Sukses

Outfit Kampus Check! Inilah Perbedaan Gaya Fashion Maba vs Kating

Perbedaan gaya fashion antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama atau kakak tingkat.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki dunia perkuliahan mungkin akan terasa berat bagi sebagian orang, mulai dari perbedaan karakter dan suasana yang membuat banyak mahasiswa cenderung merasa out of place atau culture shock. 

Dengan segala kesibukan yang dihadapi, terkadang kamu lupa untuk memperhatikan diri sendiri. Salah satu elemen penting yang harus diperhatikan adalah penampilan. Ya! Outfit ke kampus! Tentu kamu selalu ingin terlihat cantik dan menarik perhatian, bukan? Nyatanya, elemen tersebut justru diabaikan oleh mahasiswa tingkat akhir karena menurut mereka skripsi dan kelulusan jauh lebih penting. 

Maka, berikut adalah perbedaan gaya fashion antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama atau kakak tingkat.

LOOK PRETTY, LOOK GLOWING! 

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau seorang mahasiswa baru akan sangat memperhatikan penampilannya ketika datang ke kampus. Biasanya yang digunakan cukup lengkap dari atas hingga bawah kaki. Mulai dari pakaian, aksesoris, tas, bahkan sepatu. Belum lagi dengan parfum yang wanginya semerbak sampai tercium satu lorong kampus. Bahkan seringkali mereka menjadi pusat perhatian para kakak tingkat karena penampilannya yang menarik dan menawan.

Banyak mahasiswa baru yang mengikuti trend style fashion dengan istilah ‘cewek kue, cewek mamba, dan cewek bumi’ untuk pergi ke kampus. Sebenarnya istilah tersebut hanya untuk membedakan style fashion menurut tone warna saja. Tidak mencakup jenis outfit, model potongan, pattern, dan lain sebagainya. 

Nah, ini tips trend style fashion yang bisa kamu ikuti untuk jadi inspirasi outfit ke kampus sebagai mahasiswa baru. Keep stylist and choose your favorite inspiration!

Cewek Kue

Walau mengenakan sweater pink dan blue jeans, kamu bisa terlihat cheerful dan terlihat chic lho! Kuncinya pada perpaduan warna-warna yang cerah, seperti biru dan pink pastel ini. Lalu sempurnakan dengan heels untuk menambah kesan feminim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cewe Mamba

Kunci utama penampilan cewek mamba yaitu berpakaian monokrom. Dari atas, model menggunakan blazer hitam, blue jeans, kaos putih hingga sepatu dan tas berwarna hitam. Gaya berpakaian serba hitam ini membuatmu terlihat stylish dan misterius.

Cewe Bumi

Style cewek bumi ini terinspirasi dari gaya fashion korea yang simpel, namun tetap terlihat manis. Seperti pemakaian dengan memadukan warna coklat dan oren yang menjadi favorite pada kategori pakaian dengan warna earth tone. Pilihan warna tersebut akan memberikan nuansa yang lebih fresh dan segar serta sentuhan klasik pada penampilanmu.

Santai aja, yang penting lulus

Mahasiswa tingkat akhir biasanya cenderung tidak memperhatikan penampilan mereka. Yang terpenting adalah mereka datang ke kampus dan duduk manis di dalam kelas. Atau ada yang sedang dikejar deadline skripsi, gaya seadanya yang penting tidak telat bimbingan dengan dosen pembimbing. Ini salah satu gambaran gaya fashion ke kampus ala mahasiswa lama atau kating dengan prinsip ‘Santai aja, yang penting lulus’.

Outfit ternyaman sebagai kating hanyalah kaos polos dengan dipadukan celana jogger atau bahan. Terkadang bagi mereka, ke kampus hanyalah untuk mengurus skripsi, makan di kantin langganan, pulang, dan tidur.

Nah, dari style fashion di atas, manakah yang menggambarkan dirimu? Apakah kamu termasuk mahasiswa baru atau mahasiswa lama nih?

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.