Kamu Susah Konsentrasi? Lakukan Tiga Cara Ini Biar Lebih Fokus

Oleh stella maris pada 08 Sep 2022, 19:03 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 19:31 WIB
Mengalami Stres dan Kelelahan
Perbesar
Ilustrasi Mengalami Stres dan Kelelahan Credit: pexels.com/Ron

Liputan6.com, Jakarta Sulit menyelesaikan pekerjaan, mudah teralihkan saat menyelesaikan tugas, atau memilih untuk mengerjakan hal lain dibanding menuntaskan pekerjaan merupakan sederet hal yang berkaitan dengan konsentrasi. 

Faktor penyebabnya usia, kurang tidur, dan kondisi kesehatan mental lain dapat menjadi penyebab pecahnya konsentrasi. Ketika sulit berkonsentrasi, alhasil kamu jadi stres sendiri dan merasa banyak tekanan. 

Lantas, ketika hal itu terjadi apa yang harus dilakukan? Laman Healthline menjelaskan, salah satu cara meningkatkan konsentrasi dengan melatih otak. Misalnya dengan memainkan permainan tertentu, seperti sudoku, teka teki silang, catur, pencarian kata alias scramble, atau permainan yang memacu daya ingat. 

Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2015 kepada 4.715 orang dewasa yang main gim pelatihan otak selama 15 menit per hari setiap pekannya. 

Hasilnya, gim pelatihan otak dapat membantu mengembangkan memori kerja dan jangka pendek, serta meningkatkan keterampilan pemrosesan dan pemecahan masalah. Selain gim pelatihan, apakah ada cara lain untuk meningkatkan konsentrasi? 

Ada! Simak beberapa langkah yang bisa kamu terapkan dan lakukan agar lebih mudah berkonsentrasi: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Asupan Makanan Bergizi

Makanan yang kamu konsumsi ternyata dapat memengaruhi fungsi kognitif seperti konsentrasi dan memori, loh! Maka dari itu, untuk meningkatkan konsentrasi, hindari makanan olahan, terlalu banyak gula, dan makanan yang sangat berminyak atau berlemak.

Saat memulai bekerja di pagi hari, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi dan buah-buahan agar tubuh dan otak bisa bekerja dengan baik, seperti oatmeal, roti gandum, bayam, telur, ikan salmon, pisang. 


Setop Mikirin Diri Sendiri

Terkadang kita terlalu memikirkan diri sendiri lantas melupakan apa yang sedang terjadi saat ini. Untuk mendapatkan kembali konsentrasi, fokuslah pada apa yang terjadi di sekitarmu.


Berjalan

Kamu juga dapat berjalan-jalan sejenak saat alami kesulitan berkonsentrasi. Hanya sekadar melihat pemandangan pepohonan keluar jendela juga bantu mengembalikan konsentrasi.

Sebuah penelitian menemukan orang-orang yang melihat pepohonan secara berkala lebih sedikit melakukan kesalahan kerja. Mereka juga punya konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan orang-orang yang hanya melihat bangunan. Peningkatan konsentrasi dapat terjadi setelah melihat pepohonan hanya 40 detik.


Mendengarkan Musik

Sebagian orang senang bekerja dalam keheningan, mereka akan merasa sulit berkonsentrasi dengan kebisingan seperti suara musik. Namun sebagian lagi justru senang bekerja sambil mendengarkan musik. 

Masih dikutip di laman yang saja, mendengarkan musik memiliki beberapa manfaat seperti membuat suasana bagi lebih baik, meningkatkan motivasi, dan meningkatkan memori dan stimulasi otak.

Ketika ingin meningkatkan konsentrasi, ada baiknya kamu mendengarkan musik instrumen dibanding yang berlirik. Nah, kamu bisa mencoba mendengarkan musik favorit melalui aplikasi musik saat ini. Di sana, jutaan lagu bisa kamu temukan dengan mudah.

Kamu bisa mendengarkannya lewat smartphone andalanmu.Di sela-sela pekerjaanmu, jika merasa lelah, istirahatkan diri dengan main gim online yang ada di smartphone. Maka dari itu, pilihlah smartphone ini mampu mendukung kebutuhan bermain game, misalnya baterai berkapasitas besar yang mendukung fitur Super Fast Charging.

Juga memiliki layar Super AMOLED beresolusi Full HD dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 120Hz. Dengan kemampuan tersebut, tentunya akan memberi pengalaman bermain gim lebih maksimal, nggak nge-lag, dan lebih responsif lagi. 

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya