Sukses

5 Cara Tidur Berkualitas yang Patut Dicoba, Dijamin Nyenyak dan Lelap

Yuk, intip sederet tips sederhana yang membantumu cepat tertidur lelap berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami kesulitan tidur? Bahkan hingga terjaga sepanjang malam? Tentunya hal ini akan memotong durasi tidur kamu.

Kurangnya kualitas dan durasi tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, daya fokus yang menurun hingga emosi yang tidak stabil. Hal ini tentu bisa menganggu aktivitas sehari-hari. 

Ada beragam faktor yang membuat beberapa orang mengalami kesulitan tidur, terutama bagi orang dewasa. Tak jarang ketika sudah ada di atas tempat tidur saja, para orang dewasa masih tenggelam dalam pikiran urusan pekerjaan atau pun urusan kehidupan lainnya yang membuat mereka semakin kesulitan untuk tidur. 

Padahal sangat penting untuk memiliki pola, durasi, dan kualitas tidur yang baik. Ada beragam cara sederhana yang tak banyak menguras waktu dan pengeluaran untuk mendapatkan tidur terbaik. 

Yuk, intip sederet tips sederhana yang membantumu cepat tertidur lelap berikut ini, seperti melansir dari Healthline, Sabtu (17/9/2022).

1. Metode Pernapasan 4-7-8

Metode 4-7-8 adalah metode pernapasan sederhana untuk meningkatkan ketenangan. Metode ini membuat tubuh Anda rileks sehingga membantu Anda tidur lebih cepat

Pada dasarnya, metode ini mengendalikan napas yang dapat dilakukan untuk melepaskan stres dan cemas. 

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakkan ujung lidah tepat di belakang gigi depan atas.
  2. Buang napas penuh melalui mulut. 
  3. Tutup mulut sejenak, tarik napas melalui hidung dalam 4 hitungan secara perlahan.
  4. Tahan napas dalam 7 hitungan.
  5. Hembuskan napas secara perlahan dalam 8 hitungan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengatur Suhu Ruangan

Jika kamar Anda terlalu hangat ini akan membuat Anda sulit tidur. Untuk membantu Anda tidur nyenyak lebih cepat cobalah atur suhu dingin ruangan antara 15,6 °C- 19,4 °C. 

Namun, preferensi individu berbeda-beda. Kamu dapat mengatur suhu ruangan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

3. Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Musik dapat meningkatkan kualitas tidur. Mendengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit dapat mendorong tidur lebih nyenyak. 

Anda bisa memilih musik-musik yang digunakan dalam meditasi karena alunannya yang menenangkan dan santai. 

3 dari 4 halaman

4. Berolahraga

Olahraga memang punya segudang manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, termasuk untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, lakukanlah olahraga sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan berlebihan. 

Pagi atau sore dapat menjadi pilihan waktu yang nyaman untuk berolahraga. Anda dapat mencoba olahraga sederhana seperti bersepeda, lari dan jenis olahraga lainnya yang Anda sukai. 

4 dari 4 halaman

5. Matikan Semua Elektronik

Paparan perangkat elektronik di malam hari sangat buruk karena memancarkan cahaya biru yang dapat menekan melatonin. Hal ini akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur dengan nyenyak.

Cobalah untuk berhenti dan mematikan perangkat elektronik seperti ponsel 45 menit sebelum tidur. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.