pori-pori) dan produk bebas minyak, dan harap hindari menyentuh wajahmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Hidung

Hidung adalah salah satu area wajah yang paling umum untuk mengembangkan jerawat. Itu karena pori-porinya biasanya lebih besar, yang memudahkan kotoran dan bakteri menyumbatnya.

Terlebih lagi, kulit di sini juga lebih berminyak dan akibatnya lebih rentan terhadap jerawat.

Jerawat di hidung bisa dipicu oleh diet, stres dan obat-obatan tertentu. Terkadang itu bisa menjadi pertanda masalah kesehatan mendasar yang lebih serius.

Tapi penyebab paling umum adalah kebersihan yang buruk. Jadi selalu baik untuk menambahkan beberapa minyak tea tree ke rutinitasmu, yang merupakan perawatan yang sangat lembut dan efektif melawan jerawat, atau natrium sulfacetamide dan belerang yang akan mencegah bakteri pada kulit berkembang baik.

3. Dahi

Faktor penting di sini adalah sama peningkatan produksi minyak pada kulitmu. Tapi terkadang, sulit untuk mencari tahu mengapa itu terjadi.

Terutama jika Anda tidak minum obat tertentu, dan itu bukan hormon atau stres. Sangat menarik untuk mengetahui bahwa rambut kita bisa menjadi sumber jerawat dahi.

Jika rambut Anda berminyak, minyak bisa menempel di dahi dan menyumbat pori-pori. Pomade, gel dan wax yang berbeda juga bisa menjadi penyebabnya karena sering kali mengandung cocoa butter atau minyak kelapa dan bisa membuat kulitmu lebih berminyak.

Pembersih yang lembut bisa mengatasi masalah ini. Jika tidak membantu, cobalah untuk menghindari produk rambut berminyak dan cuci rambut Anda lebih sering.

3 dari 5 halaman

4. Rahang dan leher

Jika Anda berpikir bahwa jerawat, secara umum, mungkin hormonal, tapi tidak semua seperti itu.

Ketika kadar hormon tertentu berubah, itu bisa menyebabkan peningkatan androgen -- faktor umum yang berkontribusi terhadap jerawat dewasa. Tapi ada beberapa area yang merupakan indikator sebenarnya dari fluktuasi hormonal, dan itu termasuk rahang dan leher.

Tidak apa-apa jika fluktuasi terjadi selama siklus menstruasi. Ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan seperti pengendalian kelahiran.

Dalam kasus parah, ini merupakan kondisi medis, tapi sebagian besar waktu pembersih non-komedogenik, pelembab dan perawatan jerawat bisa mengatasi masalah tersebut. Ini sama seperti penggunaan tabir surya yang tepat.

5. Pipi

Jerawat di pipi juga merupakan masalah yang sangat umum, apalagi dengan adanya ponsel. Tidak hanya menyentuh wajahmu, tapi bahkan percakapan telepon bisa menyebabkan beberaoa jerawat muncul di area ini.

Ponsel sangat bagus dalam menyebarkan bakteri. Serta sarung bantal dan seprai kotor serta benda-benda lain yang bersentuhan dengan kulitmu.

Jerawat pipi mungkin hormonal. Tapi jauh lebih mungkin bahwa itu disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup tertentu. Jadi kali ini, semuanya bisa diselesaikan dengan beberapa perubahan sederhana.

Seperti menyeka ponselmu sebelum digunakan dan tidak membawanya ke tempat kuman seperti kamar mandi. Mengganti sarung bantal dan seprai setiap minggu juga menjadi ide yang baik, seperti halnya mencuci tangan secara teratur.

4 dari 5 halaman

6. Punggung

Jerawat punggung bisa jadi hanya alergi terhadap tabir surya, pelembab, krim tubuh, minyak pijat dan lilin. Ini juga bisa disebabkan oleh keringat, yang bercampur dengan minyak dan racun pada kkulit dan menyumbat pori-pori.

Itu sebabnya mandi cepat setelah olahraga sangat penting. Dan mencuci punggungmu dengan benar itu suatu keharusan.

Pakaian kotor, selimut dan bantal juga bisa menjadi penyebab utama jerawat punggung. Pakaian yang terlalu ketat juga bisa menjadi penyebabnya, sebab tidak membiarkan kulit Anda bernapas, yang bisa menyebabkan iritasi dan akibatnya menimbulkan jerawat di punggung.

5 dari 5 halaman

7. Kaki

Jerawat terutama disebabkan oleh bakteri, sebum dan sel kulit mati yang terperangkap di folikel rambut dan menyumbat pori-pori. Ini menyebabkan peradangan dan, pada kaki, sepenuhnya menjadi masalah fisik.

Ini biasanya disebabkan oleh beberapa peralatan atletik yang bergesekan dengan kulit, pakaian atau pakaian dalam yang terlalu ketat.

8. Dada

Jerawat dada berkembang untuk alasan yang hampir sama seperti di punggung dan kaki. Misalnya, jika Anda memiliki kulit sensitif, deterjen yang keras bisa menyumbat dan mengiritasi folikel rambutmu.

Jadi lebih baik memilih produk hypoallergenic bebas sulfat dan pewangi saat mencuci pakaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.