Sukses

Yuk Intip! 4 Tips Merawat Rambut Sehat Buat Kamu yang Berhijab

Bagi para hijaber yang menutupi rambut dengan menggunakan hijab setiap hari perlu mengetahui tips perawatan rambut sehati berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan tren fashion hijab di Indonesia semakin meningkat. Hijab yang menjadi kewajiban bagi perempuan muslim ini bahkan bisa membuat penampilan semakin stylish dan modis. Tapi di samping itu, kamu harus selalu merawat rambut agar semakin sehat dan tampak indah.

Jika kamu tidak merawatnya dengan baik, beberapa masalah akan muncul seperti salah satunya kerontokan. Rambut rontok bisa terjadi karena terlalu sering mengikat rambut terlalu ketat. Sehingga faktor tersebut yang membuat rambut yang kamu miliki tidak dapat menerima oksigen dengan baik. Banyak perempuan merasa resah dan bingung bagaimana cara mengatasi rambut rontok bagi yang menggunakan hijab.

Maka dari itu, yuk simak 4 tips untuk menjaga rambut tetap sehat buat kamu yang berhijab.

1. Jangan Mengikat Rambut dengan Ketat

Pertama-tama, kamu tidak boleh mengikat rambut dengan kencang selama menggunakan hijab. Mengenakan rambut dengan cara ketat hanya akan membahayakan dan melemahkan folikel rambut, sehingga memperlambat pertumbuhan rambut. Selain itu juga dapat merusak dan menyebabkan kerusakan, kepala akan terasa berat dan menjadi pusing. Jadi, selalu pastikan mengikatnya dalam keadaan benar dan tidak ketat atau kencang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab 

Meski sedang terburu-buru, hindari mengenakan jilbab saat rambut masih basah. Rambut dalam keadaan basah bisa menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Selain itu, kelembaban yang terkunci di rambut akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau apek.

Tidak hanya itu, menggunakan hijab saat rambut basah juga berisiko merusak batang rambut, yang menyebabkan ujung rambut bercabang. Tips untuk menghindari itu dengan melakukan keramas pada malam sebelumnya. Atau, bisa gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Pastikan kamu mengeringkannya sambil menyisir agar tidak ada rambut kusut sebelum diikat.

3. Konsumsi Makanan Asam Amino dan Protein

Menutrisi rambut dari dalam itu sangat penting lho! Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino serta protein untuk menutrisi. Hal tersebut karena, rambut kamu terbuat dari protein keratin yang disusun oleh asam amino dari tubuh manusia.

Kamu bisa mengonsumsi telur, kacang kedelai, tuna, udang, daging ayam, keju dan sebagainya. Lalu untuk zat besi hampir mirip seperti asam amino, ada kacang kedelai, ikan tuna atau salmon, bayam, tahu, kentang, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

4. Bersantai dengan Hair Mask

Rutin melakukan masker rambut adalah cara untuk memberi booster nutrisi sekaligus, sekaligus memanjakan kulit kepala. Perawatan rambut ini juga bisa menjaga integritas batang rambut sekaligus membuat kulit kepala kamu lebih rileks.

Ada banyak pilihan masker rambut untuk merawat rambut berhijab, misalnya masker dari minyak alami, seperti minyak kelapa, minyak kemiri dan urang-aring. Atau menggunakan bahan-bahan alami seperti masker lidah buaya, pisang, alpukat, dan telur.

Nggak hanya nutrisi dari dalam saja, kulit rambut perlu nutrisi dari dalam. Jadi, luangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk menggunakan masker rambut. 

Itulah 4 tips merawat rambut sehat agar terhindarnya rambut rontok bagi kamu yang berhijab. Selamat Mencoba! Inspire yourself. Be Your Own.

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.